10 Respon Brilian untuk Pelanggan yang Datang Hanya untuk “Melihat-lihat”

0
341

10 Respon Brilian untuk Pelanggan yang Datang Hanya untuk “Melihat-lihat”

Pelanggan terkadang tidak suka terjun ke lapangan, tetapi terkadang mereka juga membutuhkan bantuan tanpa banyak tekanan penjualan.

Bayangkan apabila anda berjalan ke sebuah toko dan tertarik untuk membeli hadiah untuk pasangan anda. Kemudian seseorang penjual dengan cepat mendekati anda. Anda dengan cepat dan tanpa berpikir akan merespon, “saya hanya melihat-lihat dulu.” Kemudian dia pergi.

Mungkin anda butuh beberapa informasi lebih lanjut. Anda mungkin memiliki satu atau dua pertanyaan, atau bahkan anda tidak tahu apa yang anda inginkan. Anda hanya tidak ingin ditekan.

Jutaan orang yang sedang berada di showroom ritel, di seluruh dunia saat ini selalu mengatakan penjual “Saya hanya melihat-lihat dulu” sebagai mekanisme respon pertahanan. Respon otomatis ini terjadi karena pengalaman buruk yang pernah terjadi sebelumnya dengan penjual.

Berikut ini adalah perbedaan antara seorang pelanggan yang merasa tidak suka dan pelanggan yang sekedar memberikan tanggapan pertahanan. Anda tidak bisa sukses dalam penjualan tanpa mempelajari perbedaan dan menguasai penolakan. Penjual akan berpura-pura percaya apabila anda mengatakan “Harganya terlalu tinggi”, “Saya tidak berniat membeli hari ini”, atau, “Saya perlu bicara dengan istri saya”. Terlihat menolak, tetapi sebenarnya tidak. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara untuk menangani mereka jika anda ingin menjual sesuatu.

Penjual atau pramuniaga yang tidak terlatih akan meninggalkan pelanggan sendiri, seperti tidak berniat menjual apa-apa kepada mereka. Anda perlu memahami bahwa pernyataan, “Saya hanya melihat-lihat,” adalah pertanda baik. Itu berarti mereka sedang mencari sesuatu !!

 Berikut adalah beberapa cara untuk menangani pelanggan yang hanya melihat-lihat” :

  1. “Pelanggan terbaik saya juga melakukan hal yang sama.Nama saya U.., siapa nama anda? “
  1. “Bagus, pekerjaan saya adalah mencarikan produk yang tepat untuk anda. Yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda dengan biaya yang dapat anda setujui, bahkan walau anda sekedar melihat-lihat.”
  1. “Bagus sekali, no problem.Apakah anda mencari sesuatu yang lebih besar atau lebih kecil dari yang anda miliki sekarang? “
  1. “Bagus sekali, kami memiliki banyak pilihan produk untuk dipilih, apa yang paling anda cari dan membuat anda tertarik?”
  1. “Biarkan saya tahu apa yang anda cari dan saya akan mengarahkan anda ke arah yang benar sehingga anda tidak membuang-buang waktu anda.”
  1. “Biarkan saya tahu apa yang anda cari dan saya akan mengumpulkan beberapa informasi untuk anda.”
  1. “Itulah sebabnya kami menampilkan produk kami, sehingga anda dapat melihat apa yang kami miliki. Jadi, dimana anda ingin mulai mencari?”
  1. “Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk bersenang-senang disini, jadi silahkan habiskan waktu sebanyak yang anda inginkan.”
  1. “Ketika anda lebih serius di masa depan, apakah anda ingin menjadi seseorang yang lebih besar atau lebih kecil?”
  1. “Tugas saya adalah memberikan semua waktu dan informasi yang diperlukan sehingga ketika anda ingin membuat keputusan, anda akan mempertimbangkan saran dari kami.”

 

Kesimpulannya adalah bahwa anda memerlukan gudang tanggapan yang terkunci dan akan dibuka untuk pelanggan yang “hanya melihat”. Jika anda menemukan pelanggan mengatakan hal yang sama berulang-ulang, anda harus mencari tahu tanggapan yang dapat membantu anda bergerak maju dengan penjualan.

Penghasilan anda tergantung pada kemampuan anda melakukan penjualan, dan penjualan tergantung pada kemampuan anda untuk menangani pertahanan mekanisme respon dari yang pelanggan katakan kepada anda.

Salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply