5 Pertanda Anda Akan Menjadi Orang yang Minder Seumur Hidup

0
1267

5 Pertanda Anda Akan Menjadi Orang yang Minder Seumur Hidup

Klik disini untuk melihat di YouTube
Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada topik kali ini saya akan membahas tentang orang minder. Apakah anda tergolong orang yang minder? Apakah anda tergolong orang yang tidak percaya diri? Baik, topik kali ini saya akan membahas : “5 Pertanda Anda Akan Menjadi Orang yang Minder Seumur Hidup”.

Baik, bicara tentang pertanda-pertanda ini, anda harus check up. Jadi video ini dibuat tujuannya untuk mengetahui apakah anda ini adalah orang yang minder atau tidak.

 

1. Lingkungan

Yang pertama adalah lingkungan. Apa maksudnya tanda yang pertama adalah lingkungan? Jadi begini.. Orang yang sukses itu biasanya optimis dan positif. Tetapi mereka sering berada di lingkungan yang negatif. Lingkungan negatif artinya adalah lingkungan dengan tipe orang yang suka menggosip hal-hal tidak jelas, menggosip hal-hal membuat semangatnya runtuh, menggosip segala sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan masa depan, dan membicarakan orang lain.

Itu pertanda anda adalah orang-orang yang minder. Orang yang minder memilih lingkungan yang seperti itu. Tetapi dia cenderung mencari lingkungan yang menyamankan dirinya. Orang yang menyamankan dirinya adalah tipe-tipe orang yang kecenderungannya minder. Kalau saya nyaman dengan orang yang suka menggosip, berarti saya cenderung orang yang minder.

Misalkan saya tidak nyaman berkumpul dengan orang-orang kaya. Saya justru nyaman berkumpul dengan orang-orang yang penghasilannya tidak pasti/pekerjaannya tidak jelas. Tetapi saya kok merasa nyaman dengan mereka? Ini artinya anda adalah orang yang minder. Ketika anda hari ini berkumpul dengan seseorang yang status sosialnya lebih tinggi, anda langsung diam seribu bahasa. Tidak berani bicara apa-apa. Ini adalah pertanda bahwa anda orang yang minder. Jika anda adalah orang yang minder, besar kemungkinan anda harus segera mengubah diri anda. Kalau tidak, maka anda selamanya akan menjadi orang yang minder.

 

2. Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Pertanda yang kedua adalah selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Orang-orang yang minder itu cenderung malu. Mereka tidak berani tampil di depan publik. Kemudian mereka hanya berani di social media. Mereka hanya like status orang lain. Kalau update tentang diri sendiri tidak berani. (‘Saya malu.. Saya minder’). Dan mereka selalu membandungkan bajunya dengan baju temannya. Dia selalu membandingkan model rambutnya dengan temannya. Ia selalu takut dan memikirkan, “Apakah saya ini cantik atau tidak?”. Ini contoh orang-orang yang cenderung minder.

Menurut saya, orang yang minder itu ‘nggak pede banget’. Jadi, jangan selalu membandingkan diri anda dengan orang lain. Karena apa? Kalau anda selalu membandingkan diri anda dengan orang lain, maka hidup anda tidak akan bahagia. Boleh anda mencari partner membandingkan diri untuk membuat diri anda lebih maju. Tidak apa-apa. Itu positif.

Tetapi jika anda cenderung berkata, “Aduh.. Orang lain kok cantik/keren banget ya..? Wajah saya banyak jerawat, saya tidak pede.. Badan saya gemuk banget, saya tidak pede.. Orang lain kok bisa langsing ya?”. Kalau anda gemuk, berolahragalah. Jaga pola makan. Kalau wajah berjerawat ya dirawat. Jadi wajah itu dirawat, bukan di-edit.. Jangan pakai aplikasi mempercantik wajah. Jika begitu, artinya anda cenderung minder. Begitu melihat wajah aslinya, amit-amit jabang bayi.. :p

Menurut saya itu tidak pantas. Jadi apabila anda sering merasa tidak pede, apalagi jika melihat artis, “Wah, artis itu kok cantik banget ya..”. Lalu anda menjadi minder. Kalau melihat teman anda yang cantik/keren, “Aduh, aku jadi minder kalau jalan bersama mereka..”. Anda selalu membandingkan diri dengan mereka.

Ingat sahabat entrepreneur, orang sukses itu tidak selalu cantik, keren dan ganteng. Tidak selalu. Anda perhatikan banyak artis-artis terkenal. Mereka tidak cantik dan tidak ganteng. Tetapi mereka lucu, humoris. Mereka punya kelebihan.

So, be yourself. Stop comparing your life to others.

Maksudnya apa? Berhentilah membandingkan hidup anda dengan orang lain. Kalau anda selalu membandingkan hidup anda dengan orang lain, maka anda tidak akan pernah bahagia. Trust me.

 

3. Anda selalu hidup dari apa kata orang

Yang ketiga, anda selalu hidup dari apa kata orang. Nanti teman saya bilang apa tentang saya? Nanti saya dikatain saudara saya apa ya? Kalau saya pakai baju ini digosipin gak ya? Inilah ciri-ciri orang minder. Kalau anda mau pakai baju apapun, ya sudah. Pakai saja. Mengapa sih anda harus pusing dengan apa kata orang? Kalau seandainya saya melakukan ini lalu digosipiin teman saya bagaimana? Kalau teman saya tidak senang bagaimana? Lalu kalau saya tidak diterima di lingkungan saya bagaimana? Nanti apa kata teman saya?

Sahabat entrepreneur, bagi saya itu artinya anda hidup dengan apa kata orang lain. Dan anda tidak mengambil kendali dalam hidup anda sendiri. Jika anda ingin bahagia, ambillah kendali dalam hidup anda. Dan hidup anda jangan dikendalikan oleh orang lain. Orang lain berkata apa, anda ikuti. Ingat, 50 orang itu berarti 50 kata-kata. Apakah setiap hari anda akan hidup dengan 50 topeng yang berbeda?

Berusahalah menjadi diri anda sendiri

Pede aja.. Jadi yang terpenting, anda pasti punya kelebihan. Maka, fokuslah pada kelebihan anda. Mengapa anda harus pusing dengan apa kata orang lain?

 

4. Anda cenderung tidak percaya diri

Yang keempat, anda cenderung tidak percaya diri. Saya tidak pede karena handphone saya mereknya murahan. Teman saya sudah pakai Iphone. Gadget’nya sudah keren-keren. Harganya 10 juta. Sedangkan saya tidak punya. Saya kalau ingin berteman dengan mereka merasa tidak level & tidak pede. Bagi saya, hari ini orang sukses itu tidak tergantung dari apa gadgetnya. Anda lihat, banyak miliarder dunia itu gadgetnya biasa-biasa saja. Lalu mengapa gadget itu mengganggu diri anda? Anda harus menjadi orang yang PEDE.

Mengapa? Kalau misalkan anda bertanya, “Nanti kalau saya over pede bagaimana pak? Saya ‘kan jadi pusing juga..”.  Begini sahabat entrepreneur, anak-anak muda sering tidak bisa membedakan antara percaya diri dengan over pede. Percaya diri itu artinya diri anda melakukan sesuatu dengan mantap dan tenang. Kalau anda mekakukan sesuatu karena motivasinya adalah agar terlihat keren, terlihat hebat, supaya ini itu, dll. Tetapi kalau segala sesuatunya dengan berhutang, itu tidak benar. Silahkan anda cek video-video saya yang lainnya. Terlihat kaya itu tidak penting. Tetapi, menjadi kaya itu penting. Menjadi kaya itu jauh lebih penting daripada terlihat kaya.

Anda tidak harus terlihat kaya raya untuk bisa percaya diri.

Misalkan hari ini penampilan anda biasa saja. Yang penting rapi & sopan, tetapi anda percaya diri. Anda tidak usah peduli jika anda dibully/diolok-olok oleh teman anda sehingga anda merasa pusing/bingung. “Mengapa sih teman-teman saya itu rese’ banget?”.

Ingat, mereka punya mulut. Mereka berhak berkata apapun. Please.. Menurut saya, anda tidak perlu mendengar apa kata orang. Yang penting kalau anda tahu itu benar, anda lakukan dengan percaya diri, that’s it. Suatu hari kalau anda sukses pun, mereka juga tidak akan memberikan tepuk tangan. Kalau anda gagal, mereka juga tidak mau menolong anda. Mengapa anda harus memusingkan apa kata mereka? Pede saja..

Jadi adik-adikku yang saya cintai, anda harus berani menjadi orang yang percaya diri. Supaya anda tidak menjadi orang yang minder. Jadi ini adalah salah satu pertanda minder. Anda selalu tidak percaya diri.

 

5. Anda tidak merawat diri dengan baik

Dan pada pertanda yang terakhir ini, pantas saja anda menjadi orang yang minder. Karena anda tidak merawat diri dengan baik. Pertanda kalau anda minder adalah mungkin karena rambut anda tidak rapi. Kemudian gigi kuning semua. Lalu mohon maaf, kalau di dekatnya ada bau badan. Sehingga orang-orang di sekeliling anda tidak nyaman dengan anda. Mereka mau mengatakan kepada anda rasanya juga sungkan. Mereka juga tidak tega.

Tetapi anda harus introspeksi diri. Mungkin baju anda juga tidak pernah ganti selama 3 hari. Atau mungkin celana jeans’nya baru ganti seminggu sekali, biasanya ini para cowok. Sehingga mungkin anda terlihat jorok. “Pak, saya tidak punya uang..”. Oke, saya paham. Tetapi yang penting anda itu rapi. Anda tidak perlu mengatakan “Pak, saya tidak punya uang untuk ganti baju setiap hari..”. Saya tidak mengatakan anda harus seperti itu. Baju yang harganya terjangkau juga banyak. Yang terpenting, anda itu terlihat rapi.

Masalahnya, yang membuat anda minder adalah karena anda tidak terlihat rapi. Bahkan anda terlihat lusuh. Bahkan anda terlihat seperti orang yang tidak terawat dengan baik. Menurut saya begini, anda hari ini mau atau tidak berteman dengan orang yang seperti itu? Menurut saya anda sendiri juga akan pikir-pikir. Nah, sekarang pertanyaannya, anda berteman dengan orang seperti itu saja anda tidak mau, cobalah berkaca. Cari cermin.

Anda sendiri orang yang tipe seperti itu atau bukan?

Jadi, potonglah rambut yang rapi. Rawat rambut dengan baik, kemudian cuci muka dengan benar. Jika anda merasa minder, “Saya kurus kering pak, saya diolok-olok badan saya seperti sapu lidi..” Yah.., biarkan saja. Anda harus bersyukur jika badan anda seperti sapu lidi. Karena apa? Banyak orang yang gemuk itu ingin kurus seperti anda, tetapi mereka tidak bisa. Lalu begitu pula sebaliknya dengan orang gemuk.

Jadi, anda harus menemukan celah untuk bersyukur.

Ketika anda bisa menemukan celah untuk bersyukur, niscaya anda tidak akan menjadi orang yang minder. Pasti ada kelebihan pada diri anda. Entah anda itu gemuk, entah anda itu kurus, entah anda itu apapun, yang terpenting penampilan harus dijaga dengan baik. Dan anda tidak harus meminta pengakuan orang lain. Percaya pada saya. “Pak, saya sudah menjaga penampilan dengan baik. Tetapi tetap saja teman-teman saya mengatakan bahwa saya jelek, saya tidak cantik, saya tidak keren”. Please, anda tidak bertanggung jawab atas hidupnya, dan dia tidak bertanggung jawab atas hidup anda.

Jadi menurut saya, anda tidak perlu memusingkan apa kata orang lain. Jika hidup anda selalu berputar-putar di 5 pertanda ini, maka itu adalah pertanda bahwa anda adalah orang yang minder, MINDER BANGET. Tidak enak loh menjadi orang yang minder. Yang terpenting, anda harus menjadi orang yang percaya diri. Sampaikan apa yang benar, sampaikan apa yang oke, yang penting masuk akal dan anda mempunyai suatu prinsip di dalam hidup anda. Niscaya anda sudah bangkit dari keminderan anda.

Semoga video ini bisa memberikan anda sebuah check up pada diri anda sendiri, apakah anda adalah orang minder atau tidak. Dan semoga anda bisa segera bangkit dari rasa minder anda. Serta menjadi orang yang lebih percaya diri, konsisten, bersemangat, dan juga lebih baik. Jangan lupa klik like, anda juga bisa memberikan komentar positif serta jangan lupa klik subscribe. Ada 2 video disini serta ada icon lonceng silahkan anda klik. Maka anda akan mendapatkan notifikasi setiap ada video terbaru dari channel SB30. Semoga anda segera bangkit dari keminderan anda.

Salam hebat luar biasa..!!

Pada topik kali ini saya akan membahas tentang orang minder.

Pada topik kali ini saya akan membahas tentang orang minder.

Pada topik kali ini saya akan membahas tentang orang minder. Apakah anda tergolong orang yang minder? Apakah anda tergolong orang yang tidak percaya diri? Baik, topik kali ini saya akan membahas : “5 Pertanda Anda Akan Menjadi Orang yang Minder Seumur Hidup”.

Leave a Reply