6 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Dalam Merencanakan Bisnis

0
592

6 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Dalam Merencanakan Bisnis 

Jika aspek unik produk anda tidak dapat dipertahankan karena pesaing meniru produk anda, saatnya untuk melipat tenda dan pulang.

Pada suatu malam, kami berbicara dengan sekelompok anak muda ketika seseorang mengatakan bahwa dia tidak bisa memulai bisnis karena dia tidak bisa memenuhi syarat untuk pinjaman. Seperti yang anda bayangkan, beberapa dari kami menimpali bahwa kita semua memang tidak memiliki dana yang cukup ketika memulai bisnis kami.

Tentu saja beberapa bisnis membutuhkan dana, dan kami memahami itu. Misalnya Industri Capital intensif, memerlukan investasi yang besar di awal untuk dapat berdiri. Namun, jika anda memiliki semangat kewirausahaan, walaupun anda hanya memiliki sedikit bakat dan banyak action, anda dapat memulai bisnis tanpa modal.

Untuk mendukung hal ini, kami melakukan pencarian cepat dan menemukan puluhan artikel tentang ide-ide bisnis dengan biaya kecil atau tanpa biaya. Kami sangat menyukai salah satu dari Tren Bisnis Kecil yang berisi daftar 25 bisnis yang dapat anda mulai dengan modal kurang dari 10 juta Rupiah.

Ada yang mengatakan, beberapa usaha bisnis biasanya jatuh di tengah jalan. Karena bisnis yang tetap berjalan itu butuh modal. Dan jujur, kita sendiri harus hidup dengan tabungan untuk beberapa bulan sampai kita membangun sebuah klien di dalam konsultasi bisnis kita yang mendukung gaya hidup kita.

Jika anda berencana berhutang kartu kredit untuk mendanai impian anda, maka anda harus memahami apa yang anda hadapi. Rencana bisnis yang kuat merupakan elemen penting. Ada banyak template gratis yang tersedia. Temukan yang anda sukai dan gunakan template tersebut untuk bisnis anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus anda jawab dalam merencanakan bisnis. Kami mengingatkan anda untuk jujur menjawabnya. Jika ide anda tidak akan menghilang, hal yang terbaik adalah mengatasinya dengan kenyataan saat ini daripada setelah anda menginvestasikan tabungan hidup di dalam bisnis anda. Pertanyaan yang harus dijawab adalah sebagai berikut :

1. Apa yang membedakan produk anda?

Kami berasumsi bahwa produk anda memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Jika tidak, pikirkan kembali rencana anda. Terkadang pasar tidak tahu bahwa konsumen membutuhkan produk anda. Henry Ford, tokoh bisnis terkenal berkata,

“Jika saya bertanya kepada mereka apa yang mereka inginkan, mereka akan mengatakan kepada saya lebih cepat daripada kuda.”

Langkah pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi oleh produk anda. Kemudian, menentukan apakah “kebutuhan konsumen” tersebut saat ini sudah ada di dalam produk anda? Dan jika demikian, bagaimana dan oleh siapa?

Pertanyaan pertama yang selalu kami tanyakan kepada klien adalah, “Mengapa calon pelanggan harus membeli produk anda daripada produk milik pesaing?” Jika anda tidak bisa menjawab pertanyaan ini dengan jelas, ringkas dan pasti, kembalilah ke bangku sekolah.

2. Apakah ada segmen yang cukup besar dari pasar yang akan menghargai perbedaan ini?

Identifikasi segmen pasar yang menghargai apapun yang membedakan produk anda. Perkirakan ukuran segmen pasar. Sekarang, kurangi ukuran segmen ini dengan persentase orang yang tidak akan bersedia membayar atas apa yang sudah anda habiskan untuk membuat bisnis anda menguntungkan. Dapatkah anda tetap memproyeksikan volume yang cukup untuk membuat bisnis anda ekonomis?

3. Apakah produk anda memiliki hal yang membedakan sehingga patut dipertahankan?

Jika ide anda memang bagus, anda sebaiknya tahu bagaimana cara anda akan menyimpan ide anda agar tidak diketahui pesaing lainnya yang akan menyalin dan menjalankan ide anda dan melampaui anda di pasar. Ada banyak contoh peniru yang baik, mereka menyalip orang yang memiliki ide-ide bagus. Anda perlu rencana untuk melindungi ide anda dari orang-orang tersebut. Mungkin anda bisa melindungi kekayaan intelektual anda melalui hak paten . Mungkin ide anda untuk satu alasan atau lainnya, sulit untuk disalin. Apakah anda memiliki “penghalang” untuk mencuri ide anda untuk menjaga persaingan sehat?

4. Bagaimana cara agar anda dapat mencapai target segmen pelanggan dengan biaya marketing message secara efektif?

Siapapun yang mengatakan, “Jika anda membangun perangkap tikus yang lebih baik, dunia akan membuatkan jalan kecil menuju pintu anda,” sebenarnya benar-benar salah. Jika dunia tidak tahu anda memiliki perangkap tikus yang lebih baik, maka tidak ada seorangpun yang akan datang mengetuk pintu anda.

Pastikan tentang bagaimana cara anda akan mencapai target segmen pelanggan dengan marketing message anda. Anda harus memiliki rencana yang jelas untuk biaya yang efektif dalam mengakuisisi pelanggan. Biaya pemasaran $50 untuk mengakuisisi per pelanggan menjadi rugi jika anda hanya memberi harga $40 untuk setiap pelanggan baru.

5. Bagaimana anda bisa membuktikan kelangsungan ide anda dengan cepat dan murah?

Jika anda takut karena anda akan memerlukan investasi besar untuk meluncurkan produk anda, temukanlah cara untuk menantang asumsi tersebut. Mungkin ada cara untuk membuktikan kelangsungan konsep anda tanpa membutuhkan investasi besar. Cobalah membuat situs yang memiliki  manufaktur outsourcing atau membuat versi 1.0 dengan tangan anda sendiri daripada membeli peralatan mahal.

Cara lainnya? Luncurkan dalam geografi yang terbatas. Misalnya, kita telah bekerja dengan perusahaan yang sedang mengembangkan sebuah aplikasi untuk industri properti-manajemen. Kita mulai dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan manajemen properti lokal untuk membuktikan konsep dan bekerja melalui beberapa tantangan. Sekarang, kita meluncurkannya ke geografi lainnya.

Kemungkinan besar versi awal dari produk anda akan gagal. Kebanyakan seperti itu. Saran kami adalah anda harus “gagal cepat dan gagal murah”. Anda harus meluncurkan produk anda semurah mungkin. Belajarlah dari reaksi pasar. Buat perubahan yang diperlukan.

Seperti yang terjadi pada perusahaan aplikasi, membuktikan bahwa konsep anda akan berhasil sebelum anda berinvestasi penuh. Bahkan, anda mungkin perlu menjual unit awal untuk mengurangi biaya produksi. Kita menjual aplikasi kepada pengguna pertama untuk mengurangi biaya awal.

6. Terlihat seperti apakah arus kas anda?

Pastikan bahwa anda membangun model keuangan menyeluruh yang mendukung keputusan anda untuk bergerak maju. Kami mendorong asumsi yang sangat konservatif. Produk baru biasanya memakan waktu lebih lama dan biaya lebih untuk memulainya, lebih dari yang anda pikirkan.

Kecuali jika anda memiliki banyak pengalaman dalam meluncurkan produk baru, perkiraan anda dalam mempertimbangkan secara akurat hampir pasti akan menjadi agresif. Jika ekonomi produk anda tidak terlihat baik dengan asumsi yang sangat konservatif, anda mungkin ingin memikirkan kembali hal-hal tersebut.

Meluncurkan usaha baru memang menarik dan bermanfaat. Namun juga penuh dengan risiko. Jujurlah dalam menjawab enam pertanyaan-pertanyaan ini, maka jawaban anda akan membantu anda dalam membuat keputusan yang lebih tepat.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply