12 Cara Untuk Tetap Makan Sehat, Tidak Peduli Sesibuk Apapun Anda

0
192

12 Cara Untuk Tetap Makan Sehat, Tidak Peduli Sesibuk Apapun Anda

Seorang pekerja profesional yang sibuk tidak bisa membuang satu detikpun pada hari mereka. Tubuh kita membutuhkan energi untuk terus bergerak dengan kecepatan seperti itu. Jika anda sering bekerja dan melewatkan makan siang, juga menghabiskan waktu anda tanpa istirahat untuk sekedar makan snack, anda mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi dan mendapatkan hasil yang baik dari pekerjaan anda.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga diri anda tetap sehat saat anda sedang bersemangat melalui hari anda. Hanya dengan beberapa perubahan sederhana, dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat energi anda, serta kesehatan anda secara keseluruhan.

Berikut ini adalah 12 cara untuk tetap bisa makan makanan yang sehat meskipun anda sedang sibuk bekerja :

1. Jangan melewatkan sarapan.

art-1789634_960_720 Ketika anda berjalan keluar dari pintu rumah untuk meeting anda di pagi hari, hal terakhir yang anda pikirkan adalah berhenti untuk sarapan terlebih dahulu. Tetapi melewatkan sarapan telah dikaitkan dengan peningkatan obesitas dan resiko diabetes, serta kehilangan mood anda di pagi hari. Berikut adalah beberapa tips untuk sarapan cepat dan sehat yang dapat anda terapkan secara bersamaan di rumah atau setelah anda tiba di kantor.

Terkait: 7 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Minum Kopi Dapat Membunuh Karir Anda

2. Buatlah diri anda senyaman mungkin.

Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk mampir ke toko kelontong, terutama selama hari kerja. Namun jangan jadikan hal ini sebagai alasan anda untuk tidak masak sayuran. Di zaman sekarang ini, anda bisa memesan sayuran segar dari swalayan atau penjual langsung ke rumah anda. Bahkan anda bisa memesan katering makanan sehat yang langsung dikirim ke kantor. Anda juga dapat memesan bahan makanan secara online atau contact, apapun yang anda butuhkan dan barang-barang lainnya langsung dikirim, sehingga dapat menghemat waktu untuk perjalanan ke toko atau ke pasar. Bahan baku sudah tersedia dan kita tinggal mengolahnya. Cukup memudahkan, bukan?

3. Siapkan terlebih dahulu.

Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mempersiapkan makanan ringan dan makan siang sebelum anda pergi bekerja di pagi hari, terutama jika pekerjaan anda tidak dapat ditinggalkan untuk makan siang di luar kantor. Tapi bagaimana jika anda jarang ada waktu untuk menyiapkan makanan di pagi hari?

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menyisihkan waktu selama akhir pekan untuk menyiapkan makanan ringan dan bekal makan siang untuk seminggu. Anda bisa membeli wadah plastik untuk menaruh makanan. Pastikan olahan makanan anda adalah yang dapat didinginkan atau dibekukan di dalam lemari es, sehingga anda tinggal memanaskan makanan tersebut setiap pagi, sebelum berangkat kerja.

4. ‘Berinvestasi’ pada makanan ringan yang mengenyangkan.

Lihatlah di sekitar ruang kerja anda. Jika tidak ada camilan, anda mungkin akan mengangkat bahu karena rasa lapar anda selama berjam-jam atau ada rasa malas untuk menuju toko di luar kantor untuk membeli snack.

cinnamon-1822178_960_720 Solusinya, pada akhir pekan anda bisa membeli makanan ringan ukuran besar seperti sekotak roti gandum, cereal atau fruit bar yang menyehatkan. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap kenyang selama jam kerja dari camilan sekaligus mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, fokus anda akan tetap terjaga karena rasa lapar tidak akan mengganggu anda lagi!

5. Jangan makan sambil bekerja.

Multitasking telah terbukti menjadi bencana untuk pinggang anda. Bukannya bingung mengunyah salad saat anda sedang mengerjakan proposal, namun anda justru mengesampingkan pekerjaan anda dan fokus sepenuhnya pada makanan anda.

Akan lebih baik lagi jika anda mengambil jam istirahat untuk menikmati makan siang di luar pada hari yang cerah dan menggabungkan manfaat dari udara segar untuk menyegarkan pikiran anda yang lelah bekerja. Anda akan memiliki pengalaman makan yang lebih menyenangkan dan siap kembali ke meja kerja anda dengan aura positif.

6. Makan siang bersama tim anda.

Ketika jam makan anda terganggu karena kehadiran orang lain, bersosialisasi justru memiliki manfaat kesehatan. Jadwalkan pertemuan makan siang sesering mungkin untuk memastikan anda mendapatkan jam makan siang yang berkualitas. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membawa tim anda makan siang bersama untuk menyuarakan ide-ide mereka, bertemu dengan klien, atau menambah jaringan dengan rekan-rekan lokal.

7. Tetap terhidrasi.

thirst-1474240_960_720Apakah anda suka rasa dari air putih atau tidak, air merupakan bagian penting dari kesehatan. Pertimbangkan untuk memiliki lemari es atau dispenser di kantor untuk memudahkan anda dan tim anda untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Jika ini tidak memungkinkan, sediakan kulkas kecil di kantor anda untuk tempat air kemasan.

8. Pilih makanan sehat jika makan di restoran.

Makan di luar tidak bisa dihindari untuk seorang profesional yang sibuk. Tetapi anda tidak harus puas dengan pilihan makanan berminyak atau makanan cepat saji. Hampir semua restoran memiliki opsi makanan sehat untuk menarik pelanggan yang sadar kesehatan. Untuk bermain aman, tetap dengan pilihan makanan yang dipanggang, bukannya digoreng. Dan pilih dessert seperti buah-buahan, sup, dan salad daripada memilih kentang goreng atau onion ring.

9. Buat acara makan malam keluarga sebagai prioritas.

Makan malam merupakan waktu yang penting bagi keluarga. Pastikan anda berada di rumah setiap malam untuk makan malam yang santai dengan pasangan anda atau keluarga anda. Jika anda lajang, jadwalkan secara rutin untuk berkumpul dengan teman-teman di restoran atau cafe dimana anda bisa menikmati makanan sehat. Ini akan membantu anda menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Terkait: Pertajam Ingatan Anda dengan Makanan yang Dapat Menyehatkan Otak

10. Berbelanja di pasar swalayan dengan bijaksana.

bananas-698608_960_720Para ahli merekomendasikan untuk menghabiskan sebagian besar waktu anda di luar pasar swalayan saat berbelanja makanan. Berbelanja susu, daging, unggas, dan telur di pasar tradisional dapat menyita sebagian besar waktu belanja anda, namun hal ini akan menjaga anda jauh dari makanan yang dikemas dan makanan berpengawet di lorong pusat perbelanjaan.

11. Pilih kualitas.

Pastikan sebagian besar makanan dalam program diet anda termasuk makanan padat nutrisi yang memungkinkan anda mencapai lebih banyak nutrisi dengan lebih sedikit kalori. Hindari gula dan nol kalori, bukannya fokus pada menghindari setiap makanan ringan dan cereal sebanyak mungkin. Ingat, anda perlu memenuhi kebutuhan untuk bahan bakar tubuh dan pikiran sehingga anda dapat mengerjakan banyak aktivitas.

12. Batasi minuman beralkohol.

Mungkin minuman beralkohol cukup menggoda karena dapat digunakan untuk menikmati acara ‘happy hour’ minum-minum setelah bekerja. Namun tahukah anda bahwa itu adalah salah satu cara terburuk untuk menambah kalori yang berpengaruh pada diet anda? Sementara meminum minuman beralkohol sesekali atau dua kali mungkin tidak akan menyakiti tubuh anda, namun penting untuk mengurangi konsumsi alkohol anda, terutama jika anda sedang diet dan mengurangi jatah makan anda.

Jika anda merawat pikiran dan tubuh anda, anda akan menjadi lebih produktif dan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari. Anda juga akan menjaga diri anda tetap sehat, yang akan memungkinkan anda untuk menghindari kunjungan ke dokter dan datangnya penyakit. Ketika anda berhasil mengurus diri sendiri, tidak hanya kesehatan anda yang diuntungkan, namun bisnis anda juga akan lebih merasakan manfaatnya.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply