5 Langkah Cepat untuk Kamu, Karyawan yang Ingin Beralih Menjadi Pengusaha

0
278

5 Langkah Cepat untuk Kamu, Karyawan yang Ingin Beralih Menjadi Pengusaha

Semua orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita yang menakjubkan. Tetapi sebagian orang tidak akan pernah bisa meraihnya karena mereka sudah “setting” otak mereka untuk hidup biasa-biasa saja.

Ketika kamu melihat ke dalam masyarakat  dan cara kamu dibesarkan dulu, kamu diajarkan untuk mendapatkan nilai bagus di sekolah sehingga kamu bisa masuk ke perguruan tinggi yang baik. Setelah mendapat surat penerimaan, kamu belajar keras sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Hari datang di mana kamu memakai kemeja, berjalan melintasi panggung dan memulai hidup di dunia profesional dengan harapan mendapat jabatan di perusahaan dengan cepat.

Kamu bekerja keras sehingga bisa memiliki tabungan jika suatu hari pensiun. Waktu berjalan 20 tahun dan ketika kamu berusia 40 tahun dan pekerjaan tersebut dirasa tidak cukup memenuhi kebutuhanmu, dan kamu pun mulai bertanya : Apakah ini yang disebut hidup? Apakah saya ditakdirkan untuk hidup biasa-biasa saja?

Jadi bagaimana cara agar kamu bisa berhenti menjadi roda penggerak untuk mesin orang lain, berani keluar dan memasuki dunia kewirausahaan? Berikut adalah bagaimana cara untuk mengontrol hidupmu dan beralih dari karyawan menjadi pengusaha.

 

1. Kenali Jika Kamu Memiliki Peluang Besar di Depanmu

Peluang besar menuju kesuksesan

Peluang besar menuju kesuksesan

Jika kamu masih membaca ini, mungkin kamu memiliki pilihan ingin meninggalkan pekerjaanmu saat ini untuk membangun bisnismu sendiri. Hebat!

Pertama, kamu harus menyadari bahwa Anda memiliki jiwa yang bersih serta peluang besar. Kamu memiliki banyak teman-teman yang memulai karir mereka sebagai CPA dan tidak merasa bahwa mereka menghabiskan hari-hari mereka sebagai panggilan hidup sejati. Namun begitu banyak dari mereka yang merasa bahwa jika mereka benar-benar ingin memulai bisnis, mereka harus memanfaatkan bisnis online mereka.

Mulailah dengan niat, usaha serta doa untuk mencapai kesuksesan. Jangan  biarkan pengalaman di masa lalu memberatkanmu dan menahanmu untuk melakukan apa yang ingin kamu lakukan!

2. Identifikasi Apa yang Harus Kamu Lakukan Melalui Bakatmu

Apakah bakat terpendam kamu??

Apakah bakat terpendam kamu??

Bagaimana kamu menyikapinya? Walaupun belum menyadari bakat terpendam yang kamu miliki,cobalah rekomendasi berikut ini :

Identifikasi kegemaranmu. Apa hobi yang kamu suka?

Identifikasi keahlianmu. Apakah kamu benar-benar mahir dalam hal tersebut

Identifikasi apa yang paling berharga untukmu. Apakah benar-benar penting bagimu?

Temukan bakatmu dari tiga pertanyaan diatas.

Latih bakat yang kamu miliki sehingga berguna untuk usaha yang akan kamu jalankan.

Latihan ini tidak bekerja seperti mesin bodoh dimana ketika kamu melakukan sedikit latihan, langsung muncul pekerjaan yang merupakan panggilan hidupmu. Latihan akan membantumu bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang tepat setiap hari, yang dari waktu ke waktu akan membangun kesadaran dan membantu kamu menavigasi jalan.

3. Temukan Mentor yang Tepat

Mentor yang tepat dapat mengantarkanmu menuju kesuksesan

Mentor yang tepat dapat mengantarkanmu menuju kesuksesan

Pada poin ini, kamu memiliki pilihan. Kamu bisa mencoba untuk memandu proses mendirikan usahamu sendiri namun menghabiskan banyak waktu dan uang. Atau temukan dan belajarlah dari pengusaha lain yang sudah menjalani usaha tersebut lebih dulu dan biarkan mereka membantu kelancaran usahamu. Jadi, yang mana pilihanmu?

4. Ubahlah Konsep Pikiran Anda : Pekerjaan Menjadi Permainan

Kekuatan pikiran dapat merubah pola pikir anda tentang pekerjaan

Kekuatan pikiran dapat merubah pola pikir anda tentang pekerjaan. Kita memiliki 24 jam dalam satu hari, lalu mengapa beberapa orang sanggup menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada yang lain? Itu semua bermuara pada efisiensi. Lebih cepat dan lebih baik kamu melakukan sesuatu, semakin banyak waktu luang untuk kamu mengambil tugas berikutnya.

Sekarang kamu telah mengatur niat memulai bisnis sendiri yang tentunya perlu meluangkan sebagian waktumu. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah mengubah pekerjaan Anda menjadi sebuah permainan. Dengan pekerjaan saya sebagai sales, saya bertanya pada diri sendiri setiap hari, “Bagaimana saya bisa mendapatkan pendapatan dua kali lebih banyak dengan bekerja paruh waktu?”

Pertanyaan seperti ini akan mengubah caramu melihat pekerjaan dan membuatmu bersemangat untuk mendapatkan sesuatu. Ini akan membantu kamu dalam memanfaatkan waktu secara efisien.

Majulah dan  berusaha untuk dirimu sendiri, ubah pekerjaanmu menjadi sebuah permainan!

5. Berikan Dirimu Pilihan untuk Membakar Kapal Lama Setelah Mendapatkan Kapal yang Lain

Pilihan besar yang akan mempengaruhi masa depan Anda

Pilihan besar yang akan mempengaruhi masa depan anda

Banyak orang mengajarkan untuk membakar kapal sehingga kamu tidak memiliki pilihan lain selain itu untuk kesuksesan. Pilihan ini untuk kamu yang sudah bekerja. Bila Anda harus meletakkan atap di atas kepala keluarga Anda dan makanan di atas meja, Anda mungkin ingin mengambil pendekatan yang lebih konservatif.

Kamu sudah berkomitmen untuk berusaha keras dalam pekerjaanmu untuk mencapai jabatan tertinggi sehingga kamu bisa meluangkan waktu untuk membangun bisnis sampingan. Setelah bisnis yang kamu jalankan sampai ke titik di mana kamu telah mendapatkan penghasilan yang cukup besar untuk menggantikan penghasilanmu selama bekerja di perusahaan orang lain.

Putuskan apakah kamu akan “membakar kapal yang lama”, atau tidak. Berhenti di “Ya”, itu artinya kamu memilih untuk berhenti dari pekerjaanmu sebelumnya.

Ketika masyarakat telah men”setting” hidupmu untuk menjalani kehidupan biasa-biasa saja, pada akhirnya hidupmu dan dirimu sendirilah yang bertanggung jawab untuk ke depannya. Kamu telah membuat investasi dalam dirimu, sekarang bergegaslah mengambil tindakan dan jalani kehidupan yang luar biasa!

Berikut adalah cara untuk mengontrol hidupmu dan beralih dari karyawan menjadi pengusaha.

Summary

Bagaimana cara agar kamu bisa berhenti menjadi roda penggerak untuk mesin orang lain, berani keluar dan memasuki dunia kewirausahaan? Berikut adalah bagaimana cara untuk mengontrol hidupmu dan beralih dari karyawan menjadi pengusaha.

Leave a Reply