4 Alasan Mengapa Anda Kehilangan Motivasi Kerja

0
307

4 Alasan Mengapa Anda Kehilangan Motivasi Kerja

Tahukah anda, bahwa jumlah orang Amerika yang mencintai pekerjaan mereka semakin berkurang? Penelitian menunjukkan bahwa hanya 30% dari pekerja di Amerika Serikat yang merasa benar-benar terlibat dan terinspirasi oleh karir mereka.

48% orang mengatakan bahwa mereka bahkan tidak suka pada pekerjaan mereka. Dan 18% orang mengatakan bahwa mereka secara aktif terlepas di kantor karena mereka membenci apa yang mereka kerjakan. Berdasarkan statistik ini, anda mungkin berpikir karyawan yang merasa tidak bahagia hanya akan keluar dan mencari pekerjaan yang berbeda.

Namun, solusi ini hanya sesuai untuk sebagian kecil dari banyak karyawan yang tidak puas dalam lingkungan kerjanya. Pada kenyataannya, mayoritas karyawan harus menemukan apa yang membuat mereka kehilangan motivasi atas pekerjaan mereka dan membuat perubahan yang sesuai.

Dimulai dengan mengidentifikasi penyebab motivasi anda hilang. Karyawan yang tidak termotivasi 10 kali lebih mungkin untuk menjadi tidak puas dan frustrasi dengan pekerjaan mereka.

Jika hal ini berlaku untuk anda, berikut adalah 4 alasan mengapa anda kehilangan motivasi dan bagaimana cara agar anda dapat memperbaikinya :

1. Anda merasa tidak aman di dalam pekerjaan anda

Apakah anda merasa bahwa perusahaan tempat anda bekerja akan ‘gulung tikar’? Ataukah anda merasa seolah-olah bos anda terus-menerus mengawasi anda? Rasa ketidakamanan dalam bekerja dapat mengambil semua perasaan senang dan nyaman dalam bekerja.

girl-1064659_960_720Energi anda akan dikeluarkan ke dalam sirkulasi rumor dengan rekan kerja. Anda menjadi berkeringat lebih dan stress karena kunjungan ke kantor bos anda, dan akhirnya anda gagal untuk berkonsentrasi penuh pada tugas-tugas anda.

Solusi: Berkomunikasilah secara langsung dan sering dengan atasan anda untuk mengetahui keadaan pekerjaan anda dan perusahaan. Jika anda mengetahui apa yang akan terjadi, anda lebih mungkin untuk bekerja dengan rasa aman. Bahkan jika anda harus mencari pekerjaan sampingan atau mencari pekerjaan lain.

“Saya tidak percaya bahwa anda harus lebih baik dari orang lain. Saya hanya percaya bahwa esok anda harus lebih baik daripada yang bisa anda lakukan saat ini“-. Ken Venturi

 

2. Tidak ada visi untuk mengontrol pilihan karir anda

Sebanyak apapun kita bekerja demi uang, uang benar-benar hanya merupakan sebagian kecil dari motivasi kebanyakan pekerja. Seringkali, orang terinspirasi untuk bekerja keras karena mereka memiliki tujuan. Dan mereka memiliki visi yang membawa mereka lebih dekat dengan kesuksesan.

board-751991_960_720Orang ingin merasa bahwa mereka maju menuju sesuatu yang lebih besar dan lebih baik dalam hidup mereka. Atau mereka akan mulai merasa bosan dengan apa yang mereka kerjakan.

Solusi: Tetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk diri anda sendiri dan periksa tujuan tersebut secara teratur setiap hari. Tujuan anda mungkin termasuk peningkatan kinerja di kantor atau perubahan dalam kehidupan pribadi anda. Tujuan seperti inilah yang menggerakkan anda lebih dekat dengan lebih bahagia, yang membuat anda lebih bersemangat dalam bekerja.

3. Orang-orang yang bertanggung jawab tampaknya tidak tahu apa yang mereka lakukan

Ketika anda percaya pemilik perusahaan atau manajer anda tidak kompeten, anda kehilangan kepercayaan pada mereka. Sulit untuk melakukan pekerjaan anda dengan kekuatan penuh, dan sangat mudah bagi anda untuk merasa seperti kerja adalah lelucon, ketika anda berada dalam situasi seperti itu.

baby-432665_960_720Solusi: Terkecuali jika bos anda mendekati anda untuk meminta saran tentang bagaimana cara untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinannya, anda mungkin tidak harus menawarkan rekomendasi tentang bagaimana cara agar bos anda dapat meningkatkan keahliannya dalam memimpin. Pada saat ini,mungkin lebih baik anda mencari pekerjaan dengan atasan yang memiliki jiwa kepemimpinan lebih baik dari tempat anda bekerja saat ini.

4. rekan kerja anda yang tidak menyenangkan

gTerkadang seberapa besar gaji dan jenis pekerjaan anda itu tidak penting ,asalkan anda memiliki banyak rekan kerja. Orang-orang yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu seringnya adalah faktor pembuat anda ‘betah’ bekerja di perusahaan tersebut. Bahkan dapat menjadi faktor perusak ketika pekerjaan anda dapat ditoleransi, atau bahkan bermanfaat. Ketika anda terjebak di antara rekan-rekan yang tidak menyenangkan, sulit untuk anda tetap merasa termotivasi untuk melakukan pekerjaan secara produktif.

Solusi: Jika anda tidak menyukai pekerjaan atau gaji yang anda terima, mungkin sudah saatnya untuk mencari pekerjaan lain. Jika anda menyukai pekerjaan anda dan tidak ingin meninggalkannya hanya karena beberapa orang membuat anda merasa tidak nyaman, ubah sikap anda atau bekerjalah tanpa mencoba mebuat konflik di dalam kantor.

“Kita tidak bisa berubah menjadi apa yang kita inginkan jika kita tetap menjadi diri kita saat ini.”  Oprah Winfrey

 

Hasil dari usaha anda memang tidak akan selalu pasti seperti yang anda inginkan, akan tetapi usaha itu layak dicoba untuk menjaga pekerjaan yang anda cintai.

Apakah ada beberapa alasan lain yang mungkin membuat anda kehilangan motivasi di tempat kerja? Silahkan berbagi isi pikiran anda pada kolom komentar di bawah ini!

 

Leave a Reply