5 Hal yang Harus Anda Hentikan Agar Lebih Produktif

0
203

 5 Hal yang Harus Anda Hentikan Agar Lebih Produktif

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Topik saya kali ini adalah : “5 Hal yang Harus Anda¬†Hentikan Agar Lebih Produktif”. Baik, banyak orang itu selalu ingin lebih produktif. Banyak orang selalu ingin lebih efisien. Dan kita juga tahu, kalau anda lebih produktif, anda akan bisa menghasilkan lebih banyak.

Tetapi kenyataannya adalah, seringkali ada penghambat untuk anda bisa lebih produktif. Pada kesempatan kali ini, saya akan menceritakan ada 5 hal yang harus anda hentikan. Karena ini adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak anda sadari. Tetapi seringkali menghambat produktivitas anda.

1. Mengerjakan semua hal sekaligus

Yang pertama adalah : Mengerjakan semua hal sekaligus. Kalau kita bicara tentang mengerjakan semua hal sekaligus, banyak orang terutama adalah orang yang super power. Dia dapat mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Dan orang yang seperti ini adalah tipe orang yang menganggap bahwa ‘semua orang berada di bawahnya’. Kemampuannya di bawah dirinya.

Dia menganggap dalam segala hal, dia lah yang paling hebat. Dia tidak sadar. Orang dengan tipe seperti ini, biasanya tidak mudah percaya pada orang lain. Dan dia menganggap kemampuan orang lain berada di bawahnya. Dia orang yang tidak sabaran, karena dia menganggap orang lain tidak becus mengerjakannya.

Orang yang seperti ini, biasanya suka mengerjakan semua hal sekaligus. Kalau anda seperti ini, ingat, anda tidak bisa mengerjakan segala hal sendirian. Anda membutuhkan tim. Kalau anda merasa tidak butuh tim, anda tidak akan bisa mengerjakan semua hal.

Ini poin yang pertama. Harus anda hentikan sekarang juga. Jadi cobalah untuk evaluasi. Banyak sharing. Dan belajar untuk bisa mendelegasikan pekerjaan dengan orang lain.

2. Semua hal ingin diurus sendirian

Yang kedua : Semua hal ingin diurus sendirian. Ini hampir sama dengan yang pertama. Tetapi kecenderungannya yang kedua ini adalah semua ingin anda urus sendiri. Padahal tidak mungkin semua hal anda urus sendirian. Contohnya, anda mengerjakan tugas kantor sendirian. Mengerjakan semua hal sendirian. Mengerjakan semua problem sendirian.

Kalau anda terus seperti ini, maka anda akan berat melakukan semua hal. Dan anda tidak akan bisa produktif kalau anda tetap seperti itu. Karena apa? Karena tidak ada orang sukses yang mengerjakan semuanya sendirian. Urusan keuangan anda urus sendirian. Urusan pembukuan diurus sendiri. Manajemen diurus sendiri. Itu semua berat jika anda lakukan sendiri. Anda bisa masuk UGD kalau semuanya anda urus sendiri. Karena apa? Semuanya ingin anda kerjakan sendiri. Padahal itu berat sekali.

3. Menyepelekan persiapan

Poin yang ketiga adalah : Menyepelekan persiapan. Orang yang seperti ini biasanya cenderung tidak ada persiapan. Ia melakukan sesuatu secara spontan. Memang ada tipe orang yang secara spontanitas bisa sukses. Tetapi akan jauh lebih sukses jika anda ada persiapan. Apa jadinya kalau anda menghadapi pertandingan tanpa persiapan? Meskipun anda sudah menjadi juara dunia berkali-kali. Tetap akan kalah.

Anda tidak boleh meremehkan. Seperti apa jadinya, meskipun hari ini anda adalah seorang presenter yang sukses. Anda sudah menjadi MC yang berhasil. Setiap minggu anda punya job. Tetapi anda tidak ada persiapan? Anda cenderung meremehkan. Kalau anda terus seperti itu, anda tidak punya persiapan, anda juga akan gagal. Dan itu tidak produktif.

4. Stress berlebihan karena tidak ada pendelegasian

Yang keempat : Stress berlebihan karena tidak ada pendelegasian. Ini ada hubungannya dengan poin yang pertama dan poin yang kedua. Sehingga akhirnya anda overload. Anda stress. Kalau anda stress, overload berlebihan, akhirnya anda marah-marah sendiri dan produktivitas anda menurun. Orang yang stress-nya berlebihan, moodnya akan menjadi tidak baik. Pekerjaan menjadi tidak bagus, Segala sesuatunya menjadi down/menurun.

Kalau sudah seperti itu, maka ini tidak baik untuk organisasi anda. Tidak baik pula untuk perusahaan anda, tidak baik bagi pekerjaan anda termasuk kehidupan rumah tangga anda. Serta kehidupan pribadi anda.

5. Sering lupa makan

Dan yang terakhir ini adalah hal yang sepele, tetapi seringkali tidak produktif, yaitu : Sering lupa makan. Ini mungkin adalah hal sepele. Anda mungkin hanya akan mengatakan, “Oh iya, saya sering telat makan”. Padahal, mengapa kita manusia ini ditakdirkan untuk makan 3 kali dalam sehari? Di luar konteks kalau anda berpuasa dan sebagainya. Namun tetap saja, makan yang normal adalah 3 kali sehari. Itulah sebabnya ada istilah makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Tetapi karena mungkin terlalu sibuk, anda hari ini lupa makan. Dan itu tidak boleh. Pada akhirnya kalau anda sering lupa makan, anda akan jatuh sakit. Hormon tubuh anda pun menjadi tidak baik. Pasti ujung-ujungnya, produktivitas anda akan menurun.

Demikian sahabat entrepreneur tips saya kali ini. Niscaya kalau anda mampu menghilangkan 5 hal tersebut, saya yakin produktivitas anda pasti akan meningkat. Bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik subscribe/berlangganan, dan silahkan share kepada teman-teman anda yang membutuhkan. Saya percaya anda bisa berbagi untuk mereka. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply