5 Cara Agar Produktivitas Anda Tetap Tinggi Setiap Hari

0
329

5 Cara Agar Produktivitas Anda Tetap Tinggi Setiap Hari

Pernah dengar metode produktivitas Ivy Lee? Anda juga akan menggunakannya mulai sekarang!

Ada beberapa hal yang dapat benar-benar kita kontrol dalam hidup kita. Sayangnya, waktu bukanlah salah satu dari mereka. Tapi kita bisa mengontrol bagaimana kita menggunakan waktu secara produktif. Tentu saja kita memerlukan waktu. Sebagian besar dari kita pasti pernah berada dalam situasi dimana kita berharap ada “jam lebih dalam sehari” untuk menyelesaikan sesuatu.

Namun, baru-baru ini Stanford Study menunjukkan bahwa hanya dengan mencurahkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan sesuatu, sebenarnya itu tidak membantu anda untuk menyelesaikannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas akan jatuh secara dramatis setelah seminggu bekerja selama 50 jam, dan bahwa mereka yang bekerja mencapai 70 jam sedikit lebih produktif dengan tambahan 20 jam. Jadi, masalah ini bukan tentang memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi ini tentang menggunakan waktu yang sudah anda miliki dengan lebih bijak. Pertimbangkan lima hacks produktivitas ini untuk mengoptimalkan produktivitas harian anda.

1. Mulailah pagi anda dengan tepat.

road-815297_960_720Bagaimana cara anda memulai pagi anda akan mempengaruhi aktivitas anda sepanjang hari. Bangun lebih awal dan masuk ke modus aktivitas penuh dapat membantu anda menyelesaikan lebih banyak dpekerjaan sepanjang hari. Anda juga harus memulai hari anda dengan catatan positif.

Sementara kebanyakan orang cenderung untuk fokus pada apa yang tidak mampu mereka capai di hari sebelumnya, anda justru harus mengerjakan prioritas anda saat ini dan selesaikan goals baru anda hari ini. Ini adalah kunci untuk penghematan waktu anda.

Jauhkan telepon dan e-mail, lalu mulailah dengan beberapa olahraga yang dapat merangsang pikiran seperti angkat beban dan melakukan yoga. Olahraga akan melancarkan aliran darah anda agar bersemangat untuk bekerja, sedangkan yoga akan membantu anda membersihkan serta menyegarkan pikiran anda.

2. Mengerjakan metode produktivitas Ivy Lee.

Strategi produktivitas lama ini merekomendasikan bahwa anda menutup hari anda dengan menuliskan daftar enam hal penting yang ingin anda lakukan pada hari berikutnya. Setiap tugas yang terdaftar sesuai dengan tingkat kepentingan tugas tersebut bagi anda. Yang paling penting berada pada list tugas pertama.

Tujuan anda adalah bukan untuk menghapus tugas anda sesegera mungkin, tetapi hanya fokus pada menyelesaikan tugas pertama anda. Pindah ke tugas berikutnya hanya setelah anda selesai dengan tugas yang pertama. Lakukan metode ini sampai semua tugas selesai anda kerjakan.

James Clear, seorang ahli produktivitas dan penulis, menjelaskan dalam sebuah posting di blognya bagaimana pada tahun 1918 Ivy Lee, konsultan produktivitas menasihati Charles Schwab, kemudian presiden Bethlehem Steel, untuk mengadopsi metode ini untuk karyawannya. Schwab tidak hanya melakukan itu. Melihat produktivitas karyawannya melambung, ia pun memberikan konsultan dengan bayaran cek $ 25.000.

3. Cobalah metode tidur polifasik (Pola tidur cukup berkualitas).

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam The New York Times Magazine, kekurangan waktu tidur yang cukup membuat banyak bisnis di Amerika mengalami kerugian lebih dari $ 63000000000 per tahun.

Sementara itu, normalnya kita tidur hanya pada malam hari, yang bagi kebanyakan orang belum cukup untuk mengembalikan stamina mereka. Mencoba istirahat sejenak atau tidur di siang hari mungkin adalah sesuatu yang anda butuhkan untuk menjaga produktivitas anda tinggi.

alarm-clock-1193291_960_720Polyphasic sleep adalah metode tidur yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dengan mengganggu waktu tidur normal tujuh jam tidur (monophasic sleep). Dengan metode tidur polifasik, anda cukup tidur hanya 30 menit setiap enam jam. Metode ini memberi anda waktu lima jam tambahan untuk tidur dalam sehari, sementara tubuh anda masih prima seperti mendapatkan waktu tidur normal enam sampai tujuh jam tidur.

4. Selalu menjadi seseorang yang ceria.

Produktivitas tampaknya dihubungkan dengan suasana hati kita. Pernyataan tersebut tampak jelas, tapi sekarang ada bukti, Sebuah studi University of Warwick menemukan bahwa karyawan senang bekerja lebih keras. Penelitian ini menetapkan bahwa dengan bekerja bersama orang yang ceria, karyawan tersebut 12 persen lebih produktif.

Jika anda sendiri bertujuan untuk melihat peningkatan produktivitas bisnis anda, tetaplah bekerja dengan karyawan yang ceria dan bahagia. Tinggalkan orang-orang yang cenderung suka berbagi hal-hal negatif. Anda juga dapat berkontribusi terhadap tingkat produktivitas orang lain dengan menjadi orang yang ceria dalam bekerja, maka anda akan sangat bermanfaat bagi semua orang.

5. Minum kopi.

Hei, anda semua penggemar kopi, beberapa studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan tingkat produktivitas kita. Jeff Bickley, pendiri Gayo Kopi , merek kopi eksklusif memvalidasi hal ini.

latte-1565931_960_720“Kopi dapat memainkan peran yang kuat dalam meningkatkan produktivitas,” katanya. “Sepanjang hari, senyawa yang dikenal sebagai adenosin diproduksi, seperti melepaskan neuron di otak. Akhirnya kita merasa lelah dan down, akibat dari produktivitas yang terus-menerus. Kopi membantu memerangi hal ini dengan meniru reseptor A1, yang membantu memblokir adenosin. ”

Terkait: 7 Kebiasaan Sehat yang Dapat Memaksimalkan Produktivitas Anda Setiap Hari

Jadi, selalu sedia mocha latte di meja kerja anda!

Leave a Reply