10 Ide Bisnis Rumahan di Kota Kecil Yang Patut Anda Lirik

0
447

10 Ide Bisnis Rumahan di Kota Kecil Yang Patut Anda Lirik

Bagi anda yang sudah lelah menjadi karyawan dan ingin mendapatkan penghasilan setiap hari, pasti anda berpikir kalau lebih baik membuat usaha di rumah anda sendiri daripada bekerja di perusahaan orang lain. Namun, tidak semua bisnis mempunyai peluang usaha yang besar.

Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh ide bisnis rumahan yang mungkin sangat cocok diterapkan di sekitar rumah anda.

BERIKUT BEBERAPA PELUANG USAHA RUMAHAN YANG BISA ANDA COBA :

 

  1. Membuka Kedai Kopi

Mungkin sudah banyak kedai kopi di sekitar rumah anda. Lalu bagaimana caranya membuat kedai kopi anda lebih menarik daripada yang lain?

  • Buka kedai kopi di pinggir jalan. Biasanya untuk membuka kedai kopi di pinggiran jalan tidak membutuhkan biaya sewa tempat,
    Asalkan tidak mengganggu para pengguna jalan.
  • Untuk membuat kedai kopi anda semakin menarik,
    Usahakan mencari tempat yang teduh dan nyaman.
  • Sediakan makanan ringan/snack untuk pelengkap,
    Karena tidak sedikit para penikmat kopi merasa kurang puas jika hanya membeli minum.

 

  1. Membuka jasa Potong Rambut

Biasanya, di kota-kota kecil atau di pedesaan pertumbuhan jumlah penduduk begitu besar, sehingga kebutuhan untuk pelayanan sosial lebih tinggi daripada di kota besar. Mayoritas orang-orang memanfaatkan jasa potong rambut setidaknya 1 hingga 2 kali dalam sebulan. Bayangkan jika setiap keluarga mempunyai 2 hingga 4 anggota keluarga yang harus rutin memotong rambutnya. Bukan hanya jasa potong rambut, anda juga bisa merambah ke salon serta facial untuk meraup keuntungan lebih dari bisnis ini.

 

  1. Menjadi guru Les

Menjadi guru les banyak jenisnya. Guru les pelajaran sekolah, guru les musik, guru les komputer, dan lain-lain. Silahkan anda mencoba ide bisnis ini, karena selain tidak butuh modal, anda juga bisa menyesuaikan waktunya.

Untuk menarik minat masyarakat, cobalah promosi dengan memberikan kursus gratis selama masa percobaan. Untuk siapa saja yang mengikuti les tersebut, di hari pertama gratis tanpa biaya. Atau anda bisa berikan promosi lainnya seperti diskon khusus untuk 10 orang pendaftar pertama.

 

  1. Jasa service elektronik

Jika anda mempunyai skill di bidang elektronik, mengapa anda tidak memanfaatkannya untuk membuka jasa service elektronik? Tidak banyak orang yang memiliki keahlian seperti ini. Oleh sebab itu maksimalkan peluang bisnis yang ada.

 

  1. Jasa Service Komputer

Sama dengan poin ke-3, namun biasanya service komputer lebih mudah daripada service elektronik yang lebih kompleks.

Biasanya, karena kerusakan komputer hanya dari sisi software, anda cukup mencari solusinya melalui internet. Jika kerusakan pada hardware, anda cukup menggantinya dengan yang baru. Jadi, sebenarnya anda hanya mengganti sparepart yang rusak.

 

  1. Warnet (Warung Internet)

Warnet menjadi tempat yang sering dikunjungi, terutama pelajar yang memiliki tugas sekolah dan mahasiswa. Namun selain membutuhkan biaya yang besar, warnet juga kurang diminati karena sekarang orang-orang cenderung lebih kepada mobile internet dimana semua orang sudah mempunyai HP.

Tetapi jika warnet yang anda buka menyediakan jenis game online, warnet anda akan sering dikunjungi. Mungkin anda bisa mencoba bisnis ini walaupun dengan modal yang lebih besar.

 

  1. Jasa Pembuatan Dokumen

Biasanya jasa pengetikan sangat bermanfaat bagi para pekerja yang padat waktu. Jika anda mempunyai kenalan orang-orang yang bekerja untuk perpanjangan surat, pengetikan, pendidikan atau sejenisnya, mungkin anda bisa mencobanya.

 

  1. Jasa Katering

Jika anda pandai memasak, jasa katering akan sangat menjanjikan.Terlebih jika anda memiliki kenalan di sekolah, organisasi, kelompok ibu-ibu arisan, atau menyediakan jasa katering untuk karyawan pabrik dan kantor.

Anda tidak perlu susah-susah memasarkan jasa katering anda apabila anda sudah mempunyai banyak kenalan.

 

  1. Reseller

Anda tidak perlu modal untuk menjadi seorang reseller. Anda cukup mencari agen grosiran yang melayani pembelian online. Anda cukup menunjukkan foto-foto produk kepada para tetangga atau teman-teman anda melalui media sosial seperti BBM, Facebook, Instagram dan sebagainya untuk memasarkan produk yang anda jual. Dan buat sistem pre order untuk mengurangi modal biaya anda.

 

  1. Penjual Tiket Online

Pada awal tahun 2014, penjualan tiket secara online sedang booming. Tiket kereta api, tiket maskapai, pemesanan hotel, Transaksi PPOB dan lain-lain sedang marak di media sosial, bahkan ada aplikasi yang menyediakan jasa penjualan tiket online.

Pilihlah pelayanan tiket tersebut secara bijak.Tidak semua penyedia layanan tersebut mengedepankan pelayanan melebihi uang. Jika di kawasan anda banyak yang suka pergi keluar kota atau menjadi pekerja di luar negeri, mungkin anda bisa mencoba usaha ini untuk menjadi pebisnis tiket, hotel, dan tour secara online.

Demikian 10 ide usaha rumahan yang dapat anda coba, semoga bisa memberi inspirasi untuk anda. Nah, setelah anda melihat list ide bisnis di atas, ternyata desa atau kota kecil pun bisa menjadi target tempat usaha yang menjanjikan keuntungan cukup lumayan, bukan? Tapi tentu saja, kita memerlukan strategi jitu serta konsistensi ketika menerapkannya. Selamat mencoba!

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply