17 Trik Untuk Menyelesaikan Lebih Banyak Tugas Selama Hari Kerja

0
365

17 Trik Untuk Menyelesaikan Lebih Banyak Tugas Selama Hari Kerja

Cobalah tips-tips sederhana berikut untuk membebaskan waktu anda dan selesaikan lebih banyak tugas anda selama jam kerja anda!

Terkadang kita berharap ada lebih banyak jam dalam satu hari. Sayangnya, kita tidak dapat mengontrol waktu. Apa yang dapat kita kontrol adalah produktivitas kita. Berhati-hatilah dengan bagaimana cara kita menghabiskan waktu. Karena waktu sangat penting untuk mengerjakan lebih banyak tugas pada hari kerja. Anda harus bangun lebih awal, bermeditasi, serta menyusun to-do list harian anda. Ada sejumlah cara untuk membuat hasil maksimal dari setiap menit yang kita lalui.

Jika anda ingin menjadi lebih produktif selama hari kerja, inilah tips-tips sederhana yang akan membantu anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak.

 

1. Bangun satu jam lebih awal.

Bahkan jika anda tidak teridentifikasi sebagai “orang yang selalu bangun pagi,” anda masih bisa menjadi salah satunya.

Dengan menetapkan alarm anda satu jam lebih awal dari biasanya (dan tidak menekan tombol snooze!), anda akan bisa mendapatkan satu jam tambahan, sehingga anda tidak tergesa-gesa dan anda memiliki waktu kerja yang damai.

Beberapa studi telah membuktikan manfaat hubungan bangun lebih awal untuk meningkatkan produktivitas dengan kesuksesan. Dengan bangun pagi, anda memiliki banyak keuntungan. Anda akan memiliki waktu kerja ekstra dan lebih optimis dalam menjalani hari anda.

 

2. Buatlah daftar harian “to do list”.

Buatlah daftar harian tugas yang realistis untuk anda lakukan setiap hari. Tuliskan tugas yang sederhana. Tugas-tugas anda tidak harus pekerjaan besar yang dapat menghabiskan waktu untuk menyelesaikannya. Jika anda perlu untuk melipat cucian anda, tambahkan tugas tersebut ke dalam daftar anda. Apakah anda perlu ke dokter? Tambahkan dalam daftar anda.

Tugas mikro tidak hanya membantu anda menyelesaikan lebih banyak tugas dalam sehari, tetapi juga akan membantu anda mencapai tujuan yang lebih besar pula.

 

3. Lakukan tugas-tugas yang paling sulit di awal hari.

Akan lebih baik jika anda lebih dulu menyelesaikan tugas-tugas yang berat. Setelah anda dapt menyelesaikan sebagian besar tugas dan menemukan jalan keluar, sisa hari anda akan terbebas untuk menyelesaikan tugas lain yang lebih mudah. Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, namun anda juga akan jauh lebih produktif.

 

4. Bersihkan meja anda.

Seperti kata  pepatah, “Out of sight, out of mind.” Pepatah tersebut benar apabila anda tetap fokus. Sisihkan waktu 15 menit sebelum bekerja setiap hari untuk membersihkan meja anda dan membuat ruang kerja yang bersih. Kebiasaan ini akan membuat ruangan anda tampak rapi dan membantu anda fokus. Buanglahh apa yang tidak anda butuhkan dan simpan apa yang anda perlukan.

Gambar kredit: Matt Dutile | Getty Images

a

5. Latihan di pagi hari.

Biasakan untuk jogigng atau melakukan beberapa yoga pada pagi hari. Latihan di pagi hari ini bisa membuat mood anda menjadi lebih baik dan tingkat produktivitas akan lebih tinggi. Psikiatri Harvard profesor Dr. John Ratey menjelaskan bahwa olahraga sangat penting untuk mencapai “tingkat kinerja tinggi dalam pekerjaan yang menuntut intelektual.”

 

6. Mengatur sistem.

Memiliki sistem organisasi akan memberikan ide yang jelas dan konsisten dari proyek yang telah terjadi. Persediaan komitmen ini akan memberikan anda kejelasan, fokus dan kontrol. Dengan memiliki sistem organisasi, maka ini akan membantu anda mengetahui tugas apa yang paling penting dari berbagai tugas anda.

 

7. Fokus pada satu hal di satu waktu.

Cobalah untuk fokus menyelesaikan satu proyek sebelum beralih ke tugas yang berikutnya. Orang-orang biasanya berpikir bahwa mereka bisa menyelesaikanlebih banyak tugas dengan melakukan multitasking. Namun pada kenyataannya, anda justru akan bolak-balik dari satu tugas ke tugas lain. Dan hak seperti ini sama sekali tidak menguntungkan.

Bahkan, mencoba untuk melakukan dua tugas secara bersamaan benar-benar dapat menurunkan produktivitas anda. Begitu sebuah studi dari American Psychological Association mengungkapkan.

Walaupun mayoritas dari kita sering berbicara di telepon sambil mengetik e-mail, hal itu hanyalah tugas kecil yang tidak menghalangi produktivitas. Tetapi tugas yang lebih besar dapat menurunkan produktivitas anda apabila anda mengerjakannya dalam waktu yang bersamaan.

“Pikiran dan otak tidak dirancang untuk melakukan tugas berat secara multitasking”

 

8. Mulailah berani mengatakan tidak.

Terkadang sebuah kata kecil ini adalah sesuatu yang paling sulit untuk dikatakan. Tapi sebenarnya bukanlah masalah besar untuk mengatakan “tidak” jika anda ingin menolak sesuatu. Mengelola harapan masyarakat memang sangat penting. Namun jika anda tidak dapat mengambil sebuah dan memberikan jaminan 100% selesai, maka jangan melakukannya sama sekali.

 

9. Dapatkan waktu untuk tidur cukup.

Yang satu ini perlu anda ingat dan paling anda butuhkan, tetapi anda akan terkejut ketika mengetahui betapa sedikit orang yang benar-benar tidur cukup setiap malam.

Menurut National Sleep Foundation , rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur malam. Apakah anda sudah memiliki cukup waktu untuk tidur?

Mungkin sudah waktunya untuk anda pergi tidur lebih awal. Tidur dapat meningkatkan atau bahkan menghancurkan produktivitas anda.

Baca ini: The Sleep Revolution: Transforming Your Life, One Night at a Time oleh Ariana Huffington |

 

10. Jagalah agar e-mail anda tetap terorganisir.

Melihat 200 pesan yang belum dibaca di dalam kotak masuk anda hanya akan membuat anda merasa cemas. Tetapi akan lebih baik jika anda tidak mengabaikan pesan penting. Jagalah kotak masuk anda bersih dengan menanggapi, menyimpann, menyusun atau menghapus e-mail segera setelah anda membukanya.

 

11. Matikan media sosial.

Ambil waktu istirahat dengan menghindar dari keramaian dan hiruk pikuk dunia luar, serta menghindari berselancar di Facebook, Twitter atau Instagram. Semua social media ini hanya akan mengalihkan perhatian anda sehingga mata dan otak  anda tidak bisa cukup beristirahat. Bagi orang-orang yang membutuhkan media sosial untuk bekerja, pastikan anda log out dari akun pribadi sehingga anda tidak mengabaikan tugas anda.

Gambar kredit: Eva Katalin Kondoros | Getty Images

b

12. Bacalah dengan benar, jangan hanya membaca sepintas lalu.

Sangat penting untuk anda benar-benar membaca dan memahami isi dokumen yang mendatangi anda, bukan hanya membacanya sepintas lalu. Meskipun tidak selalu merasa seperti ini, skimming dapat lebih memakan waktu daripada membaca karena anda mungkin melewatkan sesuatu dan harus kembali membacanya.

 

13. Jadwal terpotong karena waktu anda terganggu.

Setelah anda mendapatkan diri anda terfokus pada pekerjaan, tetaplah fokus.

Meskipun lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, cara terbaik untuk memastikan anda menjaga pikiran anda tetap fokus adalah dengan “membersihkan” hal-hal tertentu, dimana anda akan memiliki waktu tanpa gangguan sehingga anda fokus hanya pada proyek yang ada di tangan anda.

Seperti mematikan ponsel atau menutup e-mail anda, hal tersebut akan menciptakan lingkungan dimana anda bebas untuk fokus pada satu hal saja.

Menurut sebuah studi oleh para peneliti Microsoft, dibutuhkan waktu 15 menit untuk kembali fokus setelah perhatian kita beralih pada sesuatu hal yang lain. Jadi jika anda terus-menerus merasa terganggu, hal itu akan menghabiskan waktu yang lama untuk anda dapat menyelesaikan pekerjaan anda.

 

14. Masukkan headphone anda.

Apakah anda ingin memainkan beberapa lagu atau tidak, itu terserah anda. Tetapi orang-orang justru akan mengganggu anda apabila mereka melihat anda menggunakan headphone saat bekerja.

 

15. Meditasi sebelum pergi ke kantor.

Luangkan waktu beberapa menit tepat ketika anda bangun untuk menjernihkan pikiran dan bermeditasi. Menurut Art of Living Foundation, meditasi pagi ini sangat kuat pengaruhnya terhadap diri kita karena dapat mengisi aura positif dan mempersiapkan diri anda untuk menghadapi tantangan yang terbentang di depan.

 

16. Hilangkan pertemuan yang tidak perlu.

Komunikasi tatap muka sangat penting di tempat kerja, tapi terkadang pertemuan-pertemuan yang panjang dan tak berujung dapat membuang-buang waktu. Saat menjadwalkan pertemuan apapun, pastikan mereka benar-benar diperlukan dan apakah yang anda rencanakan untuk dibahas dapat ditangani melalui e-mail atau telepon.

Jika anda merencanakan sebuah pertemuan dengan seorang klien, jadwalkan hanya untuk 30 menit, sehingga dapat berlangsung cepat dan to-the-point. Ketika orang bergerak tepat waktu, mereka juga akan lebih cepat untuk mendapatkan hal-hal penting.

Baca ini:  Let’s Stop Meeting Like This: Tools to Save Time and Get More Done oleh Dick Axelrod dan Emily Axelrod |

 

17. Membuat keputusan dalam 60 detik.

Jika anda ingin menyelesaikan lebih banyak pekerjaan pada hari kerja, anda harus bekerja cepat. Mulailah dengan memangkas jumlah waktu yang diperlukan untuk membuat keputusan.

Pengambilan keputusan dapat menjadi salah satu tugas yang paling memakan waktu anda setiap hari. Kurangilah menunda-nunda dalam mengambil keputusan untuk membebaskan waktu anda. Karena kemungkinan anda akan membuat keputusan yang sama dengan yang akan anda buat dalam waktu 20 menit.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply