5 Alasan Ini Membuktikan Sesekali Kamu Memang Perlu Menjadi Jahat

0
462

Jangan salah sangkah dulu, yah. Terlihat jahat disini bukan berarti kamu harus membunuh, lho …

Agar Kamu Tidak Mudah Di Manfaatkan

Kamu tahu apa yang terjadi pada seseorang yang terlalu berbaik hati? Yah, mereka dimanfaatkan. Kebaikan hatimu bisa saja menjadi sasaran bagi beberapa orang untuk mendapatkan keinginan mereka. Kamu mungkin tak menyadarinya, sebab kamu menganggap itu sebagai suatu kebaikan.

Well, hubungan yang baik biasanya saling menguntungkan. Jika kebaikan hatimu selalu dirugikan, artinya selama ini kamu hanya dimanfaatkan. Mulai, sekarang harus lebih berhati-hati, yah.

Agar Mereka Tak Berani Menyakitimu

Orang jahat cenderung menyerang orang baik. Mungkin karena orang tersebut, baik? Entahlah. Untuk beberapa orang, kebaikanmu bisa dilihat sebagai bentuk kelemahan. Merekapun bisa berbuat seenaknya padamu. Mereka lupa bahwa kamu pun manusia yang butuh untuk dihormati. Oleh sebab itu, sesekali terlihat jahat bukan hal yang salah, kan.

Kamu mungkin pencinta damai, namun, penampilanmu yang terlihat jahat mengatakan sebaliknya. Lingkungan sekitarmu mungkin saja berpikir kamu adalah pribadi yang tidak boleh dianggap enteng. Mereka pun akan berpikir dua kali sebelum menyakitimu, secara fisik maupun mental.

Agar Sikapmu Tak Disalahartikan

Selain menarik orang yang salah kedalam hidupmu, kebaikanmu juga bisa disalahartikan oleh sebagian orang. Misalnya, kamu selalu bersikap baik kepada seseorang yang menyukaimu. Memang, sih, kamu hanya menganggapnya sebagai teman. Namun, kebaikanmu bisa saja ia artikan sebagai rasa sukamu padanya.

Nah, jika kamu tak menyukainya, katakan secara langsung. Tak masalah jika saat itu kamu kelihatan seperti si-jahat-yang-menyakiti-perasaan-seseorang. Toh, lebih baik kamu jujur, kan.

Agar Privasimu Tetap Terjaga

Semakin sering kamu berbaik hati, semakin banyak orang yang akan masuk dalam hidupmu. Mereka akan terus menempel padamu setiap saat, bahkan disaat kamu sibuk sekalipun. Mereka lupa bahwa ada batasan diantara kamu dan mereka. Hal ini tentunya akan mengganggu privasimu. Nah, sesekali kamu perlu untuk terlihat jahat. Abaikan saja mereka jika sikap mereka sudah melampaui batasanmu.

Agar Kamu Bisa Mengajari Mereka Untuk Lebih Mandiri

Tak selamanya kebaikanmu artinya baik. Ketika kamu terus menerus berbuat baik pada seseorang, kamu sebenarnya membuat mereka menjadi pribadi yang tak mandiri. Mereka jadi tak ingin berusaha sendiri, sebab ada kamu yang akan menanggung kesusahan mereka. Mereka tak menyadari bahwa mereka tak bisa terus-menerus bergantung pada kebaikanmu.

Leave a Reply