5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Di Segala Situasi

0
709

5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Di Segala Situasi

Klik disini untuk melihat di YouTube

Kamu sering gugup? Kamu sering bingung? Inilah topik saya kali ini : “5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Di Segala Situasi”. Adik-adik yang mungkin sering gugup ketika akan presentasi, atau bicara di depan panggung, atau mungkin mau nembak gebetan, tapi gugup. Disini ada beberapa tips untuk anda, termasuk bagi anda yang mau presentasi, anda mau closing klien, atau closing customer, seringkali anda merasa gugup. Seringkali jantung anda berdegup kencang.

Kenapa saya bisa seperti ini di segala situasi?

Ada 5 tips untuk anda agar bisa menghindari rasa gugup :

1. Melatih napas

Yang pertama adalah melatih napas. Latih napas anda. Buang napas, tarik napas, buang napas. Itu penting. Karena dengan menarik napas dalam-dalam (take a deep breath), akan membuat anda menjadi rileks, membuat anda lebih tenang, dan menghilangkan rasa gugup. Kalau perlu, buang sekuat tenaga. Itu akan menghilangkan rasa gugup. Karena yang seperti itu akan membuat anda bisa tampil dengan lebih percaya diri.

Jika anda masih gugup, gemetar, tangan dingin, berkeringat dan sebagainya, hilangkan rasa gugup dengan cara seperti itu. Buang napas. Itu tips yang pertama. Saya juga seperti itu, ketika dulu awal saya menjadi pembicara. Dulunya saya sebelum menjadi pembicara di atas panggung, saya sama seperti anda. Yaitu tidak punya pengalaman berbicara di atas panggung.

Saya masih ingat ketika saya masih SMP, waktu itu saya disuruh guru saya membacakan puisi. Saya gugupnya setengah mati. Tetapi karena saya tidak tahu tips ini, saya membacakannya dengan suara yang terpatah-patah, terbata-bata, dan akhirnya menjadi sangat tidak jelas. Jadi jika anda mengenal Chandra Putra Negara yang sekarang, bisa berbicara lancar di depan kamera seperti ini, itu adalah karena proses selama puluhan tahun. Dulunya, saya adalah orang yang penakut. Saya juga adalah orang yang mudah gugup. Itulah yang membuat saya pada akhirnya tidak bisa menjadi seorang pembicara yang baik.

Tetapi percayalah, banyak komunikator atau pembicara yang baik yang awalnya adalah orang yang tahu bagaimana caranya mengatasi rasa gugup. Kemudian, hal itu juga dapat mengurangi rasa panik. Jika rasa panik anda berkurang, itu juga sangat penting. Maka dari itu jangan lupa tarik napas dan buang napas berkali-kali. Dengan demikian, akan mengurangi rasa gugup anda. Contohnya anda mau mengikuti pertandingan. Anda bisa melihat banyak orang-orang yang sukses & para atlet yang menarik napas-buang napas. “YES..!!” Jadi, cara mengurangi rasa gugup adalah seperti itu.

 

2. Afirmasi atau auto suggestion (sugesti)

Yang kedua, afirmasi atau auto suggestion (sugesti). Saya sudah mengajarkan di video saya yang sudah viral, sudah jutaan view. Yaitu “3 Kebiasaan Kecil yang Dilakukan Oleh Orang Sukses Setiap Hari”. Sebenarnya saya sudah mengajarkan disana, yaitu lakukan auto suggestion yang positif setiap hari. “Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa!”.

Ulangi : “Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa!”. Itulah yang membuat diri anda menjadi lebih positif. Anda bisa memakai sugesti apapun. Yang paling simple adalah ‘saya pasti bisa! (5x)’. Maka rasa gugup itu akan jauh berkurang. Jika anda melakukan sugesti positif seperti itu, niscaya kalimat ‘saya tidak bisa’ atau rasa takut itu akan hilang, diganti dengan ‘saya pasti bisa’.

 

3. Berlatih

Yang ketiga ini penting sekali. Tidak ada yang namanya gugup jika anda berlatih. Orang itu bisa karena terbiasa. Ulangi kata-kata saya. Bisa karena terbiasa. Dan tidak ada orang yang bisa tanpa berlatih. Tidak ada. Masalahnya, anda malas berlatih. Jika anda tidak mau gugup di setiap pertandingan, seringlah berlatih. Itulah sebabnya sparring atau berlatih tanding itu penting. Dengan anda akan sering berlatih demikian, maka otomatis rasa gugup anda akan hilang. Itulah bedanya pemain amatir dengan profesional.

Pemain amatir mungkin jarang berlatih dan jam terbangnya kurang sehingga mudah gugup. Tetapi dengan anda sering berlatih, sering mendengarkan motivasi yang positif, sering memberikan sugesti yang positif, afirmasi/auto suggestion yang positif, niscaya anda akan menjadi orang yang kuat dalam berlatih. Dan sering berlatih juga  akan membuat diri anda lebih sempurna. Jadi, itulah bedanya seseorang yang amatir dan profesional. Jika anda sering berlatih, otomatis anda bisa menjadi biasa. Practice makes perfect. Anda bisa menjadi biasa. Jika sering berlatih, anda akan menjadi ahli.

Tonton juga video saya “Hukum 10 Ribu Jam” yang saya sadur dari buku The Tipping Point by Malcolm Gladwell. Anda bisa menontonnya. Sering berlatih dan berlatih itu hasilnya akan luar biasa. Maka rasa gugup anda akan hilang. Rasa gugup atas apapun itu. Entah anda mau bertanding, entah anda mau maju ke depan panggung, entah mau presentasi, entah mau bertemu klien, mau bertemu bos atau bertemu siapapun. Atau mau ajukan TA ke dosen, apapun itu akan sangat berlaku.

 

4. Prepare for the worst (bersiaplah untuk yang terburuk)

Yang keempat, yaitu prepare for the worst (bersiaplah untuk yang terburuk). Prepare artinya adalah persiapan. Sahabat entrepreneur, ini penting sekali. Tidak ada kesuksesan tanpa adanya ‘PERSIAPAN’. Jika anda akan seminar, anda menjadi pembicara, biasakan datang 1 jam/2 jam lebih awal. Anda akan menguasai panggung, menguasai audience. Anda juga akan menguasai seluk beluknya. Nanti anda mau melakukan apa saja, itu penting sekali.

Dengan adanya persiapan, maka otomatis akan mengurangi rasa gugup anda. Seringkali rasa gugup itu timbul ketika anda melakukan persiapan. Ketika anda menjadi pembicara, audience sudah datang semua, anda baru menyusun ini, menyusun itu. Itu sangat tidak profesional. Sama dengan ketika anda mau bertanding. Anda perhatikan klub-klub besar itu setengah jam/1 jam sebelum bertanding itu ada warming up. Ada pemanasan. Jangan begitu main langsung tanding. Itu tim yang sangat tidak profesional.

Sama juga dengan anda. Anda pasti butuh persiapan. Memang persiapan tidak menjamin anda untuk tampil sempurna. Tetapi minimal, anda bisa meminimalisir rasa gugup anda dengan adanya persiapan. Daripada tidak ada persiapan sama sekali. Sama seperti ketika anda besok akan ujian. Belajar dengan tidak belajar, mana yang lebih gugup? Pastinya kalau anda tidak belajar akan gugup. Jika anda sudah persiapan, anda belajar, pasti anda tidak gugup. Jelas yaa.. Jadi, persiapan itu sangat penting.

 

5. Berdoa

Dan yang terakhir, ini yang paling penting. Hal ini yang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Yaitu berdoa. Dengan anda berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, niscaya akan mengurangi rasa gugup anda. Kita harus menyertakan Yang Maha Kuasa di dalam setiap pekerjaan kita, aktivitas kita, perilaku dan apapun kegiatan yang akan kita lakukan. Semoga semuanya dilancarkan dan tidak kurang sesuatu apapun. Niscaya jika anda melakukan itu semua, saya yakin anda bisa menghilangkan rasa gugup itu. Meskipun tidak sempurna, tetapi anda bisa mengurangi rasa gugup dengan sangat banyak.

Dan kuncinya adalah melakukan 5 tips ini. Yang pertama adalah melatih napas, yang kedua auto suggestion, yang ketiga berlatih, yang keempat prepare for the worst. Persiapan yang baik, persiapkan untuk hal yang terburuk. Dan yang terakhir adalah berdoa. 5 tips ini adalah tips yang sangat powerful. Itulah yang sering saya lakukan ketika dulunya saya sedang gugup menghadapi segala sesuatu. Lakukan 5 hal ini secara berulang. Maka anda yang amatir akan bisa menjadi profesional. Anda yang pemula bisa menjadi profesional. Anda yang biasa-biasa akan menjadi ahli.

Demikian sahabat entrepreneur, jangan gugup terus..! Siapapun anda, jangan suka gugup. Niscaya anda akan menjadi orang yang lebih tangguh dan menjadi pribadi yang lebih luar biasa. Jangan lupa berikan like, berikan komentar-komentar anda di bawah. Komentar anda akan memberikan saya inspirasi untuk membuat video baru. Dan jangan lupa subscribe. Tombol merah jangan lupa ditekan, dan jangan lupa ada 2 video disini silahkan anda tonton. Serta ada icon lonceng di kanan bawah, silahkan anda klik.

Sukses untuk anda, semoga anda tidak gugup lagi. Salam hebat luar biasa..!!

Disini ada 5 tips untuk anda agar bisa menghindari rasa gugup :

Disini ada 5 tips untuk anda agar bisa menghindari rasa gugup :

Anda mungkin sering gugup ketika akan presentasi, bicara di depan panggung, closing customer, atau mungkin mau nembak gebetan. Disini ada 5 tips untuk anda agar bisa menghindari rasa gugup :

Leave a Reply