3 Tips Pasti untuk Menghancurkan Bisnis Anda

0
873

3 Tips Pasti untuk Menghancurkan Bisnis Anda

Klik disini untuk melihat di YouTube

Topik saya kali ini adalah : “3 Tips Pasti Untuk Menghancurkan Bisnis Anda”

Baik, biasanya kita akan membahas bagaimana bisnis berkembang, bagaimana bisnis lebih maju tapi kali ini kita akan membahas sebaliknya. Yaitu bagaimana saatnya menghancurkan dinasti bisnis anda. Hari ini kita bicara tentang yang pertama, yaitu anda tidak lagi mempunyai impian , visi, dan goal untuk memajukan bisnis anda. Jadi anda sudah tak mau membuat target baru lagi, anda sudah merasa puas dan anda sudah stagnan. Kita adalah diprogress, target tahun ini dengan target tahun lalu tidak pernah dievaluasi. Dan tahun depan pun tidak ada target yang baru. Kemudian bisnis ini mau diarahkan kemana sudah tidak jelas. Maka saya pastikan berikutnya bisnis anda akan hancur.

Tidak usah tunggu 5 tahun, sepertinya tahun depan pun sudah mulai lesu. Karena orang lain sudah berlomba-lomba untuk membangun bisnisnya lebih maju tapi anda sudah tidak ada lagi goals. Tidak ada lagi target, sudah tidak ada lagi impian. Sehingga dipastikan bisnis anda akan menurun dan akan hilang, itu sudah dipastikan. Jadi itu tips yang pertama. Tips yang kedua adalah anda berusaha menyenangkan semua rekan kerja, mitra kerja, dan customer anda. Itu tak mungkin. Kenapa? Karena yang namanya customer itu tidak ada yang 100% puas.

Hari ini coca cola saja, yang perusahaannya sudah berumur lebih dari puluhan tahun, sampai hari inipun masih ada orang yang complain. Yang gemuk lah, diabetes lah, tapi coca cola tetap bertahan. Dan dia selalu “Always Coca Cola”. Ya ‘kan? Hari ini tetap ada customernya. Tapi ia tak mungkin menyenangkan semua pelanggan. Ada yang partner kerjanya mungkin sudah berhenti, ia beralih ke profesi yang lain. Itu biasa. Anda jangan menjadi sinterklas, menjadi orang baik. Semuanya harus senang dengan anda.

It’s impossible, itu tidak mungkin.

Jadi anda harus tahu. Ada orang yang akan meninggalkan anda, itu biasa. Ada partner kerja yang tidak cocok lagi dengan anda. Ada konsumen atau istilah netizen haters, itu sehat untuk bisnis anda. Kenapa? karena semuanya senang, itu jangan-jangan itu cuma lip services, jangan-jangan itu omong kosong. Karena pasti ada orang yang tidak cocok dan itu biasa. Jadi jangan berusaha menyenangkan semua pelanggan. Itu sesuatu yang tidak mungkin. Itu tips yang kedua.

Tips yang ketiga adalah, anda tidak mau lagi melakukan perubahan. Jadi anda sudah tidak mau lagi melakukan adaptasi. Zaman sekarang orang sudah pakai internet, sudah pakai YouTube. Tapi anda sendiri mungkin masih pakai kamera yang filmnya dicetak. Seperti zaman 20 tahun yang lalu. Orang sudah berbisnis menggunakan social media, tapi anda sendiri masih puas dengan cara konvensional. Ada orang yang sudah memakai delivery system, anda sendiri masih mengantar pribadi. Sekarang orang sudah menuntut kecepatan, orang sudah memakai gojek, mengantar kesana kemari, anda sendiri mungkin masih menunggu, angkutan umum yang menjadi pelanggan anda.

Hari ini bisnis harus berubah. Kalau anda tidak mau melakukan perubahan, akhirnya seperti contoh yang fenomenal ini. Yaitu CEO dari Nokia. Saya sendiri pengguna Nokia hampir 20 tahun. Tapi hari ini akhirnya saya pun tidak menggunakan Nokia lagi. Dan CEO Nokia berkata apa? Perusahaan kami tidak melakukan kesalahan apa-apa. Anda bisa lihat. Ini quotation yang sangat terkenal. Tetapi akhirnya mengapa perusahaan kami akan hilang?

Padahal kami tidak melakukan kesalahan apa-apa. Tapi saya tidak tahu kenapa kami kalah.

Itu kata-kata yang sangat fenomenal. Jawabannya cuma satu, “World change too fast”. Dunia berubah terlalu cepat. Hari ini kalau anda tidak beradaptasi dengan perubahan, bisa dipastikan bisnis anda akan hancur. 1000%, saya berani jamin.

Jadi dari 3 tips ini kalau ingin bisnis anda terus meningkat, tinggal lakukan sebaliknya. Harus punya impian, pastikan pelanggan anda yang tidak puas dikurangi, diperbanyak yang puas. Tapi 100% puas juga tidak mungkin.

Dan yang ketiga selalu jangan pernah mau stagnan. Anda harus selalu beradaptasi dengan perubahan. Semoga tips ini bisa memberikan anda teguran, dan semoga tips ini bisa membuat bisnis anda terus maju. Semoga bisnis anda terus berkembang dan tidak lagi mengalami track menurun atau masuk ke dalam lubang kehancuran. Sukses untuk anda, bagikan artikel ini ke teman-teman anda bila dirasa bermanfaat, dan jangan lupa berlangganan atau subscribe sehingga anda selalu bisa mendapatkan update info dari channel Success before 30.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply