5 Tahapan yang Harus Anda Lakukan Ketika Anda Sedang Jatuh Bangkrut & Miskin

0
7

 

5 Tahapan yang Harus Anda Lakukan Ketika Anda Sedang Jatuh Bangkrut & Miskin

Klik disini untuk melihat di YouTube
Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada video kali ini saya akan membahas tentang hal penting bagi anda yang saat ini dalam kondisi kesusahan. Bagi anda yang saat ini mengalami kondisi sulit/kondisi terhantam badai. Semoga video ini bisa menghibur dan memberikan anda solusi. Jadi, pada video kali ini saya akan membahas tentang : “5 Tahapan yang Harus Anda Lakukan Ketika Anda Sedang Jatuh Bangkrut & Miskin”.

Bicara tentang kondisi seperti ini, memang video ini ditujukan bagi anda yang mungkin orang tua anda dulu dalam kondisi ekonomi yang cukup berada. Tetapi mungkin kondisi ekonomi orang tua anda saat ini sedang terpukul. Atau mungkin bagi anda sahabat entrepreneur yang menonton channel saya ini. Mungkin kondisi bagi anda yang pernah sukses, pernah kaya raya, pernah punya usaha besar tetapi jatuh bangkrut. Sebetulnya video ini memang ditujukan untuk anda. Saya berbicara soal video ini tentunya berasal dari pengalaman saya pribadi.

Orang tua saya dulu memang dari kondisi ekonomi yang tidak terlalu kaya raya, tetapi biasa-biasa saja. Namun kami tidak tergolong kalangan menengah ke bawah. Tidak. Tetapi kondisi ekonomi orang tua saya pada saat itu pernah jatuh. Ketika kondisi ekonomi jatuh, apa yang saya lakukan sehingga saya bisa bangkit kembali? Sebenarnya hal ini sudah saya ceritakan di buku ‘Badai Pasti Berlalu’. Tetapi mungkin untuk lebih sistematisnya saya bagikan melalui video ini.

 

1. Jangan membohongi diri sendiri

Tahapan yang pertama adalah jangan membohongi diri sendiri. Banyak orang itu sudah harus sadar jika kondisinya saat ini sedang jatuh. Atau kondisi ekonomi anda saat ini sedang tidak baik. Anda selalu hidup di masa lalu. Dan anda selalu membohongi diri sendiri. Setiap hari masih makan di restoran, setiap hari masih memakai pakaian mewah. Setiap hari lifestyle/gaya hidupnya tidak bisa menurun dengan kondisi yang ada saat itu. Menurut saya anda harus sadar dan anda tidak boleh membohongi diri sendiri.

Saya selalu mengatakan : “menjadi kaya itu penting, tapi terlihat kaya itu tidak penting”. Anda jangan menjadi manusia yang selalu mau terlihat kaya. Padahal kondisi anda sudah tidak kaya raya lagi. Bahkan kondisi anda saat ini sedang jatuh miskin, sedang bangkrut. Anda harusnya sadar. Please.. Jujurlah pada diri anda sendiri. Jangan bohongi diri anda sendiri. Anda harus sadar bahwa anda tidak siap menerima kenyataan. Jadi mulai dari sekarang, nomor satu adalah cepat sadari, jangan membohongi diri sendiri. Itu yang pertama.

 

2. Buatlah tindakan untuk memotong pengeluaran yang tidak perlu

Yang kedua adalah buatlah tindakan untuk memotong pengeluaran yang tidak perlu. Jadi mulai dari sekarang, kalau dulu dalam sehari jatah makan anda di restoran misalkan dalam sehari anda harus mengeluarkan uang 200-300 ribu. Woow.. Mungkin bagi anda uang 200-300 ribu itu tidak ada artinya. Tetapi ketika sekarang anda sudah jatuh bangkrut, kondisi ekonomi tidak baik. Jangankan uang 500 ribu, uang 10 ribu saja menjadi berharga.

Sahabat entrepreneur, saya pernah mengalami masa-masa sulit, dimana untuk membeli nasi putih saja tidak bisa. Di dalam kondisi seperti itu, saya harus sadar. Saya harus menghemat pengeluaran saya dan menghitung pengeluaran saya. Saya sadar bahwa ini adalah realita, ini kenyataan. Dan kita tidak bisa menutupi diri dari semua itu. Jadi ketika saya sudah membuat daftar keuangan, maka saya mengubah gaya hidup saya. Ketika saya sudah mengubah gaya hidup saya, maka saya tidak lagi menganggap uang 500 ribu itu kecil. Tetapi saya menganggap uang 500 ribu itu sangat besar.

Kita juga pernah memperhatikan, banyak artis-artis yang dulunya pernah jaya & pernah sukses, tiba-tiba harus banting setir untuk menghidupi perekonomian keluarga. Kita lihat di Indonesia banyak. Salut, mereka masih mau bertahan. Ada yang jualan bubur, ada yang sekarang harus ngojek, contohnya seperti itu. It’s okay.., Karena roda kehidupan itu selalu berputar, sahabat entrepreneur. Tidak selalu di atas. Roda itu terkadang di bawah. Dan ketika anda di bawah, maka anda tidak boleh stress/depresi. Anda seharusnya BANGKIT..!!

 

3. Jangan gengsi untuk minta tolong

Tahapan yang ketiga adalah jangan gengsi untuk minta tolong. Seringkali yang saya sebut ‘mantan orang kaya’/’mantan orang berada’ ketika dia jatuh, maka dia tetap gengsi untuk meminta tolong. Dia masih merasa dirinya seperti dahulu. Padahal, seharusnya anda jangan menjadi orang yang keras kepala. Kalau memang anda sedang dalam ‘kondisi harus minta tolong’, maka mintalah bantuan.  Dan semoga saya harap ada orang yang mau menolong anda.

Mengapa? Karena kalau memang reputasi anda baik, anda mungkin dulu tidak pernah menipu, anda dipercaya oleh orang lain, saya percaya pasti banyak bala bantuan menolong anda. Tetapi kalau memang dasarnya/dulunya anda kaya raya dengan cara yang tidak benar, anda kaya raya dengan cara yang tidak tepat, saya percaya ketika anda hari ini mengalami kesulitan, saya yakin tidak ada yang mau menolong anda. Jadi menurut saya, poin ketiga ini sangat tepat bagi anda yang memang dulu dalam kondisi sukses dengan cara yang benar.

 

4. Mulai perhitungkan jumlah hutang yang bisa anda lunasi dengan cara per hari.

Poin yang keempat adalah mulai perhitungkan jumlah hutang yang bisa anda lunasi dengan cara per hari. Sebetulnya sahabat entrepreneur, saya sudah banyak membahas tips-tips finansial. Saya sudah banyak membahas tentang ketika seseorang sedang mengalami masa-masa sulit, anda harus mem’breakdown targret anda, bahkan kondisi finansial anda per hari. Saya disini ada beberapa video rekomendasi. Dengan modal 27 ribu anda bisa mempersiapkan pernikahan. Dengan 5 ribu Rupiah saja anda bisa memiliki logam emas. Anda bisa tonton video-video saya yang lain. Contoh tentang bagaimana uang kecil itu ternyata dampaknya besar.

Anda juga mulai dari sekarang harus mulai memperhitungkan. Misalkan jumlah hutang anda 100 juta Rupiah. Anda harus hitung, sekarang anda bisa menghasilkan uang berapa Rupiah per hari? Anda harus hitung. Kalau misalkan 100 juta ini anda target. Anda bisa melunasi misalkan dalam 2 tahun.

Di dalam 2 tahun terdapat  700 hari. Di dalam 700 hari, anda harus menghitungnya. Berarti anda per hari harus membayar hutang berapa Rupiah? Dan saya percaya anda pasti menemukan 1 angka. Mungkin 15 ribu atau berapa. Anda harus menghitungnya. Dan dari situ anda pasti menemukannya. Berarti anda harus mencari profit 15 ribu per hari. Dan jangan remehkan kekuatan 15 ribu. Kalau anda komitmen, potong semuanya dengan tips melunasi hutang dengan tenang dan sebagainya, saya juga ada videonya. Saya yakin sebetulnya hutang anda pasti akan komitmen lunas, asalkan anda punya itikad baik.

Kalau anda memang dasarnya tidak punya itikad baik, susah. Berarti video ini tidak ditujukan untuk anda. Video ini ditujukan pada anda kalau memang anda punya hutang, anda punya itikad baik, anda bisa komitmen dengan orang yang memberikan piutang kepada anda. Dan anda silahkan bernegosiasi dengan beliau. Entah itu dengan bank, rentenir atau saudara, jika anda punya itikad baik, maka cicillah hutang tersebut. Niscaya pelan tapi pasti hutang anda akan lunas.

 

5. Buatlah terobosan dan belajar hal yang baru

Tahapan yang kelima, buatlah terobosan dan belajar hal yang baru. Jadi sahabat entrepreneur, mungkin anda selama ini ada kesulitan/masalah sehingga mungkin kepala anda pening. Tidak bisa membuat suatu terobosan yang baru. Padahal, menurut saya ketika anda sudah tenang, nyaman dan komitmen sudah ada, maka jangan tingkatkan dahulu gaya hidup anda. Tetapi anda harus  cari solusi. Membuat terobosan baru.

Saya salut pada teman-teman kita, subscriber setia channel SB30 yang ada di luar negeri sebagai BMI/sebagai TKI. Mereka mengalami kesulitan ekonomi di negara kita. Tetapi setelah mereka bekerja di luar negeri, saya percaya mereka adalah orang-orang yang melakukan terobosan. Anda jangan gengsi. Banyak orang-orang yang masih di negara kita yang gengsi. Disuruh menjadi tenaga kerja di negeri orang, mereka tidak mau.

Oleh sebab itu sahabat entrepreneur, anda harusnya melakukan suatu terobosan. Terobosan itu bisa berupa apapun. Intinya, bagaimana anda bisa meningkatkan penghasilan anda. Dan percayalah, badai itu pasti berlalu. Kalau misalkan hari ini anda mengalami kesulitan , mengalami tantangan, ini saya tunjukkan melalui sebuah karya saya. Di karya itu saya berbagi bahwa kesulitan itu bukan tidak bisa dilewati. Bisa. Jika ada masalah, bukan berarti tidak bisa bisa diselesaikan. BISA.

Jadi sahabat entrepreneur, hari ini kalau anda ingin sukses, belajarlah dari orang yang lebih sukses. Kalau anda ingin berhasil, belajarlah dari orang yang lebih berhasil.

– Learn something new –

Belajarlah sesuatu yang baru supaya anda bisa mempunyai satu warna baru yang lebih baik. Demikian sahabat entrepreneur untuk tips saya kali ini. Semoga bisa memberikan anda solusi, dan beberapa tahapan-tahapan tersebut bisa memberikan anda suatu gambaran supaya anda bisa melewati badai-badai dan masa-masa sulit.

Bila anda menyukai video seperti ini silahkan klik like, berikan komentar-komentar positif dan jangan lupa subscribe, serta silahkan berbagi kepada teman-teman anda yang membutuhkan. Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Ada 2 video disini silahkan anda klik untuk menambah wawasan anda.

Selalu salam hebat luar biasa..!!

Kali ini saya akan membahas tentang : “5 Tahapan yang Harus Anda Lakukan Ketika Anda Sedang Jatuh Bangkrut & Miskin”.

Kali ini saya akan membahas tentang : “5 Tahapan yang Harus Anda Lakukan Ketika Anda Sedang Jatuh Bangkrut & Miskin”.

Pada video kali ini saya akan membahas tentang hal penting bagi anda yang saat ini dalam kondisi kesusahan. Video ini ditujukan bagi anda yang mungkin pernah sukses, pernah kaya raya, pernah punya usaha besar tetapi jatuh bangkrut. Kali ini saya akan membahas tentang : “5 Tahapan yang Harus Anda Lakukan Ketika Anda Sedang Jatuh Bangkrut & Miskin”.

Leave a Reply