5 Pertanyaan yang Perlu Anda Tanyakan Pada Diri Sendiri Agar Tetap Produktif

0
243

5 Pertanyaan yang Perlu Anda Tanyakan Pada Diri Sendiri Agar Tetap Produktif

 

Gangguan ada dimana-mana. Anda tidak perlu pergi jauh untuk menemukannya di dunia nyata atau online. Bagaimana cara anda menavigasi gangguan ini, dan singularitas fokus anda sangat berkaitan dengan tingkat keberhasilan anda.

Anda telah menetapkan tujuan anda, dan anda tahu ingin menjadi apa. Ini hanya tentang masalah yang menempel pada tujuan anda. Dan pastikan bahwa anda telah bekerja pada tugas-tugas yang tepat.

Berikut adalah lima pertanyaan yang perlu anda tanyakan pada diri sendiri agar tetap produktif. Hal ini untuk memastikan bahwa anda benar-benar dapat menghindari gangguan saat anda bekerja :

 

1. Apa saja tiga atau empat hal yang sudah anda selesaikan hari ini?

idea-1880978_960_720Sangat penting untuk menutup setiap hari anda dengan menyelesaikan tugas-tugas anda pada hari tersebut. Perhatikan baik-baik jadwal dan prioritas anda. Memang terasa sangat mudah untuk menulis selusin tugas pada daftar to-do-list harian. Akan tetapi, apa saja tugas yang benar-benar perlu anda lakukan agar anda semakin produktif? Pastikan tugas tersebut anda selesaikan pada hari itu juga.

“Kuncinya adalah dengan tidak memprioritaskan apa yang ada di jadwal anda. Namun menjadwalkan apa saja prioritas anda” – Stephan Covey

2. Apakah ini sesuai dengan rencana anda yang lebih besar?

Ini tidak selalu tentang sesuatu yang ada di lingkungan atau dunia online yang dapat mengganggu kita. Kita bisa dengan mudah menjadi terganggu oleh ide kita sendiri. Pastikan ide anda sejalan dengan rencana anda. Jika ide itu bukanlah sesuatu yang membawa anda menuju tujuan anda yang lebih besar, mungkin ide tersebut harus digantikan dengan ide anda yang lain. Pastikan ada tujuan sebenarnya di balik cara anda menghabiskan waktu anda.

 

3. Apa yang anda lakukan ketika hari masih pagi sekali dan ketika larut malam?

Sangat mudah bagi kita untuk mengeluh tentang tidak memiliki waktu untuk melakukan sesuatu. Namun kemudian kita dapat menghabiskan tiga jam untuk menonton televisi pada larut malam. Hal ini semudah ketika anda memulai hari dengan menanggapi pesan di kotak masuk dan membuka social media sebelum anda beranjak dari tempat tidur.

Jika anda mulai beraktivitas antara jam 6 dan 7 pagi, lalu selesai bekerja antara jam 5 dan 6 sore. Sebenarnya anda telah berhasil membangun waktu untuk fokus pada pekerjaan anda tanpa gangguan komunikasi atau gadget. Cobalah untuk mengambil satu hari di akhir pekan untuk bekerja, atau cobalah untuk menemukan waktu yang tepat ketika tidak ada orang lain yang dapat mengganggu produktivitas anda saat bekerja.

 

4. Apakah yang anda lakukan saat ini sangat penting atau produktif?

Sangat mudah bagi kita menghabiskan waktu untuk membaca dengan teliti media sosial. Dan bahkan memahami trik media sodial yang baik untuk bisnis anda. Membangun platform digital sangat penting untuk bisnis apapun. Tetapi penting untuk jujur pada diri sendiri mengenai ‘Apakah tugas anda saat ini dapat membantu bisnis anda?’

Pertanyaan ini bagus untuk mengetahui sejauh apa anda telah menjalankan bisnis. Tanyakan pada diri anda sendiri. Apakah yang anda lakukan benar-benar membantu anda mencapai tujuan-tujuan yang lebih besar..? Dan jujurlah dalam menjawabnya.

“Produktivitas bukanlah merupakan sebuah kebetulan. Ini selalu merupakan hasil dari komitmen demi keunggulan, perencanaan cerdas, dan usaha yang terfokus”-. Paul J. Meyer

5. Apakah anda tahu apa yang anda inginkan besok?

board-751991_960_720Sebelum semangat anda menurun dan hilang, luangkan waktu lima menit untuk berpikir tentang esok hari. Cari tiga atau empat hal yang perlu anda lakukan dan catat apa saja hal tersebut. Anda selalu bisa membawa notebook dan menuliskan ide-ide tambahan ketika anda berada dimanapun.

Ini lebih mudah dilakukan daripada bisnis anda harus tergelincir dan kehidupan anda tidak memiliki semangat produktivitas. Dibutuhkan upaya besar untuk dapat menyelesaikan tugas harian dengan baik. Pastikan bahwa anda melakukan apa saja untuk menggapai tujuan bisnis anda dan tetaplah setia menyelesaikan tugas-tugas yang akan membantu anda mencapai keberhasilan.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply