15 Rahasia Bahasa Tubuh Orang Sukses (Episode 1)

0
814

15 Rahasia Bahasa Tubuh Orang Sukses (Episode 1)

 

Tubuh kita memiliki bahasa tersendiri, dan bahasa tubuh tidak selalu baik. Bahasa tubuh anda cenderung menjadi bagian integral dari diri anda, sampai pada titik dimana anda bahkan tidak memikirkannya.

Jika itu yang terjadi, maka inilah saatnya anda untuk memulai. Karena dengan begitu, anda bisa menyabotase karir anda.

TalentSmart telah menguji lebih dari 1 juta orang dan menemukan bahwa eselon atas kinerja puncak dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi (90% dari para tokoh terkenal, tepatnya). Mereka mengetahui kekuatan sinyal yang tidak terucap dalam komunikasi, dan mereka memantau bahasa tubuh mereka sendiri sesuai dengan itu.

Terkait: Apakah Anda Cerdas Secara Emosional? Inilah Cara Mengetahuinya

Berikut ini adalah 15 kesalahan bahasa tubuh yang paling umum dilakukan. Dan orang yang cerdas secara emosional harus menghindarinya dengan hati-hati.

 

1. Membungkuk

Membungkuk adalah tanda tidak hormat. Perilaku ini mengkomunikasikan bahwa anda bosan dan tidak memiliki keinginan untuk berada di tempat anda berada saat ini. Anda tidak akan pernah memberi tahu atasan anda, “Saya tidak mengerti mengapa saya harus mendengarkan anda”. Tetapi jika anda membungkuk, tanpa anda mengatakan hal itu, bahasa tubuh anda tersebut telah mengatakannya secara jelas.

Otak kita tertanam dengan pikiran untuk menyamakan kekuatan otak dengan jumlah ruang yang dapat dipelajari manusia. Berdiri tegak adalah posisi yang tepat. Perilaku ini memaksimalkan jumlah ruang yang anda isi di dalam otak anda. Mempertahankan sikap postur yang baik menandakan bahwa anda menghormati dan mempererat hubungan di dalam percakapan dengan orang lain.

 

2. Sikap Berlebihan

Sikap berlebihan bisa menyiratkan bahwa anda sedang mengulur kebenaran. Cobalah membuat gerakan kecil yang terkontrol untuk menunjukkan jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri. Misalnya gerak tubuh seperti melebarkan lengan anda atau menunjukkan telapak tangan anda untuk mengkomunikasikan bahwa anda tidak memiliki sesuatu untuk disembunyikan.

 

3. Melihat Jam

Melihat jam sambil berbicara dengan seseorang adalah tanda tidak hormat yang sangat jelas, ketidaksabaran, dan ego yang meningkat. Gestur ini terlihat sekali bahwa anda memiliki hal-hal yang lebih baik untuk dilakukan daripada berbicara dengan orang yang sedang berbicara dengan anda. Dan gestur ini menunjukkan bahwa anda ingin meninggalkannya.

 

4. Memalingkan wajah dari orang lain

Memalingkan wajah dari orang lain atau tidak memperhatikan orang yang berbicara dengan anda. Gestur ini menggambarkan bahwa anda tidak ingin terlibat, tidak tertarik, tidak nyaman, dan mungkin tidak mempercayai orang yang sedang berbicara dengan anda.

Cobalah memperhatikan orang yang berbicara dan memiringkan kepala sedikit saat anda mendengarkan mereka berbicara. Gestur ini menunjukkan kepada orang yang berbicara bahwa anda fokus dan memberi perhatian sepenuhnya kepada apa yang mereka ucapkan.

 

5. Menyilangkan lengan di depan dada atau menyilangkan kaki

 Menyilangkan lengan di depan dada atau menyilangkan kaki yang merupakan gestur tubuh ‘pembatas’ menunjukkan bahwa anda tidak terbuka terhadap apa yang orang lain katakan. Walaupun anda tersenyum atau terlibat dalam percakapan yang menyenangkan, lawan bicara anda mungkin merasa kurang nyaman karena anda terlihat seperti menutupi sesuatu darinya.

Walaupun melipat tangan membuat anda merasa nyaman, tahanlah keinginan anda untuk melakukannya jika anda ingin orang lain melihat anda berpikiran terbuka dan tertarik dengan apa yang mereka katakan.

 

6. Kata-kata dengan raut wajah yang tidak konsisten

Ketidakkonsistenan antara kata-kata dan ekspresi wajah anda menyebabkan orang merasakan ada sesuatu yang tidak beres. Dan mereka pasti mulai curiga bahwa anda mencoba menipu mereka, walaupun mereka tidak tahu persis mengapa ekspresi wajah anda terlihat berbeda.

Misalnya, senyum gugup saat menolak tawaran selama negosiasi tidak akan membantu anda mendapatkan apa yang anda inginkan. Gestur tersebut hanya akan membuat orang lain merasa tidak nyaman untuk bekerja sama dengan anda. Karena mereka akan menganggap bahwa anda menyembunyikan sesuatu.

 

7. Menganggukkan kepala secara berlebihan

Menganggukkan kepala secara berlebihan menandakan kecemasan atas persetujuan. Orang lain mungkin menganggap anggukan berat anda sebagai usaha untuk menunjukkan bahwa anda setuju dengan atau memahami sesuatu yang sebenarnya tidak anda sukai.

Sekian artikel saya tentang 15 rahasia bahasa tubuh orang sukses episode pertama. Kelanjutannya akan saya bahas pada artikel berikutnya. Silahkan anda simak disini :

Berikut ini adalah 15 kesalahan bahasa tubuh yang paling umum dilakukan. Dan orang yang cerdas secara emosional harus menghindarinya dengan hati-hati.

Berikut ini adalah 15 kesalahan bahasa tubuh yang paling umum dilakukan. Dan orang yang cerdas secara emosional harus menghindarinya dengan hati-hati.

Tubuh kita memiliki bahasa tersendiri, dan bahasa tubuh tidak selalu baik. Berikut ini adalah 15 kesalahan bahasa tubuh yang paling umum dilakukan. Dan orang yang cerdas secara emosional harus menghindarinya dengan hati-hati.

Leave a Reply