5 Cara yang Terbukti Dapat Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

0
515

5 Cara yang Terbukti Dapat Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Sebagai pengusaha, saya memikirkan lebih dari uang dan reputasi pada pikiran saya ketika saya akan memulai bisnis. Kami menempatkan sebagian besar dari hati dan jiwa kita pada risiko, serta tidak ada kegembiraan yang dapat dibandingkan dengan ketika kita berhasil. Tetapi ketika kita gagal, banyak dari kita yang merasa sangat hancur. Kadang-kadang, kita bisa merasa seperti ketakutan terburuk datang dalam kehidupan kita. Untungnya, ada harapan. Bahkan kegagalan dapat menjadi kesempatan.

Setiap pengusaha memiliki metode cara mengatasi masalah yang berbeda ketika mengalami kegagalan di dalam bisnis startup. Beberapa orang mungkin akan berbaring di tempat tidur dan menangis selama berhari-hari.Beberapa yang lain mungkin akan lari ke Jamaika untuk pergi berselancar.

Beberapa pengusaha akan bekerja banting tulang, berusaha untuk melompat kembali ke dalam permainan startup. Itulah yang saya alami. Orang menangani keberhasilan dan kegagalan dengan cara mereka sendiri. Tapi cepat atau lambat, kita semua pasti ingin menebus kesalahan kita sendiri dan mengubah kegagalan menjadi kesuksesan. Tidak ada rasa malu untuk mengakui bahwa kadang-kadang kita tidak tahu bagaimana cara memulai pekerjaan dengan baik.

Ketika anda bekerja untuk membesarkan bisnis anda, kemungkinan besar anda membaca segala sesuatu dan belajar semua yang anda bisa tentang bagaimana cara membuat bisnis anda berhasil. Kita belajar dengan mempelajari apa yang telah bekerja di masa lalu dan menerapkannya pada masa depan. Sangat penting untuk mengambil pendekatan yang sama dengan kegagalan, karena itu adalah sesuatu yang bahkan pengusaha paling terkenal di dunia dan CEO pun harus berurusan dengan di beberapa titik.

Berikut adalah daftar dari apa yang harus anda lakukan untuk dapat bangkit kembali dari kegagalan :

1. Cobalah untuk beristirahat sejenak (refreshing).

“Burnout” itu nyata, dan jika anda pernah mengalami kegagalan bisnis, anda mungkin merasa benar-benar stress dan lelah karena hal tersebut. Anda butuh berlibur untuk menghilangkan perasaan tersebut. Bagi beberapa orang, mungkin ada yang berekreasi ke Nepal atau menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Bagi orang lain, mungkin mereka akan bersantai menonton televisi untuk sementara waktu, atau bahkan mengambil bisnis lain yang memiliki resiko kegagalan lebih kecil.

Intinya adalah untuk menikmati waktu luang ketika anda tidak memikul beban membangun perusahaan sendiri untuk sementara waktu. Istirahat dan penyegaran adalah satu-satunya obat untuk menghilangkan stress.

2. Akui kesalahan anda.

Sangat penting untuk secara terbuka mengakui kesalahan atau kegagalan anda sendiri. Jika tidak, anda tidak akan pernah bisa menebus kesalahan anda. Tidak ada gunanya mencoba untuk menyembunyikan fakta bahwa bisnis anda gagal. Atau bahwa anda memainkan peran besar dalam kegagalan itu. Menyalahkan orang lain atau keadaan anda adalah sandiwara menyedihkan yang tidak bisa bertahan lama.

Anda tidak perlu meminta maaf atas pilihan yang anda buat, tetapi penting untuk mengenali dan menghadapi mereka untuk membuat pilihan yang lebih baik ke depannya. Orang-orang akan menghormati pemimpin yang bisa mengakui kesalahan mereka sendiri.

3. Pertahankan kepercayaan diri anda.

Kegagalan dapat meruntuhkan kepercayaan diri anda. Terutama mereka yang dapat meninggalkan anda ketika anda mengalami kehancuran dalam bidang finansial. Beberapa peristiwa tersebut dapat mengguncang kepercayaan diri siapapun juga. Itulah manusia.

Tapi cobalah untuk memahami bahwa keyakinan dan optimisme adalah kunci untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Steve Jobs dipecat dari perusahaan yang ia dirikan karena kesalahannya sendiri. Tidak ada kegagalan yang lebih besar dari yang telah dilakukan Jobs. Tetapi kegagalan tidak menyebabkan Jobs kehilangan kepercayaan diri atau antusiasme pada ide-idenya.

Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk mengikuti Steve Jobs. Ingatkan diri anda bahwa anda memiliki kekuatan untuk diandalkan dan kelemahan untuk diperbaiki. Semua orang pasti pernah jatuh. Namun itu bukan berarti anda tidak dapat bangkit dan berlari kembali.

4. Belajarlah dari pengalaman anda.

Satu-satunya cara untuk mengatasi kegagalan adalah belajar dari pengalaman. Kesempatan anda tinggi jika startup anda turun. Anda akan menemukan diri anda menganalisis setiap kesalahan kecil yang anda buat dan setiap hal kecil yang bisa anda lakukan lebih baik.

Ini bisa menjadi hal yang baik. Trial and error adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kita, meskipun tidak selalu cukup. Jangan membuang atau mengabaikan percobaan gagal. Belajarlah dari hal tersebut. Tulis dan ingat segala sesuatu yang anda ketahui bahwa anda bisa melakukannya lebih baik. Ini akan memotivasi anda untuk menjadi pengusaha yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

5. Nikmati awal yang baru.

Perasaan takut memulai lagi dari awal dapat melumpuhkan kepercayaan diri pengusaha. Setelah bekerja keras untuk membangun bisnis yang sukses dari awal, kegagalan di tengah perjalanan yang anda alami dapat membuat anda merasa putus asa.

Sensasi memulai petualangan baru adalah alasan utama yang mendorong banyak orang ingin menjadi pengusaha. Jadi, cobalah untuk tidak berpikir bahwa memulai lagi sesuatu dari awal sebagai sebuah kegagalan. Seorang pengusaha yang baik melihatnya sebagai sebuah kesempatan.

Henry J. Heinz adalah seorang salesman saus horseradish yang gagal sebelum ia menjadi penjual saus terfavorit di Amerika. Segala sesuatu yang anda sukai tentang membangun bisnis baru seperti kegembiraan, antisipasi, bahkan stres akan diperbarui lagi ketika anda mencapai keberhasilan. Biarkan diri Anda menikmatinya, percaya pada diri anda bahwa anda lebih pintar dari hari kemarin. Percaya bahwa anda adalah pengusaha tangguh dari hari terakhir kali anda mulai membangun sesuatu.

Ketika bisnis yang anda jalani gagal, rasanya seperti anda merasakan akhir dari dunia. Tetapi anda akan lega jika mengetahui bahwa bumi terus berputar. Kegagalan, seperti akhir dari segalanya bagi seorang pengusaha. Namun percayalah, ini merupakan kesempatan. Wujudkan ide baru dalam pikiran dan raih kesuksesan anda!

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply