5 Tips Agar Tidak Mengalami Stress di Tempat Kerja

0
20

5 Tips Agar Tidak Mengalami Stress di Tempat Kerja

 

Tidak peduli apapun pekerjaan anda, pekerjaan bisa membuat anda merasa stress.

Tidak peduli apapun pekerjaan anda, pekerjaan bisa membuat anda merasa stress. Tetapi, bagaimana jika stress begitu membuat anda merasa tidak punya waktu untuk bersantai? Anda akhirnya membawa tumpukan pekerjaan anda ke rumah, dan mulai mengurangi waktu yang seharusnya anda habiskan untuk diri anda sendiri atau dengan teman dan keluarga anda.

Menemukan keseimbangan antara kehidupan dengan pekerjaan yang baik bisa saja  terasa sulit. Terutama di era digital ini, akan terasa sangat mudah bagi anda utuk melanjutkan pekerjaan anda yang belum terselesaikan di rumah. Berikut ini adalah lima tips untuk membantu anda dalam mencapai keseimbangan yang sehat antara kehidupan dengan pekerjaan, sehingga anda tidak mudah mengalami stress :

 

1. Menjaga gaya hidup sehat

Sama seperti diet dan olahraga yang tidak secara langsung mempengaruhi kesehatan fisik kita, faktor-faktor ini juga dapat berdampak besar pada kesehatan mental anda. Dengan menerapkan jadwal latihan rutin dan mengonsumsi makanan sehat, anda bisa meningkatkan kemampuan anda dalam mengelola stress. Dan jika stress anda berkurang, maka anda akan lebih siap bekerja di kantor tanpa terganggu stress.

Sayangnya, saat orang mengalami stress, mereka cenderung ingin makan makanan yang berminyak, makanan enak yang berlemak seperti pizza dan es krim. Usahakan untuk menghindarinya sebisa mungkin, karena makanan ini hanya membuat anda merasa lesu dan kurang mampu mengatasi stress. Singkirkan makanan berlemak tinggi, kafein dan gula. Pilihlah makanan kaya serat dan karbohidrat seperti ubi jalar, sayuran dan nasi. Buah dan sayuran selalu merupakan pilihan yang terbaik. Dan dalam kasus ini, makanan tersebut akan membantu anda melawan stress dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan mengisi tubuh anda dengan antioksidan.

Saat berolahraga, yang terpenting adalah menemukan aktivitas yang anda sukai. Jika anda benci berlari, jangan lari. Cobalah Zumba, kickboxing, berenang atau bermain bola. Ada banyak cara untuk berolahraga tanpa menyiksa diri anda sendiri. Anda bahkan mungkin akan bersenang-senang sambil menurunkan tingkat stress dan meningkatkan produktivitas anda, sehingga memudahkan anda menyelesaikan lebih banyak tumpukan pekerjaan di kantor.

 

2. Istirahat di luar jam kerja

Sama seperti para atlet yang beristirahat sepanjang pertandingan, orang-orang yang bekerja harus beristirahat di luar jam kerja mereka. Sebuah studi menemukan bahwa beristirahat secara berkala sepanjang hari dapat menghasilkan kepuasan kerja yang lebih tinggi, mengurangi kelelahan emosional dan kinerja para karyawan akan semakin hari akan semakin meningkat secara keseluruhan.

Meskipun frekuensi dan lama istirahat bervariasi dari orang ke orang berdasarkan preferensi dan kelayakan, studi tersebut menyarankan karyawan setidaknya mencoba untuk melakukan istirahat sejenak di pagi hari. Istirahat pagi bisa membuat anda merasa lebih berenergi, termotivasi dan lebih fokus. Istirahat pagi bahkan bisa membantu mengurangi sakit kepala, kelelahan mata dan sakit punggung bagian bawah.

Related: 8 Cara Hobi Anda Bisa Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan

Singkatnya, beristirahat terus membuat stress anda pada tingkat yang dapat diatur saat anda bekerja dan membuat anda pulang ke rumah dengan perasaan tenang. Bukan perasaan frustrasi dan kelelahan.

 

3. Atur waktu anda

Langkah pertama untuk mengatur waktu anda adalah dengan menyisihkan waktu untuk mengatur waktu anda. Mengambil 10-20 menit di awal hari untuk melihat-lihat tugas anda dan menetapkan tujuan untuk hari itu dapat meningkatkan produktivitas anda secara drastis.

Penting juga bagi anda untuk menentukan jam kerja tertentu pada satu hari sebagai “jam kerja” anda. Berkembangnya teknologi telah membuat beberapa orang merasa lebih sulit untuk meninggalkan pekerjaannya di tempat kerja. Sulit untuk menerapkan jam kantor dengan atasan, rekan kerja dan klien yang menelepon dan mengirim e-mail kepada anda sampai larut malam.  Namun, menetapkan batasan pada waktu anda adalah salah satu tips paling dasar untuk membangun keseimbangan kehidupan kerja yang tepat.

Buatlah daftar hal-hal yang penting bagi anda. Dan putuskan berapa banyak waktu yang ingin anda habiskan untuk daftar tersebut setiap minggu. Termasuk bergaul dengan keluarga anda, bermain instrumen, membaca, belajar keterampilan baru, melakukan hobi atau hanya sekedar menonton film. Tidak peduli apapun aktivitasnya, pastikan anda memiliki beberapa “me time” yang telah direncanakan dalam minggu anda.

 

4. Siapkan “hari esok anda” untuk sukses

Seiring dengan membuat jadwal di awal hari kerja, penting juga untuk menyisihkan waktu di penghujung hari untuk memikirkan prioritas jadwal untuk hari berikutnya. Ini akan menyelamatkan anda dari kebingungan di pagi hari ketika mencoba mengingat apa yang seharusnya anda kerjakan.

Ambil 10-20 menit di penghujung hari untuk menulis catatan masa depan anda tentang apa yang anda lakukan hari itu dan tugas apa yang perlu anda lakukan di pagi hari. Metode ini akan memungkinkan anda untuk merampingkan pekerjaan anda dan menjaga “kelancaran arus waktu” dari hari ke hari. Hal ini juga mencegah anda terobsesi dengan tugas mana yang perlu anda tangani keesokan harinya. Anda dapat bersantai jika mengetahui bahwa tugas anda sudah terencana dengan baik.

 

5. Anda harus antusias dengan perjalanan anda

Perjalanan adalah salah satu penyebab utama stress pada orang yang bekerja. Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa pasangan yang melakukan perjalanan minimal 45 menit memiliki kesempatan 40% lebih tinggi untuk bercerai. Bagaimana cara anda melakukan perjalanan akan mempengaruhi produktivitas anda di siang hari dan sikap anda ketika tiba di rumah.

Cobalah menggunakan perjalanan pagi anda sebagai waktu untuk bermeditasi, refleksi dan latihan pernapasan. Mempraktikkan hal tersebut bisa membantu anda tetap tenang dan fokus sepanjang hari. Dalam perjalanan pulang, berkonsentrasilah untuk melepaskan pikiran stress dan merayakan bahwa anda sedang dalam perjalanan pulang. Anda mungkin merasa perlu terburu-buru pulang untuk bersantai. Tetapi mengapa harus menunggu? Lakukan apapun yang membuat anda merasa bebas dari stress di perjalanan pulang. Turunkan jendela mobil agar semilir angin terasa dan nyalakan musik. Atau nikmati keheningan yang indah setelah anda menghadapi hari yang penuh tantangan.

Menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan bisa menjadi tantangan dan membuat anda merasa stress. Tapi, selain mempertahankan gaya hidup sehat dan memanfaatkan perjalanan anda dengan sebaik-baiknya, anda bisa mengatasi stress ini dengan lebih mudah. Yaitu dengan beristirahat sepanjang hari, mengatur waktu anda dan mempersiapkan diri anda untuk sukses.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Berikut ini adalah lima tips untuk membantu anda dalam mencapai keseimbangan yang sehat antara kehidupan dengan pekerjaan

Berikut ini adalah lima tips untuk membantu anda dalam mencapai keseimbangan yang sehat antara kehidupan dengan pekerjaan

Berikut ini adalah lima tips untuk membantu anda dalam mencapai keseimbangan yang sehat antara kehidupan dengan pekerjaan, sehingga anda tidak mudah mengalami stress :

Leave a Reply