3 Tips Sederhana Namun Powerfull Untuk Mewujudkan Bisnis Startup Sukses

0
348

3 Tips Sederhana Namun Powerfull Untuk Mewujudkan Bisnis Startup Sukses

Setiap orang harus memulai suksesnya di suatu tempat. Apakah dia bekerja untuk perusahaan terbesar atau start-up baru, setiap pengusaha memulai langkah suksesnya pada titik awal.

Apa yang memisahkan kaya dari si miskin, bagaimanapun, adalah jalur yang mereka ambil setelah melangkah dari satu titik. Meskipun banyak jalan menuju kesuksesan, beberapa lebih memilih langsung “meloncat” dan mengalami sedikit rintangan di sepanjang jalan. Tentu saja tidak ada seorang pun yang menjadi orang sukses tanpa menemui beberapa kendala.

Di bawah ini adalah tiga tips yan saya bagikan pada klien saya untuk membantu mereka menavigasi proses startup dan menemukan kesuksesan.

 

1.  Anda harus bermimpi besar dan carilah rute terbaik agar berhasil menjalankannya

Ketika anda merenung untuk membuat loncatan wirausaha, ingatlah hal ini : Anda tidak perlu melakukan lebih banyak usaha untuk bermimpi besar dari usaha yang anda lakukan untuk bermimpi kecil.

Mungkin anda meragukan kemampuan anda untuk membuat hal-hal besar dapat terwujud. Mungkin anda tidak ingin terlihat serakah atau materialistis. Atau anda mungkin merasa bahwa anda tidak layak menjadi seorang pengusaha. Apapun alasannya, anda tidak boleh mendengarkan suara di kepala anda yang memberitahu anda untuk bermain aman dan tidak bermimpi besar.

Klien saya yang paling sukses telah mengembangkan kemampuan untuk menghentikan suara tersebut dan menggantinya dengan dialog batin berdasarkan visi “apa yang bisa anda lakukan”.

Mereka memiliki kebiasaan bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa melakukannya?”

Ketika orang lain berkata, “Anda tidak bisa melakukan itu.” Mereka melihat peluang yang tidak dilihat oleh orang lain. Sementara yang lain mungkin cepat menunjukkan mengapa visi mereka tidak akan bekerja, mereka memiliki dorongan untuk membuktikan bahwa apa yang orang lain katakan itu salah.

Sekarang, dengan mimpi besar yang memotivasi anda, sangat mudah untuk mewujudkan semua impian anda. Namun, sebelum anda keluar dari pekerjaan anda, kembangkan rencana rinci untuk bisnis anda.

Sebagian besar pengusaha yang visioner mencoba dengan setiran yang tepat untuk memulai sebuah proyek bisnis. Tapi mereka mudah bosan dan cepat beralih ke proyek berikutnya. Dengan membuat rencana rinci untuk impian anda, anda akan belajar untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri dan akuntabilitas yang membawa kemajuan. Tanpa rencana, mimpi besar anda hanyalah mimpi sehari. Dengan rencana yang matang, iimpian anda akan menjadi kenyataan.

2.  Identifikasi prioritas anda, tetapi harus tetap fleksibel.

Ketika anda menempatkan rencana anda secara bersamaan, anda akan merasa jelas apa tugas yang paling menyumbang untuk keberhasilan bisnis anda. Ini adalah tugas yang harus dikejar tanpa henti.

Salah satu alasan pengusaha gagal adalah bahwa mereka gagal untuk benar-benar memprioritaskan pekerjaan mereka. Dengan memisahkan yang baik dari yang terbaik, anda dapat fokus terhadap bisnis yang anda jalankan saat ini.

Ketika anda mulai membangun bisnis anda, luangkan waktu untuk mengidentifikasi bagian penting dari bisnis yang akan mempertahankan usaha anda dan memberikan arus kas yang diperlukan.

Anda juga harus menyadari bahwa apabila anda tidak memprioritaskan dengan benar, anda sebenarnya sedang menjalankan resiko terlalu banyak dan melakukan sesuatu yang percuma. Setiap usaha memiliki bagian penting yang menciptakan hasil kesuksesan. Hasil ini adalah ketika anda lebih fokus pada tugas-tugas dukungan dari orang-orang penting, bahwa anda mulai menunjukkan karya terbaik anda.

Cobalah merancang kemasan eye-catching untuk produk anda, misalnya. Hal ini dapat membantu anda menjadi yang terdepan di dalam kompetisi. Tetapi jika anda justru mengabaikan kerja keras yang diperlukan agar produk anda tampil di rak-rak pada mall ternama, semua usaha anda akan sia-sia.

3.  Fail fast and fail often, cepat gagal dan sering gagal.

Sebagian besar pengusaha tidak ingin mengambil risiko yang merugikan, sehingga mereka pasti masih bermain “aman” pada pekerjaan yang dimulai jam 9-to-5. Namun, untuk menjadi orang sukses, anda perlu bereksperimen dan mengambil peluang yang mungkin “menakut-nakuti” anda pada awalnya.

Jika anda membaca ini dengan harapan tidak membuat kesalahan, maka anda sudah membuat satu kesalahan pertama anda. Jangan melihat kesalahan sebagai sesuatu yang harus dihindari. Tetapi anggaplah kesempatan sebagai kesempatan belajar yang unik disesuaikan dengan kebutuhan anda, keadaan anda dan bisnis anda.

Semakin anda dapat belajar dengan cepat, semakin anda dapat memperpendek kurva belajar anda dan menempatkan diri dalam posisi yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda.

Dengan mengadopsi pola pikir “Fail fast and fail often,” anda akan mulai memanfaatkan kekuatan iterasi, yaitu proses mengulangi dan menyempurnakan proses dalam rangka memenuhi tujuan.

Tujuan utama bisnis anda adalah untuk tetap hidup dan akhirnya berkembang. Dalam rangka untuk mencapai tujuan ini, anda harus iterasi sampai anda menemukan “terobosan” yang membuat bisnis anda mandiri.

Ketika anda memulai sebuah bisnis, kecepatan sangat penting untuk segera mencapai keberhasilan. Lebih cepat anda dapat menjalankan eksperimen dan semakin cepat Anda dapat beriterasi, maka semakin banyak kesempatan anda memberikan diri anda untuk menjadi pemenang.

Itu adalah bukti bahwa dengan berkompetisi dan menjadi pemenang dapat membantu bisnis anda semakin besar. Hal ini memungkinkan anda untuk mewujudkan impian besar anda.

Jadi, jangan takut membuat kesalahan. Anda harus mencoba, membuat kesalahan, belajar dan mencoba lagi. Jika anda mencoba, melakukan kesalahan dan menyerah, anda tidak akan pernah sukses.

Salam hebat luar biasa !!

 

Leave a Reply