10 ide bisnis untuk anak muda di bawah 30 tahun

0
4148

10 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Anak Muda yang Ingin Merintis Usaha

Apakah anda adalah orang tua yang ingin anak anda memulai bisnis ?? Ataukah sebagai anak muda, pasti anda pernah memiliki keinginan untuk menjalankan bisnis. Sedangkan saat ini, anda ingin memulainya tapi masih bingung jenis usaha apa yang tepat dijalankan sebagai pemula.

Untuk awal kamu dapat memulai dari hal-hal yang anda sukai dulu. Contohnya apabila anda hobi memasak, anda bisa jualan kue atau snack buatan anda. Awalnya pasti anda memberikan contoh kue buatanmu kepada orang sekitar, tapi selanjutnya bisnis bisa berjalan! Pada akhirnya anda bisa melanjutkan dengan menerima pesanan dari mulut ke mulut. Apalagi sekarang ini dunia semakin modern, jadi cara pemasaranmu bisa semakin luas dan berkembang, seperti melalui bisnis online misalnya.

Sebagai anak muda, anda pasti ingin bisa menghasilkan uang dengan hasil keringat sendiri. Jadi, mulailah bisnis awalmu dari sekarang !

simak 9 ide bisnis yang bisa menjadi referensimu dalam memulai merintis usaha berikut ini..!!

  1. Kamu bisa menjual kosmetik, pakaian, sepatu, dan barang-barang lainnya hanya dengan satu klik melalui online shop.

E-commerce saat ini sudah merajalela. Banyak sekali website online yang bisa menjadi pilihan anda untuk memasarkan produk jualan. Barang-barang seperti pakaian, hijab, topi, sepatu, cashing ponsel, bahkan makanan dan minuman buatan anda pun bisa. Tinggal bagaimana anda memanfaatkan fitur yang tersedia pada website online dan media sosial agar produk yang anda jual semakin berkembang.

  1. Menjadi reseller barang juga bisa anda lakukan. dengan menjual produk-produk lain akan banyak ilmu yang bisa kamu pelajari.

Sebagai pemula, tentunya anda belum memiliki banyak pengalaman untuk berbisnis. Karena itu, cobalah menjadi reseller dahulu. Meskipun produk yang dijual adalah produk orang lain, justru ilmu pemasaran dan lainnya bisa anda dapatkan. Misalnya menjadi reseller kosmetik dari suatu merk, anda jadi bisa tahu jenis produk kosmetik apa yang diinginkan oleh konsumen.

Jika anda memasarkan lipstick, ternyata jenis lipstick yang anda jual sudah pasaran. Dari ucapan mereka, anda jadi tahu kalau saat ini sedang trend lipstick matte yang berwarna  nude. Dengan menjadi reseller anda akan lebih paham apa yang sebenarnya diinginkan konsumen.

  1. Jika anda hobi memasak, tidak ada salahnya menyalurkan hobi anda untuk berbisnis.

Mungkin anda ingin langsung mempunyai bisnis dengan skala besar. Sayangnya, modal yang anda miliki masih kurang mencukupi. Oleh karena itu, mulailah dari yang kecil dulu dan lihat konsumennya. Memulai bisnis dari hal anda sukai merupakan cara aman untuk pemula.

Misalnya apabila anda memiliki hobi memasak, terutama ahli membuat kue kering. Anda bisa membawa hasil kue kering ke teman-teman untuk dicicipi. Kalau respon mereka bagus, pemasaran dari mulut ke mulut bisa berjalan dengan baik. Apalagi kalau anda berani mengembangkannya melalui online marketing, pasti pelanggan anda akan semakin bertambah. Jika bisnis sudah meluas, anda butuh tenaga lain untuk menyelesaikan pesanan kue kering.

  1. Kalau lingkungan rumah anda berada di dekat kontrakan atau kos-kosan, anda bisa mencoba usaha laundry.

Usaha laundry termasuk usaha yang mudah dilakukan karena tidak membutuhkan skill. Tinggal menyediakan mesin cuci, setrika, dan jemuran saja sebagai peralatan utamanya. Namun, ketelitian dan kerapian saat menyetrika dan melipat pakaian juga diperlukan. Yang terpenting jangan sampai salah memberikan pakaian ke pelanggan. Selain itu anda juga harus benar-benar memikirkan limbah deterjen. Bisnis laundry akan sangat laris jika anda membukanya di sekitar kos-kosan dan kontrakan.

  1. Anda bisa menyalurkan bakat mengetik cepat untuk membuka jasa pengetikan. Biasanya dibayar per halaman. Lumayan..!

Kadang, rasa malas atau kesibukan membuat para mahasiswa atau akademisi lainnya enggan mengetik. Padahal, hal itu merupakan salah satu yang mudah dilakukan. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa pengetikan. Biasanya dibayar per halaman, lumayan ‘kan pemasukannya?

  1. Anda yang kreatif mungkin sering membuat handicraft yang unik dan lucu. Coba kembangkan keterampilan tersebut untuk berbisnis!

Karena barang yang dijual adalah hasil handicraft/kerajinan tangan, pasti memiliki keunikan tersendiri dibandingkan produk-produk lainnya yang sejenis. Misalnya aksesoris seperti gelang, kalung, bros, pin atau lukisan maupun hiasan dinding.

Sama seperti menjual makanan, anda bisa memulainya dari mulut ke mulut. Setelahnya, bisa dipasarkan secara luas melalui online marketing. Anda juga bisa melakukan kerjasama ke berbagai toko untuk menjual handicraft tersebut. Biasanya sistem bagi hasil berlaku atau produk anda dibeli dan diberi label tokonya.

  1. Jika anda memiliki kamera DSLR, manfaatkan saja untuk berbisnis. Anda bisa menerima order sebagai fotografer.

Memiliki studio foto memang membutuhkan modal yang cukup besar. Peralatannya yang menguras isi kantong membuat anda berpikir 2 kali untuk mewujudkannya. Anda bisa memulainya dengan menjadi fotografer freelancer dulu. Misalnya membuka jasa fotografi untuk prewedding atau buku tahunan sekolah. Semakin lama tentunya akan ada lebih banyak orang yang mengenal dan menggunakan jasa anda.

  1. Anda bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan yang anda miliki dengan mengajak teman-teman memberikan les privat.

Hingga saat ini, guru privat masih digandrungi oleh anak-anak sekolah. Jadi, jika anda mau mencobanya, penghasilannya juga cukup lumayan. Anda juga dapat mengajak teman-teman untuk bergabung. Sebelum bimbingan belajar skala besar terwujud, anda bisa memulainya door to door dulu.

  1. Jika anda memiliki modal yang cukup dan ada koneksi yang bisa dipegang, anda bisa mencoba bisnis cafe. Tidak harus langsung yang besar, cobalah buka cafe kecil di daerah perkotaan

Anak muda saat ini gemar nongkrong dengan ditemani minuman dan snack. Terkadang, mereka juga membutuhkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugasnya. Untuk itu, pilihan berbisnis cafe merupakan pilihan yang tepat.

Jika anda memang memiliki modal yang cukup, tidak ada yang melarang untuk membangun cafe yang besar. Tapi untuk mewujudkannya tentu dibutuhkan kepandaian dan ketelitian yang matang agar bisnis anda berjalan lancar. Cobalah cafe di dekat kampus. Harga sewa yang relatif murah dan perabotan yang ekonomis dapat anda gunakan. Atau apabila lokasi rumah anda strategis dan memiliki halaman kosong, bisa anda manfaatkan sebagai lahan cafe.

  1. Anda termasuk orang yang selalu up to date dengan film terbaru? Anda bisa membuka rental VCD

Apabila anda memiliki hobi menonton film atau mendengarkan musik, pastikan anda tahu bagaimana men-download film maupun lagu dari situs-situs terpercaya. Selanjutnya anda bisa menjual kaset lagu atau menyewakan film tersebut melalui keping VCD. Karena banyak orang yang tidak sempat untuk pergi ke bioskop karena berbagai alasan tertentu, maka bisnis rental VCD cocok untuk anda anak muda yang selalu punya referensi film maupun lagu terbaru.

Menjadi seorang pengusaha tidak harus memulai dengan sesuatu yang besar. Anda dapat memulainya dari usaha kecil-kecilan dulu. Kekuatan relasi dan komunitas itu perlu.

Jadi, apakah anda siap untuk memulai bisnis anda, young entrepreneur ?

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply