Apa saja hikmah yang bisa diambil dari menonton film yang membahas tentang bisnis?

0
934

10 Film yang Harus Ditonton Oleh Setiap Pengusaha

Film Hollywood mungkin mendramatisir nasib pengusaha. Tapi kadang-kadang cara terbaik untuk menangkap realitas adalah melalui fiksi. Di mana pun bisnis anda mengadu nasib, anda dapat mengambil beberapa wawasan dari 10 film provokatif dan mendidik yang berhubungan dengan bisnis ini.

Subjek dari beberapa film ini adalah : Kewirausahaan.

 

1. Startup.com .

a

Startup.com adalah film dokumenter tahun 2001 yang meneliti tentang kebangkitan dan jatuhnya perusahaan startup pada kehidupan nyata Govworks yang mengumpulkan $ 60 juta dari Hearst Media Interaktif, KKR, New York Reksa Dana, dan Sapient.

Film ini sangat bagus untuk anda tonton, untuk lebih memahami boom dan bust periode dotcom dan berfungsi sebagai kisah peringatan tentang bagaimana persahabatan dengan mudah dapat terancam oleh kemitraan bisnis.

Topik yang dibahas meliputi pembiayaan untuk pengusaha, peningkatan modal, pertumbuhan manajemen, keterampilan kewirausahaan, membangun tim dan keterampilan manajemen.

2. Catch Me If You Can .

b

Ketika Anda mendengar Catch Me If You Can, anda pasti membayangkan penipu ulung bernama Frank Abagnale (Leonardo DiCaprio) yang hebat dalam menipu siapapun hanya dengan kemampuan yang ia kuasai.

Berdasarkan kisah nyata, Catch Me If You Can adalah film klasik yang mencontohkan perjalanan kewirausahaan. Film ini mengangkat tema-tema penting seperti pemecahan masalah secara kreatif, keluar dari situasi yang buruk dan mengubahnya menjadi sesuatu yang baik. Film ini dapat menyemangati anda untuk mencapai sukses.

Topik yang dibahas meliputi  keterampilan kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, ketekunan, visi bisnis, teknik penjualan pribadi dan sumber pendanaan kewirausahaan.

 

3. Lord of War .

c

Jika Anda suka komedi gelap dengan sedikit actionLord of War adalah suatu keharusan untuk anda tonton. film tentang perang dan kriminal ini membahas sejarah kehidupan Yuri Orlov (Nicolas Cage),

seorang imigran dari Ukraina yang memutuskan jalan hidupnya menuju kesuksesan melalui perdagangan senjata ilegal.

Moralitas dikesampingkan, ambisi, keuletan, dan kemampuan Yuri untuk mentoleransi risiko menunjukkan kualitas-kualitas yang pengusaha butuhkan untuk berhasil. Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sepak terjang bisnis, membangun loyalitas pelanggan, dan teknik negosiasi, film ini menggali dalam-dalam topik ini. Anda dapat menemukan beberapa pelajaran untuk usaha bisnis anda sendiri.

Topik yang dibahas meliputi keterampilan kewirausahaan, pasar negara berkembang, pemecahan masalah secara kreatif, manajemen krisis, teknik negosiasi, membangun loyalitas pelanggan, strategi kompetitif dan geopolitik.

Subyek Film: Finance.

 

4. Wall Street .

d

Pernahkah anda menemukan diri anda telah sampai pada batasnya dalam mengejar kekuasaan dan kesuksesan? Wall Street membongkar tema ini melalui Bud Fox (Charlie Sheen), seorang makelar saham ambisius yang menavigasi perputaran ekonomi Wall Street, mengadopsi hipnotis bahwa “keserakahan itu baik”. Film ini adalah jendela ke perusahaan keuangan, manajemen portofolio, prinsip-prinsip hukum investasi dan pasar modal.

Terlebih lagi film ini adalah kisah seorang anak muda berpikiran rentan, yang menunjukkan betapa mudahnya terbawa dengan gaya hidup glamor yang disertai kekayaan melimpah. Jika anda berpikir film The Wolf of Wall Street terlalu sulit dipahami, film ini adalah versi simple, versi yang lebih sosial-kritis.

Topik yang dibahas meliputi keuangan perusahaan, manajemen portofolio, pasar modal, prinsip-prinsip hukum investasi, merger dan akuisisi, valuasi perusahaan dan etika bisnis.

5. Rogue Trader .

e

Film tahun 1999 ini didasarkan pada kisah nyata dari karyawan yang menangani serta menjatuhkan seorang diri Barings Bank, bank terbesar di Inggris. Film ini menunjukkan bagaimana uang mendorong segala macam perilaku gila, dan mengandung makna sebagai kisah peringatan tentang orang-orang yang secara salah menganggap bahwa kekuasaan dan uang adalah segalanya.

Topik yang dibahas meliputi derivatif, penilaian perusahaan, pelaporan keuangan, pasar modal, pasar negara berkembang dan etika bisnis.

Subjek: dinamika dan kepemimpinan

6. Twelve Angry Men

f

Mungkin ini adalah film favorit saya sepanjang masa. Twelve Angry Men adalah drama ruang sidang brilian yang memiliki wawasan tentang kepemimpinan, psikologi perilaku kelompok, dan sistem nilai yang saling bertentangan. Anda harus menonton film ini, dan film ini akan membantu anda dalam berpikir tentang bagaimana cara anda membuat keputusan penting.

Topik yang dibahas meliputi negosiasi teknik, metode persuasi, resolusi konflik dan membangun konsensus.

7. Office Space .

g

Film Amerika ber-genre komedi yang menyindir budaya perusahaan software tahun 1990 ini, menyentuh pada hubungan kerja dan politik kantor. Film ini akan membuat anda tertawa dan pasti membuat anda berpikir tentang kepemimpinan, teknik tim, dan pengembangan karir.

Topik yang dibahas meliputi budaya perusahaan, mentoring, pengembangan karir, kepemimpinan, keseimbangan kehidupan kerja, retensi personil, teknik tim-bangunan dan manajemen teknologi informasi.

Subyek: Strategi.

 

8. The Godfather Trilogy .

h

The Godfather trilogy ini merupakan film bioskop terbaik sepanjang masa untuk pengusaha. Film ini membahas tentang mengapa kita harus membangun hubungan dan membangun kepedulian. Mengapa membantu orangdapat mengantarkan diri kita pada bisnis yang baik. Dan mengapa kompetisi pemahaman adalah “non-negotiable”. Film yang intens menghibur, dikemas dengan mendebarkan dan merangsang pemikiran di setiap adegan yang akan membuat anda lebih siap untuk menangani tantangan bisnis anda berikutnya.

Topik yang dibahas meliputi strategi kompetitif, kunci retensi personil, perusahaan take-overs (ramah dan bermusuhan), aliansi, merger dan akuisisi, suksesi perusahaan dan diversifikasi perusahaan jangka panjang.

9. The Usual Suspects .

i

The Usual Suspects harus anda tonton jika anda pecinta film genre thriller psikologis dan ending yang menyentuh. Film ini bercerita tentang sekelompok penjahat profesional yang berada di line up kepolisian yang sama dan memutuskan untuk bekerjasama dan melakukan pencurian.

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti konsolidasi kepemimpinan, kekuasaan dan pengaruh, serta strategi bisnis jangka panjang yang bermanfaat memberi wawasan berharga bagi calon pengusaha.

Topik yang dibahas meliputi kepemimpinan konsolidasi, kekuasaan dan pengaruh, strategi bisnis jangka panjang, kolaborasi, kompensasi risiko dan imbalan, keterampilan kewirausahaan, inovasi dan kreativitas, konsolidasi branding, pemasaran dan operasional, serta perencanaan logistik dan pelaksanaan.

10. Enron: The Smartest Guys in the Room.

 j

film dokumenter tahun 2005 ini didasarkan pada buku terlaris dengan judul yang sama, yang ditulis oleh wartawan Bethany McLean dan Peter Elkind, yang menyinggung salah satu skandal bisnis terbesar dalam sejarah Amerika : runtuhnya Enron Corporation.  Untuk penggemar sejarah atau orang yang ingin mengetahui contoh korupsi korporasi modern, anda harus menonton film ini.

Topik yang dibahas meliputi pelaporan akuntansi (dasar, canggih dan inovatif), konsolidasi laporan, masalah keagenan dan etika bisnis.

Berikut sudah saya beri list film yang patut anda tonton untuk menambah wawasan anda dalam berbisnis. Terapkan ilmu yang anda dapatkan dan semoga anda menjadi pengusaha sukses berikutnya.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply