10 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

0
449

10 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ambil alih perasaan anda, dan mulailah mengatasi hambatan.

“Harga diri yang rendah seperti mengemudi melalui kehidupan dengan rem tangan.” – Maxwell Maltz

Tidak ada  manusia yang lahir dengan kepercayaan diri tanpa batas. Jika seseorang tampaknya memiliki kepercayaan diri yang luar biasa, itu karena ia telah membangunnya selama bertahun-tahun. Percaya diri adalah sesuatu yang perlu anda bangun karena ini merupakan tantangan dalam dunia bisnis, dan kehidupan secara umum. Anda tidak dapat menghindarinya.

Berdasarkan sebuah review negatif secara online, permintaan untuk pengembalian dana dari pelanggan atau penolakan datar dari investor dapat menyebabkan kepercayaan diri anda berkurang. Kejadian tersebut ada hikamahnya, namun terkadang komentar tidak baik dari orang-orang terdekat kita juga dapat “memukul” dan membuat anda “down”.

Berdasarkan peristiwa ini, kita harus berurusan dengan kritikus batin kita, yaitu keraguan diri yang terus-menerus mengatakan bahwa kita tidak cukup baik. Ketika dibombardir oleh begitu banyak unsur yang mengancam kepercayaan diri kita, kita perlu mengambil alih membangun kepercayaan diri untuk diri kita sendiri.

Membangun bisnis yang sukses membutuhkan tekad yang kuat dan keyakinan yang tak tergoyahkan dalam kemampuan anda untuk mengatasi hambatan. Berikut adalah 10 hal yang dapat anda lakukan untuk membangun rasa percaya diri anda.

1. Visualisasikan diri anda seperti apa yang anda inginkan.

“Apapun yang dapat pikiran anda bayangkan, percayalah anda dapat mencapainya.” – Napoleon Hill

Visualisasi adalah teknik melihat gambaran diri sendiri bahwa anda bangga, dalam pikiran anda sendiri. Ketika kita berjuang dengan kepercayaan diri yang rendah, kita memiliki persepsi yang buruk dari diri kita yang sering tidak akurat. Cobalah memvisualisasikan versi fantastis dari diri anda, dan capai tujuan anda.

2. Tegaslah pada diri anda sendiri.

“Afirmasi adalah alat yang ampuh untuk menginstal keyakinan yang anda inginkan tentang diri anda.” – Nikki Carnevale

Kita cenderung untuk berperilaku sesuai dengan citra diri kita sendiri. Trik untuk membuat perubahan yang abadi adalah dengan mengubah cara anda melihat diri anda sendiri.

Afirmasi adalah pernyataan positif dan menggembirakan yang kita katakan kepada diri kita sendiri. Hal ini biasanya lebih efektif jika anda mengatakannya dengan lantang, sehingga snda dapat mendengar diri anda mengatakan itu. Kita cenderung percaya apapun yang selalu kita katakan pada diri kita sendiri.

Misalnya, jika anda membenci penampilan fisik anda, cobalah mengatakan sesuatu yang anda hargai atau suka tentang diri anda ketika anda berada depan di cermin.

Agar otak anda menerima pernyataan positif anda lebih cepat, frase afirmasi anda sebagai pertanyaan-pertanyaan seperti : “Mengapa saya begitu baik dalam membuat penawaran?” Bukan “Saya sangat baik dalam membuat penawaran.” Otak kita secara biologis dapat mencari jawaban untuk setiap pertanyaan, tanpa menganalisis apakah pertanyaan tersebut valid atau tidak.

3. Lakukan salah satu hal yang membuat anda takut setiap hari.

“Jika anda merasa tidak aman, coba tebak mengapa? Mungkin anda terlalu banyak menikmati hidup dengan berfoya-foya. Jangan melebih-lebihkan kompetisi dalam kehidupan dan meremehkan diri sendiri. Anda lebih baik daripada yang anda pikirkan “. –   T. Harv Eker

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah dengan menghadapinya. Dengan melakukan sesuatu yang membuat anda takut setiap hari dan mendapatkan kepercayaan diri dari setiap pengalaman, anda akan melihat kepercayaan diri anda semakin meningkat. Jadi, keluar dari zona nyaman anda dan hadapi ketakutan anda!

4. Pertanyaan untuk mengkritik batin anda.

“Anda telah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun, namun hal itu tidak membuahkan hasil. Cobalah berpegang teguh pada diri sendiri dan lihat apa yang terjadi. “- Louise L. Hay

Beberapa komentar paling keras mengatakan bahwa perubahan dimulai dari diri kita sendiri, melalui “suara kritikus batin.” Jika anda berjuang dengan kepercayaan diri yang rendah, ada kemungkinan bahwa kritikus batin anda terlalu aktif dan tidak akurat.

Strategi seperti terapi perilaku kognitif membantu anda untuk mempertanyakan kritikus batin anda, dan mencari bukti untuk mendukung atau menolak hal-hal yang kritikus batin anda katakan kepada anda. Misalnya, jika anda berpikir bahwa anda adalah kegagalan, tanyakan pada diri sendiri, “Apa bukti yang ada untuk mendukung pemikiran bahwa saya gagal?” Dan “Apa buktinya bahwa saya tidak dapat mendukung pikiran saya bahwa saya gagal? ”

Cobalah untuk mengucapkan selamat, memberikanpujian dan hadiahi diri anda sendiri, bahkan untuk keberhasilan terkecil. Seperti Mark Twain mengatakan, “Pria bisa tidak nyaman tanpa persetujuan oleh diri sendiri.”

5. Ambil tantangan penolakan 100 hari.

“Tidak ada yang bisa membuat anda merasa rendah diri tanpa persetujuan anda.” – Eleanor Roosevelt

Jia Jiang terkenal karena merekam pengalamannya “menghilangkan rasa takut” dengan sengaja membuat permintaan gila kepada orang-orang untuk menolaknya selama 100 hari. Tujuannya adalah untuk menurunkan rasa mudah terpengaruh dirinya terhadap penolakan, setelah ia menjadi lebih marah daripada yang diharapkan atas penolakan dari investor potensial. Menghilangkan rasa takut tidak mudah dilakukan, tetapi jika anda ingin bersenang-senang sambil membangun rasa percaya diri anda, ini adalah cara yang ampuh untuk dilakukan.

6.  Siapkan diri anda untuk menang.

“Untuk membangun kepercayaan diri, kita harus berkonsentrasi pada keberhasilan dan melupakan kegagalan juga hal negatif dalam hidup kita.” – Denis Waitley

Terlalu banyak orang yang berkecil hati tentang kemampuan mereka karena mereka mengatur diri mereka sendiri untuk tujuan yang terlalu sulit untuk dicapai. Mulailah dengan menetapkan tujuan kecil  pada diri sendiri yang dapat anda menangkan dengan mudah.

Setelah anda membangun jalan menuju kesuksesan yang membuat anda merasa diri anda baik, maka anda dapat melanjutkan ke tujuan yang lebih sulit. Pastikan bahwa anda juga menyimpan semua daftar prestasi anda, baik besar maupun kecil, untuk mengingatkan diri anda apapun yang telah anda lakukan dengan baik di masa lalu.

Alih-alih berfokus hanya pada daftar tugas yang harus dilakukan, saya ingin menghabiskan waktu untuk merenungkan bagaimana cara untuk menyelesaikan tugas pada daftar tersebut. Berkaca pada tonggak utama, proyek dan tujuan anda yang telah tercapai adalah cara yang bagus untuk memperkuat rasa percaya diri pada keterampilan anda.

7. Bantulah orang lain.

Membantu orang lain sering membuat kita lupa tentang diri kita sendiri dan merasa bersyukur atas apa yang kita miliki. Hal ini juga terasa baik ketika anda dapat membuat perbedaan untuk orang lain.

Alih-alih berfokus pada kelemahan anda sendiri, jadilah relawan atau mentor, membantu atau mengajar orang lain, dan anda akan melihat rasa percaya diri anda tumbuh secara otomatis berdasarkan proses kegiatan yang anda lakukan tersebut.

8. Perawatan untuk diri sendiri.

“Self-care bukanlah tindakan egois. Sekedar mengurus diri anda sendiri. Ini merupakan hadiah dari dunia yang dapat saya tawarkan kepada orang lain.” – Parker Palmer

Kepercayaan diri tergantung pada kombinasi kesehatan fisik yang baik, kesehatan emosional dan kesehatan sosial. Sulit untuk merasa dri anda baik-baik saja jika anda membenci tubuh anda atau terus memiliki energi yang rendah.

Luangkan waktu untuk latihan, makan dan tidur yang cukup. Selain itu, berpakaian seperti yang anda sukai. Anda telah mendengar pepatah bahwa “pakaian yang anda kenakan merupakan jati diri anda.”

Bangun kepercayaan diri anda dengan melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan anda sendiri.

9. Buat batas-batas pribadi.

“Jangan pernah membuat diri anda merasa kesepian. Jangan pernah membiarkan diri anda menjadi korban. Tidak ada definisi orang lain dalam hidup anda, tetapi definisikan diri anda sendiri “-. Harvey Fierstein

Belajarlah untuk mengatakan tidak. Ajari orang lain untuk menghormati batas-batas pribadi anda. Jika perlu, ambillah kelas tentang bagaimana menjadi lebih tegas dan belajar untuk meminta apa yang anda inginkan. Kontrol diri anda dan katakan bahwa anda lebih berhak atas hidup anda sendiri, maka akan semakin besar kepercayaan diri anda.

 

10. Ubahlah persepsi anda demi mentalitas kesetaraan.

“Keinginan menjadi orang lain adalah hal yang membuang-buang waktu.” – Marilyn Monroe

Orang yang memiliki kepercayaan diri rendah akan melihat orang lain lebih baik atau lebih layak daripada diri mereka sendiri. Alih-alih membawa persepsi ini, lihatlah bahwa diri anda sama dengan semua orang. Mereka tidak lebih baik atau lebih layak daripada anda. Membuat pergeseran mental untuk mentalitas kesetaraan dan anda secara otomatis akan melihat peningkatan dalam kepercayaan diri anda.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply