3 Hal Tidak Bermanfaat Ini Sering Di Lakukan Di Media Sosial

0
237

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2016 pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7. Facebook berada pada posisi pertama sebagai media sosial yang paling banyak diminati (71,6 juta pengguna). Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat Indonesia saat ini tidak bisa dipisahkan dari media sosial. Media sosial ini dimanfaatkan sebagian pemilik akun untuk mencari nafkah, seperti dengan berjualan online. Namun, beberapa akun malah menggunakan media sosial untuk berbagi hal-hal yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik.

Memamerkan Kehidupan Percintaan Di Media Sosial

Nah, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang satu ini. Entah mengapa banyak pemilik akun yang senang memamerkan hubungan mereka di media sosial. Hal ini tak masalah jika memang si pemilik akun telah resmi menikah. Namun, jika masih berstatus pacaran, sebaiknya dipikirkan lagi sebelum meng-upload hubungan Anda di media sosial.

Pasalnya, Tara Marshall, seorang psikolog dari Brunel University, London, UK mengatakan bahwa seseorang dengan penghargaan diri yang rendah cenderung memposting kehidupan percintaannya (romantic partner) dimedia sosial.

Mengunggah Foto dan Video Panas

Banyak juga akun yang menjadikan media sosial sebagai wadah untuk meng-upload foto atau video panas mereka. Entah apa yang mereka pikirkan. Sebuah penelitian dari Oregon State University menyatakan bahwa, wanita yang mengunggah foto sexy dimedia sosial, cenderung dilihat oleh wanita lainnya sebagai wanita yang kurang kompeten dan tidak menarik secara fisik.

Elizabeth Daniels, asisten profesor psikologi, mempelajari efek media sosial terhadap image tubuh seorang wanita. Saat ini banyak remaja dan wanita muda yang ingin terlihat sexy. Namun, mengunggah foto sexy tersebut hanya akan memberikan image negatif. Namun, hanya ini tidak hanya berlaku bagi wanita saja, yah. Pria juga diharapkan jangan sembarangan mengunggah foto pribadi dimedia sosial.

Saling Menyindir Di Media Sosial

Media sosial jika digunakan dengan tidak sehat akan berdampak buruk bagi diri seseorang. Bukan hanya mengunggah video dan foto panas, kebanyakan pemilik akun juga sering berkelahi didunia maya. Sekarang setiap masalah tidak lagi diselesaikan dengan empat mata, melainkan cukup di unggah dimedia sosial. Lalu manfaatnya?

Sebagian orang malah risih dengan pertengkaran atau masalah yang sering diunggah akun-akun tertentu. Sering mengunggah masalah pribadi dimedia sosial hanya menunjukkan bahwa pemilik akun adalah seseorang yang haus akan perhatian. Hal ini tidak bisa ia dapatkan di dunia nyata, sehingga ia mencarinya di dunia maya.

Leave a Reply