Be A Cat : 5 Kunci Kesuksesan Dari Seekor Kucing

0
202

Be A Cat (Jadilah seperti Seekor Kucing) – Deklarasi Milenium Baru adalah sebuah buku yang dituliskan oleh Tsai Chih Chung. Dalam buku ini, para pembaca diajak untuk meraih kesuksesan dengan cara menjadi kucing, bukan anjing. Mengapa harus menjadi kucing?

Mandiri

Jika anjing adalah makluk sosial dan suka bekerjasama, maka kucing adalah sebaliknya. Kucing selalu mandiri dan independen. Mereka tak suka melakukan segala sesuatu secara bergerombolan seperti anjing. Kucing tak perlu meminta bantuan atau menyusahkan orang lain hanya untuk mencapai kesuksesannya, sebab ia percaya bahwa ia mampu melakukannya sendiri.

Terlihat sombong dan egosentris. Namun, hal ini ada baiknya juga sebab, terlalu bergantung pada orang lain hanya akan menyusahkan orang tersebut.

Tidak Menjilat dan Sesumbar

Abad 20 adalah zamannya anjing dimana semua orang membutuhkan kemampuan bekerjasama. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk mencari keuntungan pribadi dalam kelompoknya. Mereka mempelajari segala teknik bekerjasama, termasuk kemampuan menjilat dan sesumbar atau mencari muka.

Hal ini berbeda dengan abad ke 21 atau zaman kucing, dimana yang terbaiklah yang menang. Kucing tak perlu bekerjasama, namun bukan berarti ia jahat. Hal ini untuk menghindarinya dari beberapa oknum yang suka memanfaatkan orang lain.

Adil

Kucing selalu menghargai kemampuan setiap individu tanpa memandang kelompok atau golongannya. Kucing bersaing secara adil untuk mencapai kesuksesannya. Keahlian menjilat atau mencari muka didepan semua orang bukanlah keahlian yang akan dipakai oleh kucing untuk meraih kesuksesan. Kucing percaya bahwa semua orang berhak untuk mencapai kesuksesan. Meraih kesuksesan dengan cara sesumbar, mencari muka atau menjilat, mengingatkannya akan manusia yang tak bisa mencapai kesuksesan tanpa berbuat curang.

Mengetahui Keinginannya

Kucing memilih jalan hidupnya sendiri. Hal ini membuat kucing hanya mengerjakan hal yang ia sukai. Ia tak perlu melakukan hal tak berguna lainnya, seperti sesumbar atau menjilat hanya untuk diterima oleh kalangan tertentu. Kucing lebih nyaman memainkan peran yang ia pilih daripada memainkan peran yang dipaksakan oleh lingkungan sekitarnya.

Tutup Mulut Adalah Senjata

Tutup mulut adalah senjata bagi kucing untuk mendatangkan hal terbaik. Kucing tak sembarangan mengeong. Kucing lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan hal yang ia sukai. Perbanyak bekerja dan sedikit berbicara adalah kunci kesuksesannya. Harga dirinya dibuktikan lewat perbuatan, bukan kata-kata.

Terakhir, kucing tak pernah kehilangan jati dirinya. Saat ia tertidur dibawah kolong kursi, atau berdiri diatas meja makan, ia tetaplah seekor kucing.

Leave a Reply