5 Sikap Kepemimpinan yang Perlu Dilakukan Setiap Hari Menurut Henry Ford

0
687
http://www.thetimes.co.uk/tto/multimedia/archive/00340/113908587_Ikea_01_340991c.jpg

5 Sikap Kepemimpinan yang Perlu Dilakukan Setiap Hari Menurut Henry Ford

 

Ketika mendekati libur panjang, banyak orang  yang berharap untuk bisa pergi liburan. Tetapi tidak bagi pengusaha. Pengusaha tahu bahwa ketika libur tiba, itu adalah saat yang tepat untuk ‘mencari Rupiah’.

Libur panjang adalah waktu yang tepat untuk menambah omset dan mengembangkan bukan hanya keterampilan bisnis anda. Tetapi juga keterampilan kepemimpinan anda. Bahkan pada musim panas tahun 1899, Henry Ford meninggalkan posisinya sebagai chief engineer di kantor pusat Edison Illuminating Company untuk berkonsentrasi pada produksi mobil.

Ford tahu bahwa ia harus meninggalkan ‘posisi aman’nya di perusahaan tersebut untuk mengeksplorasi kehidupan baru sebagai pengusaha. Seperti yang kita ketahui, Ford adalah salah satu penemu besar asal Amerika. Jika anda pernah mempelajari keterampilan kepemimpinannya, maka anda akan mengakui bahwa beliau benar-benar seseorang yang menakjubkan.

Jack Ma : Nasihat Kesuksesan di Tahun 2017 sukses usia muda usia tua sebelum 30 Jack Ma miliader kaya finansial work bekerja motivasi inspirasi kisah suksesPemimpin layaknya wirausahawan, adalah suatu posisi yang diidam-idamkan banyak orang. Namun hanya segelintir orang yang mampu mencapai dan menampilkan kemampuan kepemimpinan sejati. Saat ini anda berada dalam peran dimana anda adalah seorang bos, pengawas, dan menjadi pengusaha maupun seorang founder. Namun itu belum membuktikan secara default bahwa anda adalah seorang pemimpin yang baik.

Anda dapat memulai bisnis, tetapi itu tidak berarti anda dapat memimpin usaha anda, atau bahkan staf karyawan anda dengan baik. Kepemimpinan membutuhkan keseimbangan antara  kekuasaan, kasih sayang, ketabahan dan kelembutan. Juga bagaimana cara anda ‘menyetir’ bisnis anda dan menghargai karyawan anda. Hal-hal seperti ini mungkin merupakan peran terberat bagi para pengusaha. Dimana seorang pengusaha harus berani melangkah maju dan mewujudkan visi mereka.

Jangan menipu diri anda sendiri dengan berpikir :

‘Bisnis anda merupakan ide yang bagus.

Itu artinya, anda adalah seorang pemimpin yang baik’.

Mengembangkan dan menumbuhkan sifat-sifat pemimpin besar dimiliki dengan melakukan tindakan kecil yang dilakukan setiap hari.

Terkait: 12 Hal Berbeda yang Dilakukan oleh Orang yang Memiliki Rasa Percaya Diri

Berikut ini adalah lima hal yang dilakukan pemimpin setiap hari, terinspirasi dari sikap kepemimpinan Henry Ford :

 

1. Mendengarkan

“Jika ada sebuah rahasia sukses, itu terletak pada kemampuan untuk mendapatkan sudut pandang orang lain. Juga melihat hal-hal dari sudut orang tersebut serta dari sudut pandang anda sendiri.”

Sikap kepemimpinan yang nyata membutuhkan lebih banyak “mendengarkan” daripada “berbicara”. Ketika anda diam sejenak untuk benar-benar mendengarkan saat orang lain bebicara dan tenggelam dalam perspektif mereka. Serta membiarkan diri anda untuk menganggap gagasan anda sendiri selalu benar, maka artinya anda menunjukkan kualitas sesungguhnya dari seorang pemimpin.

Anda harus lebih sering mendengarkan daripada berbicara, dan belajar bagaimana cara mendengarkan orang lain dengan baik. Ini bukan berarti bahwa sudut pandang orang lain tentu akan lebih baik. Tetapi hanya dengan mendengarkan, anda bisa mendapatkan wawasan baru.Seorang pemimpin hebat akan menghargai pendapat orang lain daripada memaksakan pendapat mereka sendiri harus diterima orang lain.

2. Menilai

“A business that makes nothing but money is a poor business”.

http://www.specialneedslawattorney.com/wp-content/uploads/2013/12/to-do-list.jpg

Setiap hari, para pemimpin hebat menilai bisnis mereka, kegiatan pada hari tersebut dan juga menilai tim mereka, produk dan waktu. Uang adalah alasan penting dan uang diperlukan untuk bisnis. Anda membutuhkan uang untuk berkembang, bertahan dan menjaga bisnis anda agar tetap berjalan. Uang adalah hal yang menakjubkan. Namun, uang saja tidak akan cukup untuk kebaikan staf anda, komunitas anda atau untuk mendapatkan ruang lingkup yang lebih besar untuk bisnis anda.

Pemimpin sejati akan menilai apakah bisnis mereka efisien di  semua daerah, dan apakah ada daerah yang tidak efisien untuk bisnis mereka. Dan juga memikirkan bagaimana hasil keputusan moneter mereka terhadap kriteria lain. Keputusan moneter tidak selalu dapat diukur oleh diri sendiri. Terkadang mereka harus seimbang terhadap nilai-nilai seperti integritas, visi dan tujuan. Seorang pemimpin sejati menilai karyawan mereka juga dirinya sendiri, kemudian membuat penyesuaian.

 

3+4. Meningkatkan kualitas & take action

“You can’t build a reputation on what you are going to do”.

Setelah mereka menilai, pemimpin sejati akan mencari cara agar bisa meningkatkan kualitas bisnisnya. Ketika mereka sudah mengidentifikasi cara-cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, mereka akan langsung bertindak. Ini adalah siklus abadi : Menilai, meningkatkan, dan melakukan tindakan.

Pemimpin sejati tidak hanya memberlakukan siklus pada bisnis mereka. Namun, mereka juga menerapkannya untuk diri mereka sendiri. Bagaimana agar mereka bisa menjadi komunikator yang lebih jelas dan menjadi pemimpin yang lebih baik? Bagaimana cara mereka meningkatkan keterampilan mereka?

Kepemimpinan adalah proses yang terus berkembang untuk diri sendiri dan bisnis anda. Mulailah mengembangkan diri anda dari dalam dan bekerja dengan cara anda sendiri.

5. Mengharapkan

“Quality means doing it right when nobody is looking.”

http://kerjayuk.com/blog/wp-content/uploads/2015/08/think-like-a-leader-798x350.jpg

Pemimpin sejati memiliki harapan yang tinggi pada orang lain. Tetapi mereka juga memiliki harapan yang tinggi pada diri mereka sendiri. Pemimpin sejati berharap lebih pada diri mereka sendiri melebihi harapannya pada anggota timnya. Mereka memimpin dengan memberikan contoh, bukan dengan ancaman. Mereka menginspirasi tim mereka untuk dapat tampil lebih baik daripada menuntut tim mereka ‘harus bisa’ melakukan apa yang ia katakan.

Pemimpin sejati juga tahu bahwa terkadang anggota tim tidak akan bisa sesuai dengan harapannya. Tim perlu berkembang, dan seorang pemimpin harus mengambil tindakan. Menjadi seorang pemimpin berarti harus berani membuat keputusan. Keputusan yang diambil tidak berdasarkan emosi pribadi, tetapi kebaikan tim. Seorang pemimpin tahu bahwa ada situasi dimana perubahan harus dilakukan.

Berharaplah lebih banyak kepada diri sendiri untuk membangun dan mempertahankan bisnis anda, juga tim anda. Pemimpin sejati membuat perubahan yang diperlukan dan melakukan hal yang benar untuk kebaikan seluruh anggota tim.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Berikut ini adalah lima hal yang dilakukan pemimpin setiap hari, terinspirasi dari sikap kepemimpinan Henry Ford :

Berikut ini adalah lima hal yang dilakukan pemimpin setiap hari, terinspirasi dari sikap kepemimpinan Henry Ford :

Pemimpin layaknya wirausahawan, adalah suatu posisi yang diidam-idamkan banyak orang. Namun hanya segelintir orang yang mampu mencapai dan menampilkan kemampuan kepemimpinan sejati. Berikut ini adalah lima hal yang dilakukan pemimpin setiap hari, terinspirasi dari sikap kepemimpinan Henry Ford :

Leave a Reply