5 Cara Sederhana Agar Pikiran Anda Tetap Tajam

0
940

5 Cara Sederhana Agar Pikiran Anda Tetap Tajam

Pentingnya menjaga pikiran anda agar tetap tajam bukanlah hal yang sepele. Kita semua adalah bagian dari intelektual dan informasi ekonomi yang fantastis. Dimana zaman telah berkembang oleh ide-ide, kreativitas dan kecerdasan. Menjaga pikiran anda tetap tajam tentunya akan memberikan anda keunggulan dalam persaingan, dan yang lebih penting, ketajaman pikiran akan membawa anda mengarah ke tingkat kesuksesan yang lebih tinggi.

Ketika pikiran anda dalam keadaan prima, maka anda akan :

  • Memiliki motivasi dan fokus yang lebih besar
  • Dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan
  • Memiliki ide-ide yang lebih kreatif
  • Lebih sering mendapatkan inspirasi
  • Lebih mudah dalam mengingat sesuatu
  • Memiliki kehidupan yang lebih baik

Saya ingin berbagi beberapa tips yang telah saya temukan. Tips ini sangat bermanfaat dalam menjaga pikiran saya agar tetap tajam dan tentunya dapat membantu anda juga. Berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk mempertajam pikiran anda :

1). Lanjutkan membaca. Serap pengetahuan dan dapatkan pengalaman tentang berbagai budaya

adult-1807547_960_720Maaf karena saya menggunakan kutipan klise. Tetapi pendidikan bukanlah persiapan untuk kehidupan mendatang. Pendidikan adalah kehidupan itu sendiri. Pendidikan haruslah sesuatu yang menyenangkan dan dilakukan karena alasan intrinsik di atas segalanya.

Anda bisa membaca blog tentang mata pelajaran di luar bidang yang anda ketahui atau tentang pelajaran baru. Membaca buku-buku, menonton ceramah tentang mata pelajaran baru yang menarik, dan membaca tentang budaya masyarakat kuno. Bahkan anda bisa mempelajari seni yang belum pernah anda pelajari. Dari hal-hal tersebut anda dapat mendapatkan ide. Tantang pikiran anda untuk terus memperluas cakrawala anda dan menyerap informasi baru seperti spons yang tak terbatas.

 

2). Pelajari keterampilan atau kerajinan yang belum pernah anda coba sebelumnya

Pelajari keterampilan atau kerajinan yang belum pernah anda coba sebelumnya. Seperti memainkan alat musik, menggubah musik, membuat lukisan, membuat sebuah model pesawat, atau bahkan coding program komputer. Libatkan pikiran anda untuk mempelajari keterampilan baru. Anda tidak pernah terlalu tua untuk melakukan hal ini. Akan tetapi ini adalah sesuatu yang pasti harus anda mulai semuda mungkin.

Saya memulai composing musik saya sendiri sekitar usia 17 tahun. Dan dalam retrospeksi, saya berharap saya bisa memulai lebih muda dari usia tersebut. Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa belajar keterampilan baru akan membuka banyak jalan baru dalam pikiran anda. Dan juga membantu anda menjadi lebih baik dalam hal apapun. Anda juga akan membuka diri untuk beberapa koneksi baru. Serta lingkaran sosial intelektual dengan melibatkan diri dalam hobi baru, kesenian, atau perdagangan.

 

3). Untuk meningkatkan memori, jangan terlalu sering menuliskan catatan reminder

idea-1880978_960_720Jika anda bisa, cobalah melatih pikiran anda dengan cara seperti ini selama seminggu. Tuliskan segala sesuatu yang perlu anda lakukan di awal minggu seperti biasa. Tetapi simpanlah dan letakkan daftar tersebut jauh dari pandangan anda.

Alih-alih meletakkan daftar tersebut di meja anda, internalisasi proyek anda, ingatlah dan ketahui apa yang perlu anda lakukan. Prioritaskan dalam pikiran anda, dan lakukanlah. Otak anda sangat kuat. Dan percayalah bahwa suatu saat nanti anda mungkin tidak perlu menuliskan apapun untuk mengingatkan anda. (Anda masih dapat menyimpan daftar untuk referensi, tapi lebih baik jika nantinya anda tidak membutuhkan catatan pengingat lagi).

4). Berikan pikiran anda waktu untuk mengasimilasi (mencerna) pengetahuan

Kita hidup dalam budaya dimana kita terus-menerus mengalami dan mempelajari hal-hal baru. Bahkan mendapatkan informasi baru. Ini adalah sesuatu yang luar biasa. Saya tidak akan memberikan informasi yang berlebihan. Namun saya tidak benar-benar percaya pula bahwa anda dapat mengontrol berapa banyak informasi yang dapat anda ambil sekaligus.

Tapi di dalam proses anda menyerap keterampilan baru, pengetahuan dan pengalaman hidup. analisis internal diri anda sendiri apa yang telah anda pelajari. Dan segala sesuatunya harus dalam perspektif yang benar. Beberapa orang melakukannya dengan baik selama perjalanan hidupnya. Sedangkan orang lain bisa melalui mendengarkan musik, dan beberapa orang lain menyerap keterampilan dengan membuat karya seni. Carilah passion anda sendiri yang memungkinkan anda untuk mengasimilasi semua yang telah anda pelajari dan sering anda lakukan.

 

5). Makanlah secara teratur, tidur cukup dan berolahraga secara rutin

5 Makanan Yang Bisa Di Konsumsi Jika Ingin Menjadi Vegetarian sukses usia tua usia muda successbefore30.com semangat vegan lacto ovo vegetarian buahan tempe  tahu diet sehat kesehatan makanan sehat protein rumput laut telur keju susu yogurtBerikan pikiran anda waktu untuk istirahat. Dan energi adalah hal terpenting untuk mendapatkan kinerja terbaik di setiap aktivitas anda. Yang satu ini cukup jelas, tetapi anda sering lupa bahwa anda memerlukan bahan bakar dan istirahat yang tepat agar pikiran anda berfungsi secara optimal.

Satu hal lagi, menempatkan fisik anda sesuai dengan langkah pikiran adalah cara terbaik untuk meremajakan diri sendiri secara mental. Jika anda pernah merasa stres, jauh dari inspirasi atau tertekan, maka atasi dengan makan makanan bergizi setiap hari, tidur cukup dan olahraga secara rutin akan membuat pikiran anda kembali tajam dan membuat badan anda kembali bugar untuk melakukan aktivitas kembali.

Berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk mempertajam pikiran anda :

Berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk mempertajam pikiran anda :

Pentingnya menjaga pikiran anda agar tetap tajam bukanlah hal yang sepele. Ketajaman pikiran akan membawa anda mengarah ke tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. Berikut ini adalah 5 tips sederhana untuk mempertajam pikiran anda :

Leave a Reply