5 LEVEL PENGUSAHA – LEVEL 5 (The Real Entrepreneur)

0
1004

5 LEVEL PENGUSAHA-LEVEL 5 (The Real Entrepreneur)


Klik disini untuk melihat di YouTube

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas series terakhir dari “5 level pengusaha”, yaitu
pengusaha level kelima.

Tentunya anda berpikir , “wah,  level pertama saja sudah seperti itu. Bagaimana mau naik ke level kedua?”

Level kedua harus punya 7 divisi. Dan di level ketiga, dimana anda menjadi director dan harus menggantikan orang yang bisa memimpin 7 divisi.

Level keempat anda sudah harus menjual bisnis, dan anda sudah harus memiliki waralaba.

kira-kira level kelima ini seperti apa ya? Anda tentu memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi, khususnya bagi anda yang ingin terjun di dalam dunia bisnis. Tentunya di level ini adalah
sebuah level tersulit, tidak mudah bagi anda untuk masuk ke level kelima. dan sangat langka orang
yang bisa masuk ke level kelima.

Oleh sebab itu level kelima ini dijuluki “the real entrepreneur”, yaitu Pengusaha Sejati.

Baik, apa sih definisi pengusaha di level kelima, the real entrepreneur?

Pengusaha sejati adalah pemilik bisnis yang sudah menjual bisnisnya bukan lagi ke perorangan, tapi ke publik. Mungkin anda bertanya-tanya, apa sih definisi menjual bisnis ke publik?

Menjual bisnis ke publik itu adalah, kalau kita kenal yang namanya “Go Public”.

Anda mungkin pernah melihat perusahaan-perusahaan yang besar, pasti di belakangnya ada contoh, PT. ABC, belakangnya Tbk. Tbk itu adalah perusahaan yang sudah terbuka, atau perusahaan “go public”.

Sahabat entrepreneur, perusahaan go public itu adalah perusahaan level kelima. Dimana perusahaannya memang sudah siap di”floor”kan ke publik. Mungkin disini anda masih asing
dengan beberapa istilah-istilah yang saya paparkan di pengusaha level kelima.

Yang pertama go public. Apa itu perusahaan go public?

Saya akan bahas definisi go public itu sendiri dari wikipedia, yaitu perusahaan terbuka atau perusahaan publik adalah jenis Perseroan Terbatas yang mana sahamnya  telah dimiliki oleh sekurang-kurangnya 300 pemegang saham dan modalnya itu disetor sekurang-kurangnya 3 Milyar Rupiah.

Itu syarat utama kalau mau perusahaan menjadi go public. tapi itu kan yang namanya syarat utama. Memenuhi syarat tersebut itu memang mudah, kalau syaratnya saja. Tetapi kalau anda mau
memenuhi syarat tersebut, anda harus lolos level satu, level dua, level tiga, level empat. Dan itu tidak mudah.

Dan beberapa kriteria perusahaan go public, yang pertama adalah anda harus transparansi masalah pajak. jadi sekarang kita sering dengar, tahun 2015/2016 ini Indonesia mulai penertiban pajak. bahkan tahun pembinaan pajak sudah lewat, tahun ini tahun penertiban
pajak.

Dan ke depannya pajak itu harus semakin transparansi. Jadi tidak ada lagi ceritanya pengusaha itu yang menilap pajak, atau tidak transparansi masalah pajak. Masalah pajak seperti banyak pengusaha tidak jujur di level satu. level kedua mereka seperti dalam tanda kutip menyembunyikan seolah-olah mereka tidak mau melaporkan ke pajak. Karena untuk apa keuntungan mereka sumbangkan ke pemerintah.

Oleh sebab itu banyak sekali pengusaha level pertama dan kedua, mereka seolah-olah menghindari pajak. Karena apa? karena mereka tidak ada kepentingan mau naik pengusaha level ketiga
keempat dan kelima.

Contoh, pengusaha yang menghindari pajak adalah dia membayar pajak mungkin jumlahnya cuma sekian juta Rupiah, tidak sampai 10 juta. Tapi rumahnya mewah, mobilnya mewah. Tetapi
uangnya darimana? tulah contoh mereka tidak mau bayar pajak.

Padahal kita tahu, warga negara yang baik adalah warga negara yang taat pajak. Mungkin bagi anda yang kerja di Dinas Perpajakan setelah menonton video ini anda pasti akan berterima kasih pada video ini.

karena apa? Karena saya membantu anda untuk menertibkan pengusaha-pengusaha yang tidak
taat pajak. Itu yang pertama. jadi harus transparansi masalah pajak. yang kedua adalah audit.

Apakah pengusaha level kelima ini adalah pengusaha yang siap diaudit? Jelas. Karena pengusaha yang level satu dan dua, mereka kalau diaudut, apakah contoh penjualannya dengan kwitansinya sama? Karena seringkali penjualan dengan kwitansinya berbeda. Jadi itu level-level satu dua. tapi kalau level kelima, apakah penjualannya dengan pemasukannya dengan yang ditransfer di rekening, dengan penjualan di rekening itu sama semuanya.

Kalau anda jadi audit, untuk sebagai syarat perusahaan go public, harus apa? Tidak boleh berbeda. Dan biasanya orang bisa sampai ke level kelima ini adalah perusahaannya perusahaan level nasional. Dimana perusahaan-perusahaan tersebut bukan perusahaan kecil. Dan kalau diaudit setiap saat, transparansi setiap saat ke publik, maka perusahaan ini adalah perusahaan yang memang layak untuk masuk ke publik. Karena transparansinya sudah jelas.

Jadi bukan cuma pejabat-pejabat saja yang harus mentransparansikan kekayaannya kalau mau menjadi pejabat publik. Tapi pengusaha kalau masuk level kelima, dia juga harus transparansi masalah omzet penjualannya.

Itu namanya audit. syarat ketiga adalah seberapa banyak produk anda dikenal oleh masyarakat?

Anda pasti sudah tidak asing dengan jalan tol kalau anda di kota-kota besar. Perusahaan yang
mengoperasikan jalan tol itu namanya PT. Jasa Marga Tbk. kalau nama sahamnya
atau nama public’nya kalau anda bisa dapatkan tersebut, memiliki sahamnya adalah JSMR.

Itu nama perusahaan yang sudah go public. atau anda mungkin juga tidak asing dengan perusahaan gas negara. Anda bisa dapatkan nama sahamnya dengan nama PGAS. Anda lihat, berapa banyak warga yang menggunakan jasa jalan tol?

Hampir semua kota-kota besar mereka menggunakan jasa jalan tol. anda lihat berapa banyak perusahaan yg menggunakan jasa gas-gas industri, gas perumahan, dan sebagainya. itu semua dimiliki oleh perusahaan gas. PGAS. atau  contoh mungkin TELKOM. Itu nama sahamnya TLKM. Jadi anda bisa membeli sahamnya. kita lihat, orang mana yang tidak menggunakan produk telkom sekarang?

Setiap rumah menggunakan telkom, Wi-Fi, sekarang indihome juga pakai produk dari telkom. Hampir semua pakai produk telkom. Jadi telkom itu merupakan menghubungkan komunikasi nasional. Itu contoh-contoh perusahaan-perusahaan yang besar, dimana perusahaan-perusahaan tersebut sudah pengusaha level kelima.

Hari ini kita ambil satu contoh, ada satu istilah namanya IPO, apa itu IPO? IPO itu adalah singkatan dari nama Investment, Public, Offering. Yaitu penawaran saham perdana yang diberikan kepada masyarakat apabila sebuah perusahaan itu dari level keempat mau menuju level kelima.

Jadi kalau pengusaha level kelima, itu adalah perusahaan go public. Perusahaan terbuka. Kalau dia mau menjadi perusahaan terbuka, pasti sebelum memenuhi syarat, ketika dia sudah memenuhi syarat itu semua, dia pasti ada yang namanya penawaran saham perdana.

Ini yang paling menghebohkan dunia maya atau netizen, yaitu baru-baru ini sekitar 2-3 tahun yg lalu Alibaba,anda pasti sudah kenal  Alibaba. Pemiliknya namanya Jack Ma. Jack Ma itu menawarkan saham perdana Alibaba ke publik itu dengan harga 68,7 per lembar saham 1 USD.

Dan ketika dia menawarkan IPO kepada karyawannya dan bahkan seluruh masyarakat China, karena mereka sudah tahu hari ini Alibaba mau meluncurkan saham perdananya ke publik, anda tahu apa yang terjadi di hari yang sama?

Saham yang 68,7 per lembar saham langsung naik seketika menjadi 92,7 per lembar saham US Dollar. Bisa anda bayangkan kenaikannya itu diperkirakan sekitar 30%. jadi analoginya seperti ini. Kalau anda memiliki dana sebesar 10 Milyar, maka di hari yang sama dana tersebut mendadak menjadi 13 Milyar. Jadi anda langsung untung 3 Milyar dalam hitungan jam. Wow, dan itu namanya pengusaha level kelima.

Jadi bagaimana mereka menternakkan aset uangnya, menjadi aset menggelembung berikutnya, itu dalam hitungan jam. Cara mainnya adalah, mereka mengerti perusahaan-perusahaan mana yang bagus, yang peminatnya banyak, dan mau melakukan IPO.

Sekarang sahabat entrepreneur, kalau anda sendiri di level pertama, kedua, ketiga, keempat anda belum memiliki cukup modal untuk mau membeli saham IPO, lupakan.

Contoh, anda mungkin ingin membeli sahamnya Alibaba. Bisa. Anda cuma punya 1 juta Rupiah, ya sudah. Anda langsung untung 300 ribu di hari yang sama. Tapi sekarang artinya apa anda untung 300 ribu? Jadi anda jangan pernah meremehkan orang-orang yang sudah memiliki dana dan modal kapitalis-kapitalis besar.

Kalau mereka memiliki 1 Triliun, mereka beli IPO nya, maka di jam yang sama, di hari yang sama dia langsung untung 300 Milyar.

Pertanyaan saya, anda mau dapat 300 Milyar itu bagaimana caranya?

Dan itu cash, tunai. Saya mau tanya pada anda, ada orang seumur hidup pegang uang 1M saja belum pernah. Ini dalam hitungan jam langsung untung 300 Milyar. Itulah pengusaha level kelima.

Sahabat entrepreneur, makanya enak sekali menjadi pengusaha bukan? Jadi pengusaha itu sangat-sangat nikmat. Sangat-sangat luar biasa. Tentunya kalau sudah level empat, level lima.

Tapi pada kesempatan kali ini, saya hari ini cuma mau menceritakan kesuksesan Alibaba, bagaimana kesuksesan saham dari perusahaan dan dia cuma melepas 35% saham perusahaan tersebut. Dia tidak melepas 100% nya mungkin. 35% dilepas ke publik, itupun sudah setara dengan 262 Triliun dana yang ada di market yang bisa didapatkan. Bisa anda bayangkan, betapa dahsyatnya pengusaha level kelima.

Dan ini saya ambil satu contoh Jack Ma, yaitu karena dia yang paling sukses yang baru saja melakukan IPO. Jadi tentu anda yang sudah pengusaha level kelima anda sudah tidak asing dengan istilah saham, atau IPO, atau jual beli bisnis itu.

Memang sudah tidak menjadi rahasia umum. Dan kebetulan, saya minta doa dari para subscriber dan para pemirsa setia success before 30 channel. 2-3 tahun lagi yaitu di tahun 2020, perusahaan saya akan melakukan go public.

Dan doakan agar saya dan perusahaan saya juga bia sukses membantu masyarakat Indonesia lebih sehat, lebih cantik ,dan bisa mendapatkan kualitas produk yang maksimal dari perusahaan kami.

Dan doakan agar perusahaan kami juga bisa melayani masyarakat Indonesia lebih baik. Doakan juga agar perusahaan kami bisa menjadi perusahaan terbuka yang terkenal, sukses di Indonesia. dan saya doakan, siapa tahu anda juga bisa kecipratan membeli saham IPO nya supaya anda juga ikut sukses di level kelima.

Tentunya bagi anda yang memiliki modal yang cukup untuk bisa membeli IPO atau penawaran saham perdana dari perusahaan kami. dan itulah yang bisa saya bagikan di pengusaha level kelima ini.

sukses untuk anda, salam hebat luar biasa .. !!

 

Leave a Reply