22 Kualitas yang Dapat Membuat Anda Menjadi Pemimpin Hebat (Bag.1)

0
377

22 Kualitas yang Dapat Membuat Anda Menjadi Pemimpin Hebat

(Bag.1)

Membangun bisnis yang sukses dan besar tidak cukup jika anda hanya bermodal harta. Namun anda juga harus memiliki sikap kepemimpinan agar bisnis yang anda jalankan tidak stagnan dan juga agar karyawan anda bangga memiliki seorang pemimpin yang dapat menjadi panutan bagi mereka. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 22 kualitas yang dapat membuat anda menjadi seorang pemimpin yang hebat. Berikut ulasan kualitas yang harus anda miliki sebagai seorang pemimpin :

1. Fokus

“Ada yang mengatakan bahwa kepemimpinan adalah membuat keputusan yang penting tapi tidak pasaran. Ini tentu merupakan sebuah kebenaran parsial, tetapi saya pikir kita perlu menggarisbawahi pentingnya FOKUS. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, anda tidak bisa menjadi besar dalam hal-hal kecil, dan anda harus mengurangi kekhawatiran akan pesaing anda. Untuk dapat menyelesaikan beberapa hal penting, anda harus mengembangkan “ketidaktahuan” secara selektif. Jika tidak, hal-hal sepele akan menenggelamkan anda. ”

-Tim Ferriss, penulis buku terlaris, serta pembawa acara di The Tim Ferriss Show 

2. Kepercayaan diri

“Seorang pemimpin menanamkan kepercayaan diri dan ‘followership‘ dengan memiliki visi yang jelas, menunjukkan empati dan menjadi pelatih yang kuat. Sebagai pemimpin perempuan, harus diakui saya merasa saya harus menunjukkan kesombongan dan ketegasan. Namun saya selalu berusaha mempertahankan budaya Southern saya, yang menggarisbawahi kebaikan dan kemurahan hati. Kedua hal ini bekerja dengan baik dalam mendapatkan rasa hormat dari orang lain. ”

-Barri Rafferty, CEO, Ketchum Amerika Utara

3. Transparansi

“Saya tidak pernah menggunakan konsep ‘mengenakan topeng.’ Sebagai pemimpin, satu-satunya cara yang saya ketahui adalah bagaimana cara untuk mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari tim saya dan rekan-rekan saya adalah 100% keterbukaan diri saya yang otentik. Terkadang saya tetap melakukan kesalahan, namun saya selalu tertarik dengan pekerjaan kami. Hal ini memungkinkan saya memiliki kebebasan untuk hadir dan konsisten sepenuhnya. Mereka tahu apa yang mereka dapatkan setiap saat. Tidak ada kejutan.”

-Keri Potts, direktur senior humas, ESPN

4. Integritas

“Karyawan kami adalah refleksi langsung dari nilai-nilai yang kami wujudkan sebagai pemimpin. Jika kami bermain dengan pedoman yang reaktif dan kuno, “membutuhkan sesuatu yang benar untuk melakukan apa yang benar”, maka sebenarnya kami membatasi potensi penuh dari bisnis kami dan kehilangan bakat yang berkualitas. Jika anda fokus pada menjadi otentik dalam semua interaksi anda, maka sikap ini akan menular pada bisnis dan budaya anda, begitu juga pada hal lainnya. ”

-Gunnar Lovelace, co-CEO dan salah satu pendiri Thrive Market

5. Inspirasi

“Orang-orang selalu mengatakan saya adalah seorang self-made. Tetapi saya tidak seperti itu. Menjadi seorang pemimpin bukanlah keputusan sendiri, kita dapat menjadi seorang pemimpin karena dorongan dari orang lain.

Saya tiba di Amerika tanpa uang atau barang-barang selain tas olahraga saya, namun, saya datang dengan membawa : Banyak orang yang memberi saya inspirasi besar dan saran yang fantastis, dan saya didorong oleh keyakinan diri saya, internal drive serta passion yang saya miliki. Itulah sebabnya saya selalu bersedia untuk menawarkan motivasi ke teman-teman atau orang asing di Reddit. Saya tahu kekuatan inspirasi, dan jika seseorang dapat berdiri di atas bahu saya untuk mencapai kesuksesan, saya lebih dari bersedia untuk membantu mereka. ”

-Arnold Schwarzenegger, mantan gubernur California

6. Passion

“Anda harus mencintai apa yang anda lakukan. Agar benar-benar sukses dalam melakukan sesuatu, anda harus terobsesi dan membiarkan passion mengalir dalam diri anda. Tidak peduli seberapa sukses bisnis anda, anda tidak akan pernah puas dan terus-menerus melakukan sesuatu untuk membesarkan bisnis anda, agar menjadi lebih baik dan lebih besar. Anda memimpin dengan contoh, bukan karena merasa bahwa anda harus melakukannya, tetapi karena itu adalah cara hidup anda. ”

-Joe Perez, salah seorang pendiri Tastemade

7. Inovasi

“Dalam setiap sistem dengan sumber daya yang terbatas dan ekspansi populasi yang tak terbatas seperti bisnis anda, atau seperti seluruh manusia, inovasi sangat penting tidak hanya untuk kesuksesan, tetapi juga demi kelangsungan hidup. Inovator adalah pemimpin kita. Anda tidak dapat memisahkan keduanya. Apakah itu dengan pemikiran, teknologi atau organisasi, inovasi adalah satu-satunya harapan kita untuk memecahkan tantangan kita. ”

-Aubrey Marcus, pendiri, Onnit

8. Kesabaran

“Kesabaran adalah keberanian yang benar-benar dimaksudkan untuk menguji komitmen anda dengan keinginan anda. Jalan menuju hal-hal besar selalu sulit, tapi para pemimpin terbaik memahami kapan waktu yang tepat untuk meninggalkan keinginan dan kapan harus tetap pada tujuan.

Jika visi anda cukup berani, akan ada ratusan alasan mengapa hal itu tidak dapat dilakukan dan mengapa terdapat banyak keragu-raguan. Banyak hal datang bersamaan, seperti pasar eksternal, persaingan, pembiayaan, permintaan konsumen dan selalu memiliki keberuntungan kecil untuk mendapatkan sesuatu yang besar. ”

-Dan Brian, COO, WhipClip

9. Ketabahan

“Ini tak terelakkan : Kita akan menemukan diri kita dalam beberapa situasi nyata yang tidak menyenangkan, apakah itu kesalahan berharga, kegagalan tak terduga atau musuh yang tidak bermoral. Ketabahan pada intinya adalah menerima dan mengantisipasi masalah terlebih dahulu sehingga anda tidak panik, bereaksi secara emosional dan tidak memperburuk masalah itu lebih lanjut.

Mari kita melatih pikiran kita, mempertimbangkan skenario terburuk dan mengatur insting untuk merespon bagaimana cara kita memastikan situasi buruk tidak berubah menjadi resolusi fatal.”

Ryan Holiday, penulis The Obstacle is the Way dan mantan direktur pemasaran American Apparel

10. Kelemahan

“Memahami kelemahan adalah hal terbaik yang telah saya lakukan untuk bisnis saya. Saat kami memiliki layanan berbasis langganan, dampak terbesar pada bottom line kami adalah menurunkan tingkat pergeseran rating perusahaan kami.

Mampu menurunkan jumlah dari 6% menjadi 4%, itu berarti sudah ada peningkatan 50% dalam nilai yang diberikan oleh rata-rata pelanggan. Kita tidak akan tahu hasil dari metrik ini tanpa menganalisis data yang kami miliki secara akurat. ”

-Sol Orwell, salah seorang pendiri Examine.com

11. Keaslian

“Memang benar bahwa imitasi adalah salah satu peran penting untuk mendapatkan sanjungan. Tetapi hal ini tidak berlaku ketika kita membahas kepemimpinan, dan setiap pemimpin hebat dalam hidup saya, mulai dari Mike Tomlin sampai pelatih dalam Olimpiade ski Scott Rawles, memimpin dengan keasliannya.

Belajarlah dari orang lain, bacalah otobiografi dari pemimpin favorit anda, dan pelajari keterampilan selama yang anda bisa. Namun jangan pernah kehilangan ‘suara sejati’ anda, pendapat dan bagaimana cara anda membuat keputusan. ”

-Jeremy Bloom, salah seorang pendiri dan CEO Integrate

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 22 Kualitas yang Dapat Membuat Anda Menjadi Pemimpin Hebat bagian pertama. Ulasan lebih lengkap dapat anda baca pada artikel selanjutnya.

Terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari, juga di dalam anda membangun bisnis. Niscaya anda akan menjadi seorang pemimpin yang hebat dan sukses.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply