6 Alasan Bisnis yang Tidak Akan Membuat Anda Kaya

0
513

6 Alasan Bisnis yang Tidak Akan Membuat Anda Kaya

Ada banyak alasan untuk memasuki dunia kewirausahaan, tetapi ada satu alasan yang tampaknya paling menarik pendatang baru, yaitu prospek “menjadi kaya.”

Beberapa penelitian menggambarkan bagaimana pengusaha selama karir mereka, cenderung hidup lebih bahagia dan bahkan bisa menghasilkan lebih banyak uang. Dan terkadang cerita tentang pengusaha yang berhasil menjual bisnis mereka dengan harga jutaan Dollar, secara alami dapat menarik minat semua orang.

Tidak heran mengapa begitu banyak orang berusaha untuk memiliki bisnis mereka sendiri untuk dijual kembali di rekening bank besar. Tetapi apabila anda hanya memiliki bisnis, tidak mungkin bisnis tersebut akan memberi anda kekayaan yang anda cari. Berikut ini adalah 6 alasan bisnis yang tidak akan membuat anda menjadi kaya :

 

1. Kebanyakan bisnis yang dibangun akan gagal.

Sebagai pemula, memulai bisnis dengan ide-ide bisnis yang baik itu sulit. Dan berbagai sumber telah membuktikan, 90% dari startup mengalami kegagalan. Anda perlu memulai bisnis tidak hanya dengan sebuah ide yang asli dari pikiran anda, menarik dan berpotensi menguntungkan. Namun anda juga harus memiliki waktu yang tepat untuk membangun bisnis tersebut.

Memulai bisnis dengan sebuah ide hanyalah bagian pertama dari rumus. Anda juga harus memastikan bahwa anda menjalankan ide anda dengan sempurna, dan bersedia untuk mengubahnya dari waktu ke waktu. Untuk alasan ini, ada fakta bahwa sebagian besar bisnis yang dibangun hanya berdasarkan ide akan gagal.

Bahkan walaupun anda memiliki keyakinan mutlak dalam ide-ide anda sendiri dan kemampuan anda sebagai pengusaha, anda tidak mungkin dibebaskan dari kemungkinan bahwa anda akan menjadi salah satu korban statistik yang menakutkan.

 

2. Cerita “cepat kaya” yang langka dan sering dibesar-besarkan.

Ada sesuatu hal lain yang berperan di sini pada “rockstars” kewirausahaan yang kesuksesannya meroket :

Media outlet ingin memainkan cerita-cerita tersebut. Itulah mengapa pengusaha-pengusaha tersebut menjadi “poster anak-anak” untuk kepemilikan bisnis, dan membuai banyak pengusaha yang tidak berpengalaman dengan pemikiran bahwa keberhasilan semalam itu nyata adanya dan kekayaan instan tidak hanya mungkin didapatkan, tetapi benar-benar bisa diwujudkan.

Dalam kebanyakan kasus, kisah-kisah ini sebenarnya terlalu dilebih-lebihkan atau langka. Kenyataannya adalah, dibutuhkan usaha dalam waktu bertahun-tahun dan kemampuan untuk bekerja, serta harus mengalami beberapa kegagalan di masa lalu bagi kebanyakan orang untuk sampai ke titik dimana mereka dipanggil “jutawan”.

Jika anda tidak bersedia menerima dan menghadapi rintangan,

Anda tidak akan pernah sampai pada titik itu.

 

3. Menjalankan bisnis itu mahal..!

Jangan lupa juga, bahwa menjalankan bisnis itu lebih dari sekedar mengumpulkan pendapatan : Anda juga harus membayar untuk segala sesuatu yang terjadi di balik layar, termasuk banyak biaya yang tak terduga.

Anda akan membayar untuk bahan baku, tenaga kerja manusia, biaya utilitas, biaya sewa, biaya peralatan dan jangan lupa, biaya yang sering diabaikan seperti pajak, asuransi dan biaya hukum.

Bahkan jika anda dapat menciptakan sesuatu yang menguntungkan, akan ada ratusan pengeluaran yang hampir setara dengan pendapatan bersih anda. Banyak pengusaha pemula yang meremehkan seberapa mahal harga yang harus dibayar untuk menjalankan sebuah bisnis, dan akhirnya, mereka menjual bisnis itu sendiri dalam waktu singkat.

 

4. Selalu ada variabel tak terlihat.

Tidak peduli seberapa hati-hati anda membuat keputusan, atau merencanakan perjalanan bisnis anda. Karena selalu ada variabel yang tak terlihat dan tak terduga yang mempengaruhi bagaimana bisnis anda berjalan. Sebuah bisnis pesaing baru mungkin muncul untuk mengancam bisnis anda. Sebuah teknologi baru mungkin mengubah cara orang berpikir tentang produk anda.

Selanjutnya: Pendapatan anda mungkin bisa tiba-tiba meledak dalam waktu semalam, atau bahkan bisa lenyap tanpa jejak. Sulit untuk tahu persis bagaimana dan kapan pasar akan berubah, dan jika anda tidak siap untuk ketidakpastian itu, anda akan terpukul ketika hal itu terjadi.

 

5. profitabilitas tinggi saja tidak akan membuat anda kaya.

Ini merupakan pelajaran penting yang mungkin anda lupakan karena terlalu gembira menjadi seorang pengusaha : Anda perlu keterampilan dalam mengatur keuangan pribadi jika anda ingin menjadi atau tetap kaya. Bisnis anda mungkin menguntungkan, penghasilan anda mencapai puluhan juta Rupiah per tahun, tetapi jika anda “meniup” semua uang itu pada pernak-pernik murah atau membuat keputusan investasi yang buruk, anda mungkin akan berakhir dengan tidak memiliki apa-apa pada akhir perjalanan anda.

Terlepas dari seberapa menguntungkan bisnis anda, untuk mendapatkan kekayaan dan tetap kaya anda membutuhkan perhatian lebih pada bisnis anda, penghematan, investasi cerdas dan tanggung jawab.

 

6. Sebagian besar kekayaan adalah akumulasi dari berbagai sumber.

Ini adalah pelajaran keuangan lain yang penting untuk diingat. Meskipun banyak pengusaha telah mengumpulkan sedikit demi sedikit kekayaan mereka melalui usaha bisnis, sebagian besar kekayaan pribadi yang mereka kumpulkan didapat dari beberapa sumber penghasilan.

Setelah mendapatkan uang yang signifikan, kebanyakan pengusaha mencoba untuk menginvestasikan sebagian uang mereka ke dalam saham dan obligasi, atau real estate, atau bahkan startup lainnya.

Mereka membatasi nilai taruhan mereka dengan beberapa aliran pendapatan, yang berarti mereka tidak menjadi kaya hanya dari keberhasilan satu bisnis. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan penghasilan anda sendiri dengan berbagai sumber.

Kewirausahaan tidak selalu menyenangkan. Terkadang berbisnis itu benar-benar menyedihkan. Tidak hanya bisnis pertama anda yang mungkin memiliki resiko kegagalan membuat anda kaya, bahkan mungkin bisnis dapat menyebabkan anda masuk ke dalam kehancuran finansial.

Namun, jika anda memiliki ide yang luar biasa dan kemauan untuk terus berkembang dan beradaptasi tidak peduli apapun rintangan yang menghalangi anda, pada akhirnya anda akan menemukan rute menuju pendapatan yang lebih tinggi.

Ide luar biasa dari anda mungkin tidak membuat anda secara tiba-tiba menjadi seorang miliarder, tapi setidaknya harus memberi anda hidup yang lebih baik dan memberikan anda kepuasan yang datang dengan menjadi pencipta dan pemimpin.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply