4 Cara Mengubah Mindset

Bisakah saya mengubah pola pikir saya yang sudah tertanam puluhan tahun? Pada topik kali ini saya akan membahas tentang : "4 Cara Mengubah Mindset".

0
1184

4 Cara Mengubah Mindset

Klik Disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa !!

Pada topik kali ini saya akan membahas tentang : “4 Cara Mengubah Mindset”.

Baik, jadi tentu anda sudah menonton video-video saya sebelumnya. Di dalam video saya sebelumnya, saya sering menyentuh kata”mindset,mindset, dan mindset. Pola pikir, pola pikir, dan pola pikir. Sekarang pertanyaan saya adalah, bisakah saya mengubah pola pikir saya? Bisakah saya ini berubah? Bisakah saya ini mengubah pola pikir saya yang sudah tertanam puluhan tahun?

Saya katakan, BISA. Kuncinya satu, mulai saat ini anda harus mengubah isi pikiran bawah sadar anda. Itu jawabannya. Mengubah informasi di pikiran bawah sadar anda. Karena mindset itu sangat ditentukan oleh pikiran bawah sadar anda.

Jadi bicara tentang subconscious mind atau pikiran bawah sadar, ada 4 cara untuk mengubah informasi dalam pikiran bawah sadar anda. Yang pertama adalah, hari ini pikiran bawah sadar anda diprogram darimana? Salah satunya adalah INFORMASI yang anda baca. Itu nomor satu. Jadi, selama satu hari ini anda membaca apa?

Anda membaca koran, berita gossip, kemudian anda menonton berita-berita yang sifatnya negatif, maka itulah isi dari pikiran bawah sadar anda. Jadi, bagaimana anda mau mendapatkan pernikahan yang bahagia kalau setiap hari anda melihat berita gossip rumah tangga orang lain miring, rumah tangga orang lain berantakan.

Saya tidak pernah menemukan pernikahan seseorang yang bahagia, tetapi ketika saya bertanya pada orang tersebut, “Apakah definisi pernikahan yang bahagia?” Tidak ada. Karena bagi dia, pernikahan itu adalah sesuatu yang pasti berantakan. Karena dia melihat orang tuanya bercerai. Dia melihat lingkungannya, tetangga kiri kanan semua bercerai. Maka definisi  dalam pikiran bawah sadarnya, adalah bahwa semua pernikahan pasti gagal. Karena dia tidak punya informasi yang lain di pikiran bawah sadarnya.

Padahal, adakah pernikahan bahagia? Banyak sekali.

Adakah pernikahan yang sukses? Banyak sekali.

Tetapi karena dia tidak mendapatkan informasi itu, maka dia mendefinisikan bahwa semua pernikahan pasti tidak berakhir bahagia. Ini salah satu contoh tentang masalah pernikahan. Begitu juga kalau dia seorang wanita, dia merasa saya pasti disakiti oleh pria. Pria saya pasti menyakiti saya.

Kenapa seperti itu? Karena sejak kecil dia mendapatkan informasi bahwa semua pria itu brengsek. Contohnya seperti itu. Semua pria itu tidak baik. Padahal, apakah pria baik banyak? Banyak. Pria yang bertanggung jawab? Banyak. Pria yang mencintai istrinya? Banyak sekali. Tetapi informasi yang didapatkan tidak ada. Sehingga dia merasa dirinya selalu disakiti.

Itulah informasi pikiran bawah sadar. Jadi hati-hati. Hari ini, apapun yang menjadi definisi anda di pikiran bawah sadar akan sangat menentukan mindset anda. Itu yang pertama. Jadi mulai dari sekarang, kurangi menonton informasi yang sifatnya negatif. Karena berita-berita itu mengejar traffic. Berita media itu yang penting mengejar jumlah pembaca dan jumlah penonton. Dan mereka tidak peduli dengan yang namanya konten negatif atau positif.

Kalau konten negatif bisa menaikkan traffic, maka media itu akan dikejar orang. Dan biasanya, prinsip dari media adalah :

“Bad news is a good news”.

Berita yang buruk adalah berita yang baik. Kenapa? Karena berita yang jelek dapat menaikkan traffic, menaikkan jumlah penonton. Itulah mengapa berita gossip selalu ramai. Berita rumah tangga orang lain itu ramai. Kenapa hal itu yang selalu diberitakan? Karena itu tadi, bad news is a good news. 

Saya sendiri hampir tidak pernah menonton acara seperti itu. Karena apa? Karena saya tidak mau mengotori isi pikiran bawah sadar saya. Isi pikiran bawah sadar saya adalah bahwa pernikahan itu seharusnya bahagia. Hidup itu harusnya sukses. Hidup harusnya sehat. Informasi kata-kata seperti ini selalu saya program di dalam pikiran bawah sadar saya, sehingga saya akan mendapatkan apa isi pikiran bawah sadar saya.

Itu yang pertama. Jadi mulai sekarang hati-hati dengan media. Yang kedua, FIGUR. Apa yang dimaksud dengan figur? Jadi begini, sejak kecil figur yang anda anggap punya otoritas itu siapa? Contohnya mungkin guru. atau siapa saja mungkin. Guru agama atau orang tua. Figur itu sangat menentukan isi pikiran bawah sadar anda. Jadi kalau anda merasa bahwa ketika saya hari ini ingin memiliki suatu usaha yang sukses, anda tidak punya figur/tokoh pengusaha yang sukses. Jadi ketika anda mau memulai berwirausaha, anda gagal. Karena apa? Tidak ada figur pengusaha sukses.

Di video “3 jenis teman” yang sudah saya bahas sebelumnya, ada yang namanya mentor friend. Anda tidak punya mentor friend untuk menjadi tokoh pengusaha. Sehingga isi pikiran bawah sadar anda, yang ada mungkin adalah apa yang anda pelajari sejak kecil. Jika anda sejak kecil hanya belajar agama, yang anda tahu hanya seputar agama. Ketika saya membahas tentang wirausaha, entrepreneurship, kesuksesan karir, anda mungkin bingung. Kenapa? Karena anda tidak mendapatkan informasi seperti itu sejak kecil. Karena apa? Tidak ada figurnya.

Jadi kalau anda mau memulai wirausaha untuk sukses, menurut saya tidak mudah. Karena apa? Anda tidak punya figurnya. Mungkin setelah anda menonton channel ini anda berpikir, “Saya menemukan sosok figur. Tokoh pengusaha yang sukses, tokoh pengusaha yang berhasil. Tapi tidak cukup dengan mengubah isi puluhan, yang mana di dalam pikiran bawah sadar anda tidak ada figur. Figur itu sangat menentukan.

Terutama kalau figur anda mengatakan, “Sudahlah, hidup itu jangan cuma mengejar dunia. Hidup itu yang penting mengejar akhirat”. Kalau figur anda mengatakan seperti itu, maka percaya pada saya, jika anda ingin menjadi sukses dalam dunia karir, itu sangat berat. Karena apa? Karena isi pikiran bawah sadar anda adalah “tidak perlu mengejar kesuksesan. Padahal hari ini saya ingin bertanya pada anda, adakah orang yang sukses, kaya secara duniawi, tetapi dia juga sukses beribadah, sukses di agamanya. Banyak. Banyak sekali.

Banyak pengusaha sukses, mereka itu sangat taat beribadah. Mereka orang yang baik. Mereka bahkan membangun banyak tempat ibadah. Mereka bahkan membangun banyak yayasan sosial. Mereka bahkan banyak memberikan sumbangan untuk anak yatim piatu dan sebagainya. Kenapa itu tidak pernah diberitakan? Karena figurnya tidak ada. Yang ada adalah, orang sukses itu tidak usah berkarir, tidak usah punya usaha. Menurut saya itu sangat keliru. Jadi ini yang perlu anda ketahui.

Figur itu sangat penting. Oleh sebab itu, siapa figur anda? Jadi orang yang sukses secara duniawi dan sukses secara akhirat itu banyak. Anda bisa cari tokoh di Google, ada banyak sekali. Informasi seperti itulah yang harus anda kejar. Supaya anda mengisi isi pikiran bawah sadar anda dengan baik.

Yang ketiga adalah AFIRMASI, atau auto suggestion. Di video saya “3 Kebiasaan Kecil yang Dapat Membuat Anda Sukses Setiap Hari” ada 3 kalimat afirmasi, yaitu :

Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa”.

3 kalimat ini pasti saya afirmasi setiap hari. Karena apa? Bagaimana anda mau mencintai orang lain, bagaimana anda mau dicintai orang lain kalau anda tidak mencintai diri anda sendiri? Omong kosong. Saya beri contoh, apakah anda bisa memberikan orang yang lapar kalau anda sendiri kelaparan? Saya tidak pernah dengar ceritanya orang yang kelaparan masih mau berbagi makanan. Kalaupun iya, nantinya dia akan mati. Anda harus kenyang, baru anda bisa memberi makan orang yang kelaparan.

Jadi intinya, afirmasi itu sangat penting. Saya cinta diri saya. Baru anda bisa maju. Saya sangat bahagia, bagaimana anda mau membahagiakan orang lain sementara anda belum bahagia? Dan yang terakhir, saya pasti bisa. Bagaimana anda merasa “bisa” kalau anda belum bisa? Afirmasi ini penting. Afirmasi ini sebisa mungkin adalah kalimat yang positif. Harus pengulangan.

Dan yang keempat adalah LAGU. Bicara tentang lagu, lagu itu berbahaya, sahabat entrepreneur. Kenapa? Karena lagu adalah sesuatu yang dinyanyikan setiap hari. Saya tidak mau menyindir artis siapa atau penyanyi siapa, tetapi isi hidupnya itu tidak jauh dengan isi lagunya. Pasti. Coba anda perhatikan penyanyi-penyanyi top terkenal. Isi lagunya pasti tidak jauh dengan kualitas kehidupannya.

“Kemana,kemana,kemanaa.. Aku harus kemana?” Alamat Palsu dan sebagainya. Anda lihat kehidupannya juga tidak jauh beda. Karena itu, hati-hati. Saya tidak mau menyindir siapa artisnya, tetapi yang terpenting adalah hati-hati dengan lagu yang anda nyanyikan. Kalau saya pasti akan memilih lagu yang positif. Saya akan memilih lagu yang : Satu, yaitu lagu-lagu yang dinyanyikan di Olimpiade. The Power of The Dream, contohnya. Atau lagu-lagu yang dinyanyikan di PON atau di SEA Games. Itu adalah lagu-lagu penyemangat. Lagu-lagu yang sangat positif. Lagu-lagu yang seperti itu yang akan memprogram pikiran bawah sadar kita. Lagu-lagu tersebut akan menentukan cara berpikir kita.

Demikian sahabat entrepreneur tips kali ini. Semoga keempat tips ini bisa mengubah cara berpikir/mindset anda, dengan mengubah informasi di pikiran bawah sadar anda.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply