3 Kunci Kesuksesan Yang Bisa Anda Teladani Dari Bangsa Jepang

0
302
http://jpninfo.com/wp-content/uploads/2015/11/work-culture-intro.jpg

Anda sering mengkonsumsi sushi, shabu-shabu, atau ramen? Artinya Anda sudah akrab dengan budaya Negeri Sakura. Namun, artikel kali ini tidak akan membahas tentang semua makanannya. Berikut ini beberapa hal yang patut Anda teladani dari bangsa Jepang, jika memang ingin sukses.

Manajemen Waktu

Orang Jepang memang terkenal dengan kedisiplinannya, dalam hal ini mereka sangat menghargai waktu. Waktunya dipergunakan sebaik mungkin dan mereka memberikan toleransi yang sangat kecil atas keterlambatan. Bahkan, menurut beberapa sumber yang saya baca, shinkansen (kereta peluru tercepat di Jepang) hanya memberikan toleransi keterlambatan 6 detik. Jika shinkansen ternyata telat datang, maka semua petugasnya harus meminta maaf kepada semua penumpang.

http://essentialsofbusiness.ufexec.ufl.edu/media/7378692/uf-time-management-marketing.png
http://essentialsofbusiness.ufexec.ufl.edu/media/7378692/uf-time-management-marketing.png

Jika keterlambatannya sekitar 5 menit atau lebih, maka petugasnya akan memberikan surat bukti kepada penumpangnya. Apa fungsi dari surat ini? Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa bangsa Jepang sangat menghargai waktu. Seseorang bisa saja dipecat dan seorang murid bisa dimarahi atau bahkan tidak diizinkan untuk mengikuti mata pelajaran karena telat. Fungsi dari surat ini adalah untuk menyatakan bahwa keterlambatan tersebut bukanlah salah mereka, melainkan salah dari shinkansen.

Untuk Anda yang ingin sukses, tentu manajemen waktu adalah hal yang tidak bisa Anda anggap sepele. Pasalnya, ketidakmampuan Anda dalam mengatur waktu dapat menghambat pekerjaan Anda dan juga pekerjaan orang lain.

Pekerja Keras

http://hypebeast.com/image/2016/08/living-working-playing-surviving-japan-truth-work-1.jpg
http://hypebeast.com/image/2016/08/living-working-playing-surviving-japan-truth-work-1.jpg

Tidak bisa dipungkiri bahwa Jepang merupakan Negaranya para pekerja keras. Remajanya tak menunggu usia tua untuk mulai bekerja. Sejak remaja mereka sudah terbiasa dengan kerja part-time atau kerja paruh waktu. Selain itu, orang Jepang berusia lanjut juga masih tetap bekerja. Masih ingat istilah karoshi atau dalam Bahasa Indonesia artinya kerja keras sampai mati? Hal ini merupakan bukti betapa kerasnya orang Jepang bekerja. Sampai-sampai mereka mengabaikan kesehatannya sendiri.

Kerja keras (tapi jangan sampai mati) inilah yang patut Anda terapkan dalam hidup Anda. Kesuksesan tidak akan datang jika Anda hanya bermalas-malasan saja.

Menjaga Kesehatan

Salah satu cara mereka menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan pola makan mereka. Masyarakat Jepang memang terkenal dengan pola makan mereka yang sehat. Misalnya, makann tersebut harus dikukus, rebus atau dipanggang. Selain itu mereka juga mengontrol porsi makan mereka dan rajin mengunjungi dokter 6 – 12 kali dalam setahun.

http://hypebeast.com/image/2016/08/living-working-playing-surviving-japan-truth-work-1.jpg
http://hypebeast.com/image/2016/08/living-working-playing-surviving-japan-truth-work-1.jpg

Dan bukan hanya masyarakatnya saja yang sehat, hewan peliharaannya juga bisa hidup lebih lama. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan penelitian dari Tokyo University of Agriculture and Technology, dimana penyebab umur panjang pada hewan peliharaan ini adalah pola makan yang baik dan juga perawatan medis yang baik.

Nah, dalam meraih kesuksesan Anda juga perlu menjaga kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit. Pasalnya, kesehatan yang terganggu hanya akan menghambat kesuksesan Anda.

Leave a Reply