11 Hal Tak Terduga yang Dapat Mencuri Waktu Tidur Anda

0
558

11 Hal Tak Terduga yang Dapat Mencuri Waktu Tidur Anda

 

Tanpa waktu tidur yang cukup, kesehatan anda baik mental maupun fisik, serta kemampuan anda untuk fokus akan benar-benar berkurang. Dan mari kita jujur. Tanpa istirahat yang cukup, tak satu pun dari kita yang bisa bekerja atau beraktivitas dengan perasaan bahagia pada keesokan harinya. Kemungkinan besar, anda akan memasang wajah muram di depan rekan-rekan anda.

Ada beberapa cara yang tepat untuk dapat tidur dengan nyenyak. Seperti tidak mengkonsumsi kafein setelah jam tertentu atau mematikan gadget ketika mendekati waktu tidur anda. Tapi ada juga faktor lain yang tidak anda harapkan. Faktor lain yang dapat mengganggu waktu anda untuk menutup mata. Disini, saya akan membahas tentang 11 faktor yang dapat mengganggu waktu tidur anda :

 

1. Faktor Usia

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa saat seseorang bertambah tua, maka bagian otak yang mengatur waktu tidur biasanya mulai melambat. Hal inilah yang menyebabkan waktu tidur menjadi lebih sedikit. Penurunan kemampuan otak merespon keinginan untuk tidur ini bahkan dimulai lebih cepat dari yang anda kira. Yaitu sekitar usia pertengahan 30an.

 

2. Faktor Genetik

Jika anda memiliki kecenderungan untuk tetap terjaga sepanjang hari, penyebabnya mungkin karena mutasi gen. Para ilmuwan dari Rockefeller University di New York City mempelajari gen yang disebut “CRY1,”.  Gen ini membantu kita untuk  mengatur ritme sirkadian dan saat kita merasa lelah. Orang yang memiliki variasi CRY1 memiliki siklus sirkadian yang lebih panjang daripada yang lain. Dan hal inilah yang menyebabkan mereka tetap terjaga lebih lama.

 

3. Faktor Jenis Kelamin

Studi terbaru menemukan bahwa wanita butuh lebih banyak jam tidur daripada pria karena cara yang mereka gunakan lebih kompleks saat otak mereka beristirahat. Wanita cenderung tidur 15 sampai 20 menit lebih lama dari pria.

 

4. Faktor Karir

Orang yang bekerja shift seperti dokter, petugas pemadam kebakaran, ataupun bartender, tentu memiliki jadwal tidur yang tidak beraturan karena jadwal kerja mereka. Tetapi ada pula pekerja di beberapa industri yang juga mengalami masalah seperti ini. Sebuah studi dari CDC baru-baru ini menemukan kelompok teratas pekerja yang sering memiliki masalah tidur adalah petugas peralatan komunikasi, pekerja transportasi dan pekerja transportasi kereta api.

 

5. Faktor Akhir Pekan

Setelah melalui hari kerja selama 5 hari yang panjang dan menegangkan, tentu saja anda memiliki keinginan untuk mendapatkan istirahat sebanyak mungkin. Tetapi tidur terlalu lama di hari Sabtu dan Minggu justru dapat menyebabkan tidur anda tidak nyenyak karena rasa lelah yang kronis.

 

6. Faktor Kampung Halaman Anda

Sebuah studi dari CDC baru-baru ini melihat kebiasaan tidur orang-orang di seluruh Amerika Serikat. Dan mereka menemukan bahwa negara yang memiliki waktu tidur berkualitas paling baik di negara ini adalah masyarakat di daerah South Dakota. Sedangkan wilayah yang memiliki waktu istirahat dengan kualitas terburuk adalah di Hawaii.

 

7. Faktor Status Pernikahan

Penelitian yang sama dari CDC juga melihat demografi yang berbeda untuk mengetahui seberapa baik kualitas tidur seseorang berdasarkan status hubungan mereka. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang memiliki status hubungan memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan orang yang lajang. 67% orang yang menikah tidur selama 7 jam atau lebih di malam hari. Dibandingkan dengan 62% orang yang tidak pernah menikah dan 56% dari mereka yang bercerai, terpisah lokasi atau janda.

 

8. Faktor Pendidikan

CDC juga mengidentifikasi bahwa “prevalensi durasi tidur yang sehat tertinggi di antara responden adalah mereka yang telah berpendidikan perguruan tinggi atau lebih tinggi sebesar 71,5%”. Jadi jika diri anda merasa tidak memiliki kualitas tidur yang baik, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk mengikuti beberapa kelas atau mengejar gelar tingkat lanjut.

 

9. Faktor Pemilihan Pasta Gigi atau Teh

Peppermint adalah bahan utama yang dapat membuat anda lebih terjaga dan fokus, sebagaimana dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Wheeling Jesuit University di West Virginia pada tahun 2011. Jika anda mulai mengantuk namun perlu memenuhi deadline, teh peppermint mungkin merupakan solusi yang dapat membantu anda tetap fokus.

Tetapi jika anda menginginkan minuman yang menenangkan sebelum tidur, cobalah yang lain seperti teh melati. Hindari yang berbau jeruk, karena memiliki efek mirip dengan peppermint. Dan jika pasta gigi anda mengandung peppermint, anda bisa menyikat gigi lebih awal di malam hari.

 

10. Faktor bulan purnama

Ya, ini nyata. Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa pola tidur pada anak-anak dapat terganggu oleh fase bulan.

 

11. Faktor Polusi Udara

Sebuah studi baru-baru ini mengidentifikasi bahwa polusi udara, khususnya nitrogen dioksida berdampak pada kemampuan kita untuk tidur dengan nyenyak. Yang banyak terkena dampaknya adalah penduduk kota. Khususnya mereka yang hidup di pusat metropolitan yang ramai. Polusi udara telah meningkat 8% di seluruh dunia sejak tahun 2011, menurut data yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia tahun lalu.

Sekian 11 faktor yang dapat saya bahas pada artikel kali ini. Dengan pola hidup sehat dan dengan meningkatkan kemampuan anda dalam mengatur waktu, niscaya anda akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar tubuh anda tetap bugar dan semakin produktif dalam bekerja. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Disini, saya akan membahas tentang 11 faktor yang dapat mengganggu waktu tidur anda :

Disini, saya akan membahas tentang 11 faktor yang dapat mengganggu waktu tidur anda :

Tanpa waktu tidur yang cukup, kesehatan anda baik mental maupun fisik, serta kemampuan anda untuk fokus akan benar-benar berkurang. Terdapat beberapa faktor yang dapat mengganggu waktu anda untuk menutup mata. Disini, saya akan membahas tentang 11 faktor yang dapat mengganggu waktu tidur anda :

Leave a Reply