4 Pertanda Anda Masih Di Zona Nyaman Anda

0
1355

4 Pertanda Anda Masih Di Zona Nyaman Anda

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Kali ini kita berjumpa lagi di sebuah episode yang sangat berhubungan dengan mengapa hidup anda stagnan, mengapa bisnis anda stagnan, mengapa prestasi anda stagnan, dan mengapa karir anda stagnan? Pasti ada sebuah masalah. Disini saya akan membahas tentang : “4 Pertanda Anda Masih Di Zona Nyaman Anda“.

Jadi, kali ini saya akan membahas tentang ‘mengapa anda masih stagnan?‘ Salah satu penyebabnya adalah : ANDA TERJEBAK DI ZONA NYAMAN. Tetapi anda sendiri tidak sadar bahwa anda terjebak di zona nyaman. Banyak orang yang mengatakan, “zona nyaman itu apa sih?

Zona nyaman adalah sesuatu yang sudah anda lakukan secara otomatis. Tanpa anda harus berpikir lebih, tanpa anda harus menguras otak/pikiran anda. Tetapi sadarkah anda, bahwa zona nyaman itu merupakan suatu zona yang pasti “MAJU TIDAK, MUNDUR IYA..”. Jadi zona nyaman adalah zona yang berbahaya. Dan banyak orang yang tidak sadar dengan tanda-tanda mereka sudah masuk ke zona nyaman.

Tanda-tanda atau ciri khasnya yang pertama adalah :

1. Hanya percaya pada pengalaman diri sendiri

Bicara tentang percaya pada pengalaman diri sendiri itu tidak salah. Misalkan anda pernah membangun suatu bisnis. Omzetnya dalam sebulan mungkin 100 juta Rupiah. Tetapi itu adalah di satu era dimana “keberhasilan tercapai” ketika anda menjalankannya. Dan anda membangun itu berapa lama?

Anda mungkin membangun bisnis tersebut dalam waktu 5 tahun. Anda memang punya pengalaman, anda memang punya suatu prestasi. Tetapi saya ingatkan :

  • Tidak ada bisnis yang tidak berubah
  •  Tidak ada prestasi yang tidak berubah
  •  Tidak ada suatu metode yang tidak berubah

Bahkan sekarang pertandingan olahraga di dunia saja, setiap orang tidak cukup jika hanya mengandalkan latihan. Tetapi mereka harus memperbaiki nutrisinya. Dan bahkan sekarang alat-alat olahraga teknologinya sudah menggunakan sport science dan sebagainya. Semua atlet-atlet di dunia sudah menggunakannya. Kalau tidak, mereka akan tertinggal.

Tidak ada kemenangan yang abadi dan tidak ada kekalahan yang abadi. Tidak ada kesuksesan yang abadi dan tidak ada kegagalan yang abadi. Anda harus ingat itu. Jadi kalau anda merasa bahwa anda yang paling pintar, paling paham, dan anda hanya percaya pada kemampuan diri sendiri, maka berhati-hatilah. Inilah salah satu pertanda bahwa anda sedang berada di zona nyaman.

Anda enggan untuk belajar. Anda sudah merasa bahwa diri anda yang terbaik. Dan anda enggan membuka wawasan. Bahkan anda enggan menimba ilmu baru. Anda enggan untuk memperluas cakrawala berpikir anda. Inilah yang menandakan bahwa anda sedang ‘terjebak’, namun anda tidak sadar. Inilah  tanda-tanda yang pertama.

 

2. Anda tidak berani berinvestasi lebih

Tanda-tanda yang kedua adalah anda tidak berani berinvestasi lebih. Jadi contohnya, misalkan kantor anda membutuhkan teknologi baru. Anda pasti mengeluarkan sedikit profit keuntungan dari usaha anda untuk berinvestasi lebih. Karena mungkin dengan berinvestasi alat ini, bisnis anda akan semakin cepat berkembang dan menghemat waktu.

Jika dahulu anda mencetak brosur masih menggunakan cat sablon, sekarang anda sudah menggunakan digital printing. Anda harus berani investasi lebih. Kalau anda mungkin bekerja di bidang bisnis yang harus mencari prospek, maka anda harus berinvestasi lebih. Contohnya untuk pengembangan diri. Misalkan, anda butuh kuota internet lebih untuk belajar seperti video yang ada di channel YouTube ini. Video seperti ini akan membuka wawasan anda. Contoh lain yaitu ikut seminar atau bertemu dengan penulis buku.

Itulah salah satu ciri-ciri orang yang mau berinvestasi lebih. Misalkan membuka cabang, menyewa konsultan, atau menyewa seorang coach. Itu semua butuh investasi lebih. Kalau tidak, maka perusahaan anda makin sukses tidak, namun hancur itu pasti. Jadi anda harus belajar bahwa dunia itu setiap saat bisa berubah.

Manusia itu selalu bertumbuh. Kalau anda hari ini hanya belajar dari pengalaman anda sendiri, mengaca dari pelajaran anda sendiri 10 tahun-20 tahun yang lalu, maka anda akan dilindas oleh perubahan. Itu sudah pasti. Jadi,anda harus LEARN TO INVEST MORE. Belajarlah untuk investasi lebih.

 

3. Melakukan rutinitas tanpa evaluasi

Ciri yang ketiga, yaitu melakukan rutinitas tanpa evaluasi. Sadarkah anda bahwa seseorang yang terjebak di zona nyaman, ia mempunyai suatu tanda. Rutinitasnya monoton. Pergi ke kantor – pulang ke rumah. Begitu terus setiap hari. Pergi kerja – pulang kerja, pergi kerja – pulang kerja. Atau jika mencari prospek, kegiatannya setiap hari hanya mondar mandir.

Tetapi, pernahkah anda melakukan evaluasi? Evaluasi seperti : “Apakah pekerjaan anda efektif?”. Terkadang orang tidak merasa bahwa pekerjaannya tidak efektif dan tidak efisien. Contohnya, anda menganalisa performa bisnis anda. Ketika anda menganalisa performa bisnis anda, bisnis anda cenderung tidak meningkat, tetapi stagnan. Anda tidak sadar bahwa itu adalah ciri-ciri atau pertanda bahwa anda ini sedang terjebak di sebuah rutinitas yang mungkin sudah anda lakukan bertahun-tahun. Tetapi anda tidak melakukan suatu evaluasi, mengapa rutinitas ini tidak cukup?

Konsisten itu KEHARUSAN. Tetapi konsisten saja tidak cukup dengan hanya melakukan rutinitas. Anda juga harus KONSISTEN BELAJAR. Anda harus KONSISTEN MENAMBAH ILMU. Konsisten belajar dari orang yang lebih sukses. Itulah yang akan membuat ‘your business will growing up everyday‘. Jadi bisnis anda akan bertumbuh setiap hari.

Sama juga dengan misalkan anda hari ini sudah menjadi yang terbaik di kelas Kecamatan. Maka anda harus belajar dari orang yang terbaik di kelas Kabupaten. Juga di kelas Provinsi dan Nasional. Bahkan di kawasan Asia serta dunia. Belajar itu tidak pernah cukup. Jika anda merasa paling hebat se-Kecamatan, maka itu adalah tanda-tanda anda masuk di zona nyaman. Rutinitas anda, pekerjaan anda, dan prestasi yang anda lakukan memang sudah cukup membuat anda menjadi juara Kecamatan. Tetapi itu tidak cukup untuk membuat anda menjadi juara Provinsi.

Saya tahu rutinitas dan cara berlatih anda bagus

Misalkan anda ingin menjadi penyanyi. Suara anda mungkin merdu. Tetapi kalau anda ingin menjadi penyanyi yang hebat, tidak cukup hanya dengan suara merdu. Anda harus berlatih olah vokal, harus pakai suara perut, dan harus belajar dari penyanyi yang terbaik. Bukan hanya modal ‘cantik doang’. Orang yang cantik dengan suara merdu itu banyak. Tetapi mengapa dia bisa menjadi penyanyi legendaris? YOU MUST LEARN FROM THE BEST. Anda harus belajar dari yang terbaik. Jadi hal itulah yang membuat rutinitas anda harus selalu ada evaluasi.

 

4. Suka menyalahkan orang lain daripada memperbaiki diri sendiri

Dan yang keempat adalah suka menyalahkan orang lain daripada memperbaiki diri sendiri. Ini bahaya sekali, fatal. Orang-orang yang seperti ini, mereka sudah jelas bukan lagi tanda masuk zona nyaman. Tetapi sudah jelas dia terjebak di dalam mindset yang keliru. Bahkan orang-orang yang seperti ini sudah kebal terhadap kritikan. Dia tidak mau lagi menerima kritik dan saran.

Bahkan jika dikritik dia bukannya berterima kasih, namun dia justru marah. “Anda tahu apa? Anda tidak tahu apa-apa, anda masih bau kencur, anda masih anak kemarin sore”. Saya ingin berpesan kepada anda yang punya cara berpikir seperti ini. Berapapun usia anda, berapapun rambut putih yang anda miliki, itu tidak menjamin kesuksesan anda di zaman sekarang. Saya tahu bahwa kata-kata saya ini tidak enak didengar.

Orang yang sudah sukses dengan usia 40,50, sampai 60 tahun tidak akan seperti itu. Kemarin salah seorang murid saya memiliki sebuah toko yang sukses selama 40 tahun. Toko yang paling ramai di daerahnya. Tetapi si pemilik toko tidak mau berbenah dan mengubah tokonya. Dan akhirnya, toko ini tergilas oleh zaman. Tergilas oleh arus informasi, arus teknologi, arus distribusi yang sekarang lebih mudah, dan teknologi yang sekarang jauh lebih maju. Jadi toko ini terjebak di zona nyaman. Saya dengar informasi belakangan ini, akhirnya toko tersebut bangkrut. Padahal dia sudah bertahan selama 40 tahun.

No matter how long you still in that industry. Tidak peduli berapa lama anda berada di industri tersebut, if you don’t want to change your strategy, you must learn for new strategy.

You must learn from new young people.

Anda harus belajar dari strategi yang baru, belajar dari teknologi yang baru, dan belajar dari orang yang lebih muda. Mereka yang hari ini mendapatkan informasi jauh lebih cepat daripada di zaman anda. Itulah pertanda anda akan terus maju. Kalau  tidak, itu artinya bisnis anda sedang dalam masalah. Performa anda sedang dalam masalah. Karir anda sedang dalam masalah. Dan apapun yang anda kerjakan sekarang sedang dalam masalah.

Oleh sebab itu, pesan saya adalah hati-hati jika anda mempunyai tanda-tanda seperti ini. Saya mengingatkan anda supaya anda jangan sampai terjebak di suatu zona, yaitu ZONA NYAMAN. Tanda-tanda inilah yang harus segera anda sadari. Jika tidak, anda akan terjebak dan secara tiba-tiba bisnis anda collapse. Tiba-tiba usaha anda hancur.

Saya tidak mengharapkan itu. Tetapi kalau anda tidak mau peduli dengan tanda-tanda tersebut, jangan-jangan bisnis anda akan masuk dalam daftar perusahaan bangkrut berikutnya? Daftar usaha yang akan hilang berikutnya. Saya tidak ingin itu terjadi. Begitu juga untuk apapun bisnis yang anda kerjakan sekarang dan apapun karir yang anda kerjakan sekarang.

Sahabat entrepreneur, sekian tips saya kali ini. Semoga anda bisa memperbaiki tanda-tanda tersebut. Jangan sampai anda terjebak. Dan bila anda sadar karena video ini selamat, congratulations..! Cepatlah berbenah, cepatlah maju. Niscaya apapun yang anda kerjakan akan selamat, bahkan bisa mencapai prestasi yang jauh lebih baik.

Bila anda menyukai video seperti ini jangan lupa klik like. Komentar-komentar yang positif akan saya tunggu dan jangan lupa subscribe. Ada 2 video disini semoga bisa menambah wawasan anda. Yang terakhir, jangan lupa klik pada icon lonceng di kanan bawah. Maka setiap ada video baru, anda akan mendapatkan notifikasi di layar android ataupun layar komputer anda. Sukses untuk anda, sekian tips saya kali ini, salam hebat luar biasa..!!

 

4 tanda anda masih berada di zona nyaman anda adalah berikut ini :

4 tanda anda masih berada di zona nyaman anda adalah berikut ini :

Jadi, kali ini saya akan membahas tentang 'mengapa anda masih stagnan?' Salah satu penyebabnya adalah : ANDA TERJEBAK DI ZONA NYAMAN. 4 tanda anda masih berada di zona nyaman anda adalah berikut ini :

Leave a Reply