6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress

0
214

6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Kali ini saya akan membahas topik tentang stress. Mengapa bisa stress? Apakah anda yang menonton video ini banyak yang stress? Stress itu ternyata memiliki pertanda. Kali ini topik saya adalah : “6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress”.

Masalahnya begini.. Orang stress itu tidak sadar kalau dirinya sedang stress. Jika dia bisa berkata, “saya stress”. Itu baru bagus. Berarti, dia sadar. Permasalahannya, banyak orang yang stress tetapi tidak sadar kalau dia stress dan dirinya mengaku tidak stress. Ini bahaya banget. Dan inilah pertanda-pertandanya.

1. Susah fokus dan berkonsentrasi

Pertanda yang pertama adalah susah fokus dan berkonsentrasi. Anda yang dulunya mungkin nilai pelajarannya bagus, performa di kantor baik, tetapi mengapa belakangan ini susah fokus? Susah berkonsentrasi? Sepertinya, anda mengalami disorientasi. Jadi kalau misalkan menyetir mobil atau motor, anda sering kesasar. Sering keliru jalan. Atau bahkan, belakangan ini anda pecah fokus.

Saya tidak akan menceritakan penyebabnya. Tetapi intinya, ini adalah ciri-ciri dan pertandanya. Anda sudah mulai bermasalah.

 

2. Sering sakit kepala dan susah tidur berkepanjangan

Yang kedua, sering sakit kepala dan susah tidur berkepanjangan. Pada malam hari, anda susah tidur. Di channel YouTube saya masih ingat, sekarang terapi relaksasi itu banyak sekali. Bahkan penontonnya sampai ratusan juta view. Mengapa bisa seperti itu? Ternyata, banyak orang yang susah tidur di malam hari itu bermakna banyak orang yang mengalami stress di malam hari.

Dan anda sering mengalami sakit kepala. Kalau orang Indonesia sakit kepala, biasanya sedikit-sedikit minum obat penghilang nyeri atau pereda sakit kepala. Banyak juga mereknya. Menurut saya jika anda mengkonsumsi obat dalam jangka panjang, itu juga tidak baik. Karena hal itu akan merusak organ tubuh anda yang lain. Tetapi kalau anda sudah tidak tahan dengan sakit kepala dan yang lainnya, itu pertanda anda mengalami stress.

 

3. Leher dan punggung sering sakit

Yang ketiga, leher dan punggung sering sakit. Ini semua adalah gejala-gejala fisik. Kalau di channel’nya dokter Sung : SB30 channel, apakah anda sudah subscribe channel beliau? Beliau pernah membahas bahwa itu adalah TTH (Tension Type Headache). Yaitu ciri-ciri orang stress, tetapi nyeri di leher dan punggung. Itulah sebabnya jika anda dipijat di bagian leher dan punggung, rasanya enak sekali. Itu bukan hanya sekedar peningkatan kolesterol. Tetapi sebetulnya itu adalah ciri-ciri karena beban stress anda yang berlebihan, sehingga mungkin menyerang leher dan punggung.

 

4. Sakit terus menerus

Yang keempat, sakit terus menerus. Tetapi anehnya, ketika sakit terus menerus ini dicek ke dokter, dicek darah, dicek ini dan itu, ternyata tidak ada penyakitnya. Jika di Indonesia, seringkali kalau anda konsultasi pada orang yang tidak tepat, anda dikatakan ‘kena santet’. ‘Dirasuki roh halus’ dan sebagainya. Saya tidak mau mengatakan ini benar atau salah. Tetapi, jika anda menceritakan hal ini di negara yang sudah maju, di negara maju itu tidak ada yang namanya ‘santet’.

Jadi, jika anda konsultasi dengan psikolog-psikolog yang tepat, maka hal itu disebut penyakit psikosomatis. Yaitu penyakit yang ditimbulkan oleh cara berpikir yang salah. Cara berpikir yang negatif terus menerus dan stress yang berlebihan itu menurut saya sangat tidak baik.

Di Indonesia, orang yang seperti itu dikatakan ‘kena santet’ dan sebagainya. Saya tidak mau membahas itu benar atau salah. Tetapi, saya hanya menceritakan budaya di Indonesia. Tetapi harusnya kalau ditangani dengan tepat, maka anda bisa menghilangkan stress anda. Nanti akan saya jelaskan pada video berikutnya. Tetapi inilah pertandanya jika anda sedang mengalami stress.

 

5. Mengalami perubahan mood yang sangat cepat

Yang kelima, mengalami perubahan mood yang sangat cepat. Perubahan mood yang sangat cepat itu artinya anda bisa sedih dan senang di saat yang bersamaan. Baru 5 detik yang lalu anda tertawa. Tetapi 5 detik kemudian anda bisa menangis. Kemudian 10 detik lagi bisa tertawa. 15 detik kemudian bisa menangis lagi. Wow, amazing..! Itu tandanya anda sedang mengalami stress. Apakah anda menyadarinya? Apakah anda punya teman, atau jangan-jangan anda sendiri yang seperti itu?

Orang yang seperti ini, saya tidak ingin menyebutkan namanya. Tetapi kalau anda pergi ke psikolog atau ke psikiater, gangguan seperti ini biasanya disebut dengan bipolar disorder (BD). Saya tidak akan membahasnya karena saya bukan orang yang kompeten untuk membahasnya. Tetapi, ciri-ciri yang seperti ini adalah ciri-ciri orang yang mengalami stress. Gangguan jiwa akut.

 

6. Sering bermimpi buruk di malam hari

Kemudian yang keenam, sering bermimpi buruk di malam hari. Siapa yang setiap malam hari selalu mimpi tidak enak? Mimpi ‘siapa’nya anda meninggal, mimpi jatuh ke jurang, mimpi jatuh dari pesawat. Pokoknya tidak pernah mimpi yang baik. Pokoknya mimpi buruk terus. Mimpinya tidak ada yang positif. Jangan-jangan, anda kebanyakan menonton film horor? Atau anda kebanyakan menonton berita kecelakaan? Menurut saya, itu mudah dijelaskan.

Mengapa anda bisa bermimpi seperti itu? Itu adalah hasil output. Itu adalah hasil akhir. Cara yang benar adalah anda harus menghilangkan sumbernya. Tidak ada buah mangga tanpa benih mangga. Tidak ada mimpi buruk jika tidak ada sumbernya. Source’nya itu apa, sumbernya itu apa? Oleh sebab itu, mulai sekarang anda harus mengurangi kebiasaan menonton berita yang mencengangkan dan sensasional. Tontonlah berita-berita yang menenangkan. Tontonlah berita-berita yang lebih positif. Niscaya mimpi buruk anda akan berkurang.

Tetapi jika mimpi buruk anda berkepanjangan, maka degup jantung anda bisa menjadi keras. Jika seperti ini terus, bahaya. Bisa mengancam organ yang lain. Kalau seperti itu,sahabat entrepreneur, hal ini seringkali berbahaya. Apalagi mungkin usaha anda sedang bermasalah, anda mungkin jatuh bangkrut terus, dikejar hutang terus, dan akhirnya selalu tidak punya uang. Uangnya selalu cepat habis. Saya selalu bahas ini di video saya sebelumnya. Silahkan anda tonton. Masalah itu semua bermula dari edukasi yang kurang tepat. Seperti edukasi finansial yang kurang tepat, dan edukasi pengetahuan yang kurang tepat. Orang stress/orang bermasalah di kejiwaan tetapi ditangani oleh pihak yang kurang tepat.

Itulah yang membuat citra di Indonesia ini tentang penanganan orang-orang yang bermasalah kejiwaan itu dianggap tidak profesional.

Sehingga profesi psikolog/profesi psikiater itu hanya sebagai pajangan saja. Padahal, sebenarnya mereka adalah orang-orang yang cukup berkompeten untuk menangani hal-hal seperti itu. Tetapi, mereka yang dalam kondisi ringan atau stress ringan, menurut saya bisa sembuh dan bukannya tidak bisa sembuh.

Untuk yang mengalami stress ringan, bukan yang akut. Jika mendapatkan harapan baru & semangat baru, seperti menonton channel inipun sebenarnya termasuk bisa menyembuhkan sakit jiwa atau stress ringan anda. Seperti seolah-olah anda mendapatkan jawaban dari pertanyaan anda selama ini. Karena mungkin banyak orang yang tidak kompeten dan tidak tepat untuk memberikan anda jawaban.

Sahabat entrepreneur, demikian untuk tips kali ini. Semoga stress anda segera sembuh. Jangan sampai stress ya, adik-adikku yang saya cintai. Masa’ masih kecil sudah sering stress? Semangat dong..! Jadilah orang yang hebat luar biasa. Dan anda harus menjadi seseorang yang selalu bangkit dan punya jiwa yang tangguh.

Bila anda menyukai video seperti ini jangan lupa berikan like, dan jangan lupa subscribe. (kalau tidak subscribe nanti bisa stress loh :p). Setelah subscribe, semoga stress anda bisa berkurang. Dan jangan lupa share ya, berbagi itu penting. Berbagilah kepada teman-teman yang membutuhkan. Mereka butuh jawabannya. Dan semoga video ini menyadarkan mereka. Silahkan tonton video saya yang lain, serta ada icon lonceng di kanan bawah, silahkan anda klik untuk mendapatkan notifikasi.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Kali ini saya akan membahas topik tentang “6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress”.

Kali ini saya akan membahas topik tentang “6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress”.

Kali ini saya akan membahas topik tentang “6 Pertanda Anda Sedang Mengalami Stress”. Permasalahannya, banyak orang yang stress tetapi tidak sadar kalau dia stress dan dirinya mengaku tidak stress. Dan inilah pertanda anda sedang mengalami stress.

Leave a Reply