3 Prinsip Efektif Untuk Membantu Anda Berhenti Menunda

0
233

3 Prinsip Efektif untuk Membantu Anda Berhenti Menunda & Mulai Mengambil Tindakan

Ketika sudah tiba saatnya untuk mencapai tujuan dan menghidupkan impian anda, kebanyakan orang justru suka menunda. Mereka bahkan tidak mengambil tindakan apapun untuk mencapai apa yang mereka inginkan dalam hidupnya. Mereka memberitahu anda bahwa mereka ingin sukses. Tetapi mereka tidak melakukan apa-apa untuk mewujudkannya. Apakah hal seperti ini terdengar akrab bagi anda?

Anda adalah apa yang anda lakukan. Bukan apa yang anda katakan, akan anda lakukan. Jangan hanya mengatakan bahwa anda ingin membangun bisnis online saat anda memiliki waktu luang. Namun ketika anda pulang dari kerja, yang anda lakukan hanya menonton TV. Anda harus berhenti menunda. Ini demi tujuan anda. Dan mulailah mengambil tindakan sebagai gantinya. Mengambil tindakan adalah satu-satunya kunci untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Berikut adalah tiga metode kuat yang dapat membantu anda untuk berhenti menunda dan mulai mengambil tindakan :

1. Terapkan Strategi Goldilocks

Bayangkan anda adalah seorang pemain tenis biasa. Dan jika anda harus menghadapi pertandingan melawan seorang petenis amatir, bagaimanakah perasaan anda? Nah, kebanyakan orang akan mengatakan bahwa pertandingan itu akan menjadi membosankan karena lawan terlalu mudah. Dan ini benar. Sekarang, bagaimana jika lawan anda adalah Roger Federer? Apakah anda berpikir pertandingan akan menjadi menarik dan menyenangkan?

athletes-1866487_960_720Tidak mungkin. Karena lawan yang terlalu kuat dan anda bahkan tidak bisa mengembalikan bola. Jika pertandingan terlalu mudah, anda akan merasa bosan. Di sisi lain, jika pertandingan terlalu sulit, anda akan merasa kewalahan. Oleh karena itu, anda harus menemukan sweet spot diantara keduanya. Anda harus menemukan lawan yang memiliki tingkat keterampilan yang hampir sama dengan anda.

“In order to carry a positive action we must develop here a positive vision.” – Dalai Lama

“Dalam rangka membawa tindakan positif, kita harus mengembangkan visi positif.”

Hal ini sama seperti ketika anda sedang bekerja demi tujuan anda dan melakukan tugas-tugas anda. Saat tugas anda terasa terlalu sulit. Anda merasa kewalahan, dan anda tidak ingin melakukannya. Sebaliknya, jika tugas anda terlalu mudah, anda tidak merasa termotivasi untuk melakukannya. Dan ini adalah dimana strategi Goldilocks diperlukan. Buatlah tugas atau pekerjaan tepat untuk anda. Tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah, tepat.

2. Kembali Pada Tujuan Anda

Mengapa beberapa orang dapat bekerja lebih keras dan giat bekerja sementara beberapa orang lain justru tidak memiliki motivasi untuk bekerja sama sekali? Ini semua bermuara pada tujuan mereka. Seorang perokok berat merasa sulit untuk menyingkirkan kebiasaan merokok yang buruk. Dia mencoba berkali-kali, tapi dia gagal. Jadi ia terus merokok, dan kesehatannya memburuk.

Suatu hari, ia didiagnosis kanker paru-paru. Dokter mengatakan kepadanya bahwa jika ia tidak berhenti merokok, maka hidupnya tidak lebih dari tiga bulan ke depan. Tiba-tiba, ia memiliki semua alasan untuk berhenti merokok, dan itu menjadi suatu keharusan baginya.

Bila anda memiliki alasan yang kuat dan emosional untuk melakukan sesuatu, anda akan melakukannya. Bila anda tidak memiliki alasan, anda bahkan tidak peduli tentang hal itu. Mengapa anda bangun di pagi hari? Jika Anda tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki rencana untuk akhir pekan, anda pasti akan memilih untuk melanjutkan tidur anda. Namun ketika anda memiliki alasan untuk bangun, anda akan bangun tidur.

Dapatkah anda melihat bagaimana alasan anda dapat mengarahkan anda? Jadi, kembalilah pada tujuan anda. Mengapa anda ingin mencapai tujuan anda? Menghidupkan impian anda? Mengapa anda ingin bekerja lebih giat dan mengambil tindakan? Mengapa anda tidak bisa untuk beristirahat dan menunda pekerjaan anda?

Alasan anda akan menjadi bahan bakar yang memotivasi anda untuk bergerak maju dan mengambil tindakan. Apabila alasan anda lebih kuat dan lebih emosional, maka anda akan merasa lebih putus asa jika anda gagal. Bila anda memiliki tujuan yang kuat dan berkomitmen, anda akan melakukan apapun untuk mewujudkannya. Ketika anda hanya tertarik dan tidak memiliki alasan yang jelas, anda akan melakukan apa yang nyaman bagi anda.

john-f-kennedy-smiling-in-this-photo-in-a-navy-jacket-paired-with-a-stripe-tie-and-white-linen-pocket-square“Efforts and courage are not enough without purpose and direction.”

– John F. Kennedy

“Upaya dan keberanian tidak cukup tanpa tujuan dan arah.” 

3. Membangun Ritual

Orang luar biasa yang mampu mengambil tindakan dan bekerja demi mewujudkan mimpi mereka terlepas dari perasaan mereka. Karena mereka telah membangun sebuah ritual. Dengan kata lain, mereka telah menganggap bahwa pekerjaan adalah kebiasaan. Proses ini telah menjadi ritual, dan mereka akan tetap bekerja. Tidak peduli apakah mereka merasa suka atau tidak. Ini adalah apa yang perlu anda lakukan juga.

Buat ritual yang dapat anda lakukan setiap hari. Misalnya, anda dapat membuat ritual pagi anda seperti contoh berikut :

  • Setelah mencuci muka, minumlah segelas air.
  • Setelah itu, lakukan beberapa peregangan tubuh dan olahraga.
  • Kemudian tetapkan tujuan harian anda sepanjang hari ini.
  • Setelah itu, bekerjalah mulai dari tugas anda yang paling penting.

Ini adalah ritual berantai dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Setelah anda mencuci muka, anda minum segelas air. Setelah minum, anda melakukan berolahraga. Ada isyarat untuk setiap tindakan. Isyarat untuk mulai bekerja pada tugas anda yang paling penting adalah setelah anda menuliskan tujuan anda. Isyarat untuk berolahraga adalah setelah anda minum air.

20150330142247-7-million-dollar-habits-super-successful-to-do-listKetika semuanya sudah dalam list, Anda akan membuatnya menjadi ritual harian. Dan akhirnya, itu akan menjadi kebiasaan yang akan membuat anda tetap bergerak. Tidak peduli apakah anda suka atau tidak. Apa yang dapat anda lakukan sekarang adalah menuliskan ritual harian anda. Ritual apa saja yang ingin anda lakukan di pagi hari? Bagaimana dengan ritual sore dan malam hari? Buat ritual anda sekarang dan lakukanlah..!

Ingat, apa yang anda lakukan sekali dalam seminggu tidak sama pentingnya dengan apa yang anda lakukan setiap hari. Ini adalah kebiasaan yang akan membentuk kehidupan dan nasib anda.

Bagaimana cara anda mengalahkan penundaan? Tuliskan ritual anda pada kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply