3 Rahasia Agar Orang Miskin Bisa Menjadi Kaya

0
1128

 

3 Rahasia Agar Orang Miskin Bisa Menjadi Kaya

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Jumpa lagi di episode kali ini. Kali ini adalah episode ‘wawancara tokoh-tokoh terkenal’. Dan kali ini kita beruntung sekali karena saya mengundang salah satu pengusaha level 5 yang sudah membuat perusahaannya go public. Yaitu Dato’ DR. Andrew Ho.

C : “Selamat datang Dato’ DR. Andrew Ho.. Kita panggil namanya Mr. Ho saja”

Pada kesempatan kali ini, kita akan wawancara beliau setelah yang berikut ini. Jadi pada kesempatan kali ini mengapa saya mengundang tokoh yang luar biasa ini? Bisa anda perhatikan video saya sebelumnya : “5 Level Pengusaha”. Kali ini saya mengundang salah satu tokoh pengusaha level 5. Bagaimana beliau bisa membangun perusahaan sampai bisa menjadi perusahaan go public? Jika kita pelajari kisah hidup beliau, kita akan mengerti mengapa beliau merupakan salah satu narasumber yang tepat untuk kita undang ke channel Success Before 30 ini. Sehingga kita bisa belajar.

Dan kebetulan saya pribadi mempunyai komunitas YES. Komunitas YES ini didukung oleh 3 perusahaan. Perusahaan yang pertama adalah KK Indonesia sebagai supplier produk. Karena anda sebagai pengusaha pemula tentu butuh produk untuk berjualan. Kalau tidak, bagaimana cara anda berdagang? Yang kedua adalah sekolah bisnis. Sekolah bisnis kami bernama KISS. Di sekolah bisnis ini kami akan mendidik anda bagaimana cara untuk menjadi pengusaha yang tangguh, cara marketing/cara berjualan yang benar, menjadi seorang public speaker yang baik, bagaimana membangun tim, bagaimana kepemimpinan yang baik, itu semua ada di sekolah bisnis kami. Dan yang ketiga adalah media SB30 sendiri. Yang mana Success before 30, SB30 channel merupakan media utama kami.

Media utama kami adalah SB30 channel

Kami juga memiliki channel kesehatan. Nanti di tahun 2018 kami akan memiliki beberapa channel baru yang semuanya memiliki tujuan untuk mengedukasi bangsa Indonesia untuk menjadi lebih baik. Dan narasumber kali ini yang kita undang adalah we are welcoming Dato’ DR. Andrew Ho.

C : “Selamat datang Mr. Ho di channel kami..”

Di kesempatan kali ini kita akan sedikit berkenalan dengan beliau. Beliau selaku seorang Managing Director KK Indonesia. Perusahaan pertama yang menjadi partner kami di komunitas YES sebagai supplier produk. Beliau juga sebagai seorang importir, mendirikan perusahaan dari 0 sampai sukses. Kita akan berkenalan dengan kisah hidup beliau.

C : “Mr. Ho, boleh ceritakan sedikit latar belakang Mr. Ho sewaktu muda itu bagaimana? Boleh diceritakan kepada semua subscriber kita?”

H : ”Baik.. Saya dilahirkan di Malaysia pada tahun ’62 di satu keluarga yang sangat sederhana. Dan semenjak sekolah SD, saya sudah mempunyai satu pegangan hidup. Yaitu saya sangat percaya bahwa hanya melalui sistem pendidikan saja, saya bisa mengubah nasib saya. Sebagai syarat dengan melalui sarjana, akan mengubah total hidup saya. Itulah sebabnya saya sangat tekun belajar sampai ke universitas.

Setelah saya berhasil masuk ke universitas yang paling terkenal di Malaysia pada waktu itu, yaitu Universitas Malaya. Saya adalah seorang Sarjana Ekonomi. Di kampus saya juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan militer. Saya juga seorang Letnan Dua. Saya memiliki sertifikatnya. Dan saya berpikir, dengan bekal tersebut sudah cukup untuk memperjuangkan hidup saya.

Pada waktu itu saya masih belum memiliki impian yang sangat besar.

Saya ingin menjadi seorang banker atau menjadi seorang pegawai negeri saja. Tetapi pada waktu itu, kebetulan terjadi krisis ekonomi, sehingga saya tidak mendapatkan pekerjaan. Saya menjadi pengangguran. Saya pernah menjadi guru, saya pernah menjadi salesman, dari pintu ke pintu, dari rumah ke rumah, dari toko ke toko. Bahkan pernah sampai dikejar anjing 2 kali. Saya juga pernah menjadi surveyor untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dan juga saya pernah menjadi wartawan selama 2 tahun. Sewaktu saya menjadi wartawan, gajinya memang sederhana. Tetapi penghasilannya lebih stabil.

Pada waktu itu, saya diberi kesempatan bertemu banyak orang yang sukses di Kuala Lumpur, baik pebisnis maupun politikus. Dan disitulah mulai terbuka wawasan saya. Saya sadar bahwa perbedaan antara orang sukses dan orang gagal adalah :

  1. Mereka mempunyai impian yang besar
  2. Mereka sanggup membayar harganya

Jika anda ingin sukses, maka anda harus bertahan dalam proses menuju puncak kesuksesan. Itulah yang membuka wawasan saya. Dan akhirnya, saya bertemu sebuah bisnis yang dinamakan bisnis MLM. Bisnis inilah yang menjadi peluang saya, yaitu melalui berani bermimpi.

“DARE TO DREAM”

Mulai dari hari itu, saya bermimpi suatu hari nanti saya akan menjadi pengusaha yang sukses. Sebelumnya, saya tidak pernah berpikir begitu karena keluarga saya bukan keluarga pebisnis. Saya hanya berpikir untuk menjadi PNS atau banker saja.

Namun mulai saat itu, saya yakin dan percaya bahwa saya pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses suatu hari nanti. Tentunya melalui proses, belasan tahun jatuh bangun. Dan akhirnya saya berhasil mendirikan KK Indonesia hampir 18 tahun lalu di Jakarta. Dan saat ini sudah ada di 30 provinsi. Saya mempunyai 55 cabang di seluruh Indonesia.

C : “Para subscriber, ini adalah sesuatu yang luar biasa. Sejak 18 tahun yang lalu. Silahkan dilanjutkan..”

H : ”Memang potensi perkembangan di Indonesia itu sangat luar biasa.

Saya selalu mengajarkan anak muda untuk meraih mimpi.

Jangan hanya menjadi pegawai biasa-biasa atau PNS saja karena anda semua mempunyai potensi. Jika kita belajar dari seorang mentor yang siap mengajari dan membimbing kita, kita pasti akan bisa menjadi pengusaha yang sukses, bahkan sukses ketika muda. Success before 30..!”

C : “Terima kasih sekali Mr. Ho atas sharing singkatnya. Dari sini kita bisa perhatikan, para subscriber atau sahabat entrepreneur. Mengapa channel ini didirikan? Karena saya sendiri bisa mengundang tokoh seperti Dato’ DR. Andrew Ho itu sangat langka. Terus terang, di Indonesia sendiri jika kita ingin mengundang narasumber-narasumber yang berkualitas di stasiun media dan sebagainya, mungkin kita jarang mendapatkan kesempatan.

Tetapi pada kesempatan kali ini, kita bisa mendengarkan. Ternyata di balik orang sukses, pasti mempunyai perjalanan hidup yang sangat berliku-liku. Tadi saya menangkap kata-kata dari Mr. Andrew Ho. Beliau berkata bahwa : ‘saya percaya bahwa sistem pendidikan bisa mengubah hidup seseorang’. Kata kunci ini penting sekali. Kita juga perhatikan di Indonesia, sistem pendidikannya tidak menjadikan seseorang sebagai entrepreneur. Tetapi sistem pendidikannya hanya menjadikan seseorang siap menjadi karyawan saja.

Saya tidak bermaksud mendiskreditkan karyawan. Tetapi sistem pendidikannya tidak siap mencetak entrepreneur. Itulah sebabnya saya membangun channel ini. Tujuannya adalah untuk membangkitkan entrepreneur di Indonesia. Dan tokoh-tokoh yang kita undang adalah dengan maksud agar kita bisa seperti beliau. Sama seperti beliau sebelumnya. Yang hanya seorang Sarjana Ekonomi, pernah menjadi wartawan, pernah menjadi salesman, bahkan pernah menjadi seorang surveyor atau peneliti. Tetapi beliau mempunyai impian. Dan itulah yang membuat beliau banting setir menjadi seorang pengusaha.

Memulai perusahaan dari nol, sampai sekarang perusahaannya sangat luar biasa sukses.

Dan hari ini kita bisa lihat KK Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang memiliki aset sampai ratusan miliar, bahkan triliunan Rupiah. Perusahaan ini sangat-sangat besar.

Oleh sebab itu, dari sini yang bisa kita pelajari dari Dato’ DR. Andrew Ho adalah kegigihan beliau, keuletan beliau, serta mental dan mindset beliau yang sangat berbeda dengan orang pada umumnya.  Tetapi, beliau bukan dilahirkan dari keluarga pengusaha. Ini kunci yang paling penting. Beliau sama seperti anak muda pada umumnya. Tetapi impian beliau yang menjadikan KK Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang sangat luar biasa. Ini penting sekali.

Dan ada satu pertanyaan untuk Mr. Andrew Ho. Beliau tadi berbicara tentang mentor. Ternyata mentor itu sangat penting. Kalau boleh tahu,  bagaimana peran mentor itu di dalam kesuksesan anda?”

H : “Memang mentor itu merupakan orang yang sangat penting. Beliau bisa mengarahkan supaya kita tidak jatuh ke lubang yang sama (mengulang kesalahan). Sebuah kesalahan itu biasa.  Jika terulang 2-3 kali, itu baru namanya ‘bodoh’. Dengan adanya mentor, mentor akan menunjukkan jalan yang benar supaya kita lebih tekun dan ia akan menunjukkan blind spot pada kita. Dimana kita tidak tahu titik kebutaan kita. Sehingga akhirnya kita bisa memperbaiki diri dan mempercepat proses kita menuju sukses. Bagi saya mentor itu sangat penting di dalam bisnis supaya kita tidak membuang waktu untuk melakukan hal/kegagalan yang bisa dielakkan (dihindari).”

C : “Ya. Karena seringkali banyak orang ingin menjadi pengusaha, tetapi bingung harus memulai dari mana. Kemudian tidak ada mentor, bangkrut, dan ujung-ujungnya kembali bekerja sebagai karyawan.

Jadi, rupanya mentor itu mempunyai peranan yang sangat penting.

Oleh sebab itu, mungkin salah satunya juga di komunitas YES. Kami disini juga mempunyai recomended mentor.

Oleh sebab itu, saya pun juga tahu, banyak pengusaha pemula yang akhirnya gagal itu gara-gara tidak punya pembimbing. Jangankan pengusaha, menyetir mobil saja jika anda tidak punya pembimbing, anda bisa menabrak orang. Berenang saja jika tidak ada pelatih renang, anda bisa tenggelam. Apalagi bisnis yang liku-likunya lebih rumit daripada hanya menyetir mobil atau berenang. Saya kira begitu ya, Mr. Ho.

Pada kesempatan kali ini, saya juga ingin bercerita sedikit pengalaman saya, sahabat entrepreneur. Bahwa saya juga punya banyak mentor di dalam hidup saya. Saya punya mentor di bidang olahraga, saya punya mentor di dalam dunia fisik. Danjuga punya mentor di dalam dunia bisnis. Dan saya juga punya mentor di dalam dunia bisnis network marketing. Pada kesempatan kali ini, saya juga ingin memperkenalkan salah seorang mentor saya, yaitu Dato’ DR. Andrew Ho.

Saya mengenal beliau sudah hampir lebih dari 20 tahun. Karena itulah saya tahu sosok beliau itu siapa. Saya tidak mungkin sembarangan mengundang narasumber yang tidak berkualitas atau tidak berkompeten ke channel kami. Tetapi ini adalah salah satu kekuatan mentor. Dan rupanya Mr. Andrew Ho sendiri juga menekankan pentingnya mentor. Ngomong-ngomong, Mr. Ho sendiri juga punya mentor atau tidak di dalam bidang kehidupan atau bisnis Mr. Ho?”

H : “Pasti, ada banyak. Di dalam dunia bisnis, saya mempunyai seorang mentor yang paling awal menjalankan bisnis ini. Beliau lah yang berbagi kepada saya tentang jalan yang benar. Mana yang harus dilakukan, mana yang tidak.

Supaya saya tidak jatuh ke kesalahan atau lubang yang pernah mereka alami.

Itulah awal mulanya. Saya sangat berterima kasih karena mentor itulah yang telah mempercepat proses saya menuju kesuksesan saya.”

C : “Boleh disebutkan siapa mentor anda jika anda berkenan? Dan ini juga sebagai rasa terima kasih Mr. Ho karena bisa sukses seperti sekarang tak lepas dari peranan seorang mentor.”

H : “Nama mentor saya adalah Mr. Lau Te Kong. Beliau adalah bos saya pada awal saya berbisnis. Dan beliau telah pensiun dan tinggal di Amerika kurang lebih selama 15 tahun.”

C : “Sampai sekarang masih ada ya orangnya?”

H : “Masih ada..”

C : “Wah luar biasa ya.. Rupanya di balik orang sukses, pasti ada seorang mentor. Jadi para subscriber atau sahabat entrepreneur, anda harus tahu bahwa mentor itu tidak bisa disepelekan. Itu sangat penting. Dan mungkin yang terakhir Mr. Ho, sebagai penutup di wawancara kali ini. Mr. Ho pasti punya visi dalam hidup ini. Ada impian yang pasti ingin Mr. Ho capai. Sejak Mr. Ho membangun perusahaan dari nol sampai sekarang, sampai perusahaannya mencapai skala nasional, bahkan sekarang internasional. Dan cabangnya dari 1 sampai 55 cabang, sampai sekarang di 30 provinsi di Indonesia. Ini bukan hal yang mudah. Dan sekarang, Mr. Ho masih punya impian atau visi apa yang belum dicapai kira-kira dalam waktu dekat? Bisa anda sharing disini?”

H : “Ya. Untuk visi ke depan, saya beri nama visi 2020.

Yaitu saya ingin melatih 1% populasi Indonesia supaya menjadi pengusaha yang sukses di bisnis KK Indonesia.

Itu sekitar 2,5 juta nyawa. Sehingga bisa mempunyai penghasilan yang tinggi, sukses, dan mempunyai mental positif. Dan kami yakin bahwa perencanaan ini jika diizinkan Tuhan, semoga tahun 2020 kami bisa berhasil IPO atau go public.”

C : “Jadi ini kesempatan yang bagus sekali bagi sahabat entrepreneur. Bahwa komunitas YES juga bekerja sama dengan KK Indonesia untuk mensukseskan negara kita mencetak lebih banyak entrepreneur. Dan dari apa yang tadi di’sharing oleh Mr. Andrew Ho bahwa kita sama-sama mendukung. Karena perusahaan ini siap men’support dan mencetak para pengusaha pemula di Indonesia yang tidak punya mentor, tidak punya produk, bahkan terkendala dalam modal. KK Indonesia siap mendukung. Ini kesempatan yang luar biasa. Jadi, manfaatkan kesempatan ini.

Media SB30 sendiri juga siap mendukung agar terciptanya entrepreneur di Indonesia bisa terwujud. Mungkin hanya itu saja Mr. Ho, selain 1% entrepreneur dan go public di tahun 2020 mungkin ada lagi pesan-pesan terakhir yang ingin disampaikan kepada para subscriber?”

H : “Ya. Yaitu, percaya pada diri anda.

– Hidup ini sangat singkat –

Kita mempunyai pilihan untuk menentukan pola kehidupan kita di dunia yang singkat ini. Maka dari itu, jangan memboroskan waktu. Dan gunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk memperjuangkan impian anda. Jika anda siap belajar, maka anda pasti bisa mencapai semua impian yang anda inginkan. Salam sukses luar biasa!!”

C : “Luar biasa sekali.. Kita berikan tepuk tangan. Terima kasih Mr. Andrew Ho hari ini bersedia hadir di channel kami dan bisa menginspirasi generasi muda maupun para subscriber yang hari ini senantiasa menunggu konten-konten yang berkualitas yang kami berikan. Dan semoga inspirasi dari beliau pada kesempatan kali ini bisa memberikan anda gambaran baru, wawasan baru. Bahwa dari seseorang yang zero bisa menjadi seorang hero. Dari seseorang yang biasa-biasa, hari ini bisa memiliki sebuah perusahaan yang begitu luar biasa. Dan pada kesempatan kali ini pula, saya dengan senang sekali bisa menyapa anda.

Semoga apa yang dibagikan disini adalah kesempatan yang sangat baik.

Dan jangan lupa, Dato’ DR. Andrew Ho sendiri juga mempunyai channel YouTube. Jadi anda juga bisa subscribe channel beliau, ada di link deskripsi. Jangan lupa subscribe channel beliau juga. Dan jangan lupa berikan klik like, comment, serta subscribe. Serta ada icon lonceng di kanan bawah, silahkan anda klik. Maka setiap ada notifikasi baru dari video kami setiap Selasa dan Jum’at, notifikasinya akan selalu hadir di layar android/PC anda.

Sukses untuk anda, selalu salam hebat luar biasa..!!

*Baik sahabat entrepreneur, itu saja wawancara saya dengan DR. Andrew Ho. Seorang penulis buku, seorang pengusaha yang sangat sukses, seorang entrepreneur, dan seorang motivator. Tentu apa yang tadi disampaikan itu sangat menarik. Dan kebetulan apa yang disampaikan oleh beliau ada yang berupa buku, yaitu “Rich Without Risk”. Beliau juga menulis lebih dari beberapa puluh buku. Dan saya akan review buku ini di episode selanjutnya. Bila anda ingin pesan bukunya, silahkan klik link deskripsi di bawah untuk pemesanan di admin.

Kali ini saya mengundang salah satu pengusaha level 5 yang sudah membuat perusahaannya go public. Yaitu Dato' DR. Andrew Ho.

Kali ini saya mengundang salah satu pengusaha level 5 yang sudah membuat perusahaannya go public. Yaitu Dato' DR. Andrew Ho.

Kali ini saya mengundang salah satu pengusaha level 5 yang sudah membuat perusahaannya go public. Beliau memulai perusahaan dari nol, sampai sekarang perusahaannya sangat luar biasa sukses. Beliau akan membagikan tips bagaimana agar bisa menjadi kaya. Siapakah beliau? Simaklah video saya berikut ini!