5 Cara Membantu Diri Anda Tumbuh Secara Profesional

0
244

 

5 Cara Membantu Diri Anda Tumbuh Secara Profesional

 

Mengapa pengembangan diri itu penting? Tentunya penting untuk menantang dan mengembangkan diri anda sesering mungkin. Dan jangan biarkan diri anda terjebak di dalam pekerjaan dimana anda tidak merasa diri anda berkembang atau belajar.

Ada lebih banyak potensi di dalam diri setiap orang, lebih daripada yang mereka ketahui. Itulah kenyataan di dalam dunia yang serba cepat dengan semua orang yang menginginkan segala sesuatunya instan secara real-time di dunia yang terus berkembang ini. Itulah yang lebih penting daripada dunia zaman dahulu. Yaitu terus berkembang secara profesional dan pribadi. Pertumbuhan dan perkembangan yang tidak disengaja berpotensi membuat anda lebih baik dalam pekerjaan anda. Hal ini dapat membantu anda merasa lebih profesional, baik di dalam maupun di luar tempat kerja.

Berikut adalah lima langkah untuk membantu anda berkembang secara profesional, meski tanpa dukungan dari perusahaan anda.

 

1. Ambillah tantangan baru

Hal ini bisa berisiko, menegangkan dan terkadang membingungkan. Ini adalah siklus yang abadi, tetapi juga merupakan hal yang hebat. Inilah cara profesional dari perusahaan sukses bertahan. Terkadang, tampaknya masalah baru muncul secepat anda menyelesaikan yang lama. Tapi itu artinya anda telah berubah. Bahwa anda menjadi lebih baik dan lebih kuat. Maka di saat sebuah kesempatan mendekati anda, raihlah kesempatan itu!

 

2. Baca

Ya, tentu saja. Bacalah artikel informatif dari sumber yang terpercaya. Bacalah buku dalam format elektronik atau kertas, atau ambil kelas online. Dedikasikan satu jam sehari untuk membaca dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan.

 

3. Berinvestasilah dalam pembelajaran

Ada begitu banyak webinar (seminar online) gratis.  Luangkan waktu sejenak setiap hari (atau setiap minggu) untuk menonton satu atau dua webinar. Kebanyakan webinar itu pendek, mudah dimengerti, dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu dari kehidupan anda yang sudah sibuk. Atau, cobalah ambil sebuah kursus!

Terkait: Mentalitas untuk Mendapatkan Karir yang Sukses

4. Dapatkan seorang mentor

Lihatlah ke sekeliling di perusahaan anda untuk mendapatkan seseorang yang dapat membimbing anda. Jika anda tidak menemukannya, cobalah anda mencarinya  melalui koneksi anda. Hal ini penting agar anda memiliki koneksi dengan orang yang anda cari. Anda juga bisa mencari mentor seperti seorang pemimpin di sebuah industri melalui social media anda  atau di asosiasi /organisasi.

 

5. Kelilingi diri anda dengan teman sebaya

Lihat apakah ada sebuah organisasi yang menarik di wilayah anda. Berteman, berkolaborasi, dan bersenang-senanglah di oeganisasi tersebut. Dijamin, hal ini akan memperkaya pengetahuan anda. Anda dapat bertemu teman sebaya dengan menghadiri acara networking, bergabung dengan organisasi sial, atau melalui teman.

Selalu ada sesuatu yang dapat anda perbaiki. Jadi, buatlah deposito harian ke bank pengembangan pribadi anda. Maka pribadi anda akan semakin berkembang.

Mengapa pengembangan diri itu penting?

Mengapa pengembangan diri itu penting?

Mengapa pengembangan diri itu penting? Pengembangan diri dapat membantu anda merasa lebih profesional, baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Berikut adalah lima langkah untuk membantu anda berkembang secara profesional, meski tanpa dukungan dari perusahaan anda.

Leave a Reply