10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kebahagiaan Anda (Eps.2)

0
535

 

10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kebahagiaan Anda (Eps.2)

 

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas lanjutan dari artikel sebelumnya. Yaitu 10 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan kebahagiaan anda episode kedua. Berikut adalah 5 poin berikutnya dari 10 kebiasaan buruk tersebut :

6. Terperangkap pada permainan saling menyalahkan

Terus-menerus menyalahkan orang atas masalah atau keadaan anda adalah kebiasaan buruk yang akan menyakiti anda dan orang-orang di sekitar anda. Ketika kita menyalahkan orang lain, kita menyerahkan pertanggungjawaban atas perasaan dan tindakan kita sendiri. Kita mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain karena kita tidak menginginkannya menjadi kesalahan kita. Ini adalah cara untuk menjelaskan kepada diri kita sendiri mengapa sesuatu yang salah menurut kita akan membuat kita merasa lebih baik.

7. Fokus terhadap uang dan materi anda

Mobil baru menakjubkan yang anda kagumi itu tidak akan pernah mencintai anda kembali. Sofa baru yang bagus atau jam tangan mahal tidak akan memberi anda rasa kepuasan. Barang-barang tersebut justru akan menambah stress dan kecemasan jika anggaran anda ketat. Atau jika anda sedang berjuang untuk melunasi kartu kredit.

Bila anda memusatkan hidup anda pada uang dan materi, maka anda akan kehilangan pandangan tentang apa yang benar-benar membuat anda bahagia. Orang-orang, pengalaman, mengejar impian dan keinginan anda. Juga cinta dan sukacita. 

Uang membantu kita dalam hal apapun. Tetapi ketika kita fokus sepenuhnya untuk mengumpulkan kekayaan, kita melupakan pentingnya apa yang ada di dalam hati dan jiwa kita. Yaitu hal-hal yang membuat kita merasa nyaman dan gembira. Carilah keseimbangan di dalam hidup. Dan ketahuilah bahwa kekayaan tidak bisa membeli kebahagiaan. Kebahagiaan adalah sesuatu yang harus datang dari dalam hati kita.

8. Mengelilingi diri anda dengan orang-orang ‘berbahaya’

Hubungan buruk dengan orang-orang berbahaya dapat mencuri kebahagiaan anda. Orang-orang negatif dapat mencuri kebahagiaan dari kehidupan anda. Jika anda tidak hati-hati, mentalitas pesimis mereka akan merembes ke dalam pola pikir anda. Kenyataan yang menyedihkan adalah, orang-orang berbahaya itu tidak peduli dengan anda. Tidak peduli seberapa keras anda mencoba untuk mengesankan mereka.

Anda harus waspada terhadap orang yang tidak pernah menganggap pendapat anda. Dan orang yang hanya muncul saat mereka membutuhkan sesuatu. Serta orang yang tidak menghormati batasan atau keinginan anda. Inilah tipe-tipe orang yang tidak tahu bagaimana cara memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain.

Jangan biarkan hubungan buruk terus menyakiti atau menjatuhkan anda. Bersikaplah tegas dan percaya diri. Anda layak berada di sekitar orang-orang yang memperlakukan anda dengan hormat dan baik.

9. Membiarkan kebiasaan ‘suka menunda’ menghalangi ambisi anda

Kita semua sering menunda tugas yang kita takutkan atau menciptakan alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang perlu dilakukan. Tetapi, kebiasaan menunda ini benar-benar merusak kebahagiaan jangka panjang anda. Dengan terbiasa sering menunda, anda akan kehilangan waktu dan energi yang berharga yang sebenarnya bisa anda gunakan untuk mengejar tujuan dan impian anda.

Bila anda melihat masa lalu, apakah anda merasa frustrasi dan terganggu dengan bagaimana anda menghabiskan waktu di masa lalu? Apakah ada value dan tujuan untuk hari-hari anda? Apakah anda membiarkan kesempatan hilang begitu saja dari hadapan anda? Jangan menunggu sampai terlambat. Mulailah hari ini juga..!

 

10. Membuat kritik terburuk untuk diri anda sendiri

Kita harus menetapkan harapan yang tinggi dan bersikap keras pada diri kita sendiri saat kita gagal. Bagaimanapun juga, kritik diri diperlukan untuk mengidentifikasi kekurangan anda dan menyempurnakan keahlian anda. Ada beberapa kebenaran tentang pentingnya kesadaran diri. Ego yang meluap akan memancing pikiran anda untuk segera sukses. Tetapi, terus-menerus mengalahkan diri sendiri atau membuat diri anda down juga bukanlah hal yang membantu. Negative self-talk hanya akan menyakiti anda dan membuat anda tidak menyadari kebahagiaan yang sebenarnya.

Kuncinya adalah mengetahui alasan mengapa anda begitu keras terhadap diri anda sendiri. Apakah anda benar-benar kecewa karena anda ingin bisa berbuat lebih baik? Atau apakah pendapat, keinginan dan penilaian orang lain telah mempengaruhi anda? Apakah anda menyiksa diri sendiri karena anda takut orang lain jatuh atau karena apa yang dipikirkan orang lain tentang anda?

Luangkan waktu anda untuk terkoneksi dengan diri anda yang sebenarnya. Apa yang anda inginkan? Apakah cita-cita anda? Apa passion anda, dan hal-hal yang anda suka serta tidak suka? Anda harus menemukan jalan untuk menjadi diri sendiri, menghargai dan mencintai diri anda. Mari kita mengesampingkan negative self-talk di kepala anda yang menyebabkan munculnya kritik buruk yang muncul dari diri anda sendiri. Ingatlah untuk bersikap baik terhadap diri sendiri dan juga orang lain: Itulah jalan menuju kebahagiaan yang sebenarnya.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Kali ini saya akan membahas lanjutan dari artikel sebelumnya. Yaitu 10 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan kebahagiaan anda episode kedua

Kali ini saya akan membahas lanjutan dari artikel sebelumnya. Yaitu 10 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan kebahagiaan anda episode kedua

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas lanjutan dari artikel sebelumnya. Yaitu 10 kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan kebahagiaan anda episode kedua. Berikut adalah 5 poin berikutnya dari 10 kebiasaan buruk tersebut :

Leave a Reply