7 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Minum Kopi Dapat Membunuh Karir Anda

0
217

7 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Minum Kopi Dapat Membunuh Karir Anda

 

Ini terlihat seperti kebanyakan orang di dunia profesional telah berkembang dari tidak hanya mencintai kopi, tetapi justru tergantung pada kopi. Efek kafein pada tingkat fokus dan kewaspadaan telah membuat kita terlihat lebih produktif. Setelah meneguk secangkir kopi, anda akan merasa lebih bersemangat, berenergi dan termotivasi, sehingga harus menjadi lebih baik demi karir anda, bukan?

Namun kenyataannya lebih buruk. Meskipun ada banyak manfaat dari asupan kopi yang layak kita akui, namun mengkonsumsi kopi yang berlebihan sebenarnya bisa merugikan karir anda. Berikut beberapa cara kopi dalam membunuh karir anda :

1. Kopi dapat membuat anda melewatkan sarapan.

vintage-1216720_960_720Hal ini tidak berlaku untuk semua orang, tetapi anda pasti tahu siapa diri anda. Anda bangun terlambat, berebut kamar mandi untuk bersiap-siap bekerja dan berkata kepada diri sendiri, “Saya tidak punya waktu untuk sarapan. Saya hanya akan meminum kopi di perjalanan.”

Kopi sangat baik untuk membuat kita ‘melek’ dan memberikan kita energi untuk memulai hari, tetapi sebenarnya ini hanyalah energi yang ilusi. Energi tanpa kalori berkualitas tinggi yang diperlukan untuk bahan bakar tubuh dan pikiran anda.

Manfaat yang anda pikirkan hanyalah bahwa anda lebih berenergi. Kenyataannya adalah, melewatkan sarapan bergizi dapat menurunkan tingkat fokus anda bahkan kafein dalam sistem anda, dan dapat menurunkan produktivitas anda juga.

2. Kopi membuat anda merasa tetap “OK” walaupun kurang tidur.

Berapa kali anda begadang untuk menyelesaikan sebuah proyek? Apakah anda tidak takut akan efek kurang tidur karena anda bisa tetap terjaga dengan secangkir kopi di pagi hari? Jika anda seorang profesional dan sekaligus pecinta kopi, kemungkinan hal seperti ini terjadi lebih dari satu kali.

animal-967657_960_720Mengetahui bahwa kopi dapat membantu kita merasa lebih terjaga dan fokus dalam jangka pendek membuat kita lebih nyaman. Bahkan dengan merampas waktu tidur untuk keuntungan jangka pendek tersebut. Namun, kurang tidur dapat mendatangkan malapetaka pada keseluruhan karir anda, seperti menyebabkan anda kehilangan fokus, kehilangan produktivitas, bahkan menyebabkan komplikasi kesehatan fisik dan mental jangka panjang.

3. Kopi dapat menjadi ‘bahan bakar’ untuk insomnia

Siklus akan lebih buruk ketika anda mempertimbangkan kenyataan bahwa banyak minum kafein sepanjang hari benar-benar dapat mendorong timbulnya insomnia. Minum terlalu banyak kafein atau minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat tubuh anda tetap terjaga jauh lebih lama daripada dalam keadaan biasa, bahkan jika anda mencoba untuk tidur.

Hal ini membuat anda ekstra lelah pada hari berikutnya, yang memaksa anda untuk minum lebih banyak kopi, dan memicu siklus seperti ini lebih lanjut. Tak lama kemudian, anda akan jadi kurang tidur, bahkan kafein sudah tidak dapat membantu anda dalam meningkatkan produktivitas karir anda.

4. Hal sepele seperti ini dapat menghabiskan uang anda.

Memang benar bahwa uang bukanlah segalanya, tapi uang adalah sebagian besar alasan dari mengapa kita pergi bekerja setiap hari. Jika anda akhirnya menggunakan sebagian besar gaji anda pada sesuatu yang tidak perlu, atau item yang anda beli untuk sekedar ‘pamer’, maka itu bisa mengalahkan fungsi utama dari pekerjaan anda dan membuat anda bekerja lebih lama untuk jumlah uang yang sama.

receipts-1372961_960_720Menurut data dari tahun 2014 , lebih dari sepertiga orang Amerika meminum kopi gourmet setiap hari. Banyak anak muda yang bersedia membayar lebih dari $ 3 untuk secangkir kopi. Apabila mereka menghabiskan $ 3 dengan asumsi tujuh atau lebih cangkir kopi dalam seminggu, maka lebih dari seribu dolar dalam setahun yang seharusnya bisa anda hemat jika anda terbiasa untuk tidak meminum kopi setiap hari.

5. Kopi dapat meningkatkan tekanan darah anda.

Kafein alami dapat meningkatkan tekanan darah anda, namun tidak begitu buruk jika dikonsumsi dalam dosis kecil. Namun jika dikombinasi dengan gaya hidup stress (seperti ketika anda sedang menemukan pekerjaan yang menuntut pikiran anda tetap fokus), tekanan darah anda dapat meroket. Hal ini menempatkan anda pada risiko sejumlah komplikasi kesehatan lainnya.

Tekanan darah tinggi dan pernapasan dangkal disebabkan oleh asupan kafein yang berlebihan. Bahkan kafein dapat membatasi jumlah oksigen yang mengalir ke otak anda, sehingga sulit bagi anda untuk menyelesaikan tugas-tugas, bahkan pekerjaan dasar dan mengganggu tanggung jawab anda.

6. Kopi membuat produktivitas anda mengendur.

Efek stimulan kopi membuatnya tampak seperti bahwa kopi akan membantu anda bekerja lebih keras. Namun, sebuah studi baru-baru ini tampaknya menyiratkan bahwa asupan kafein berlebihan dapat benar-benar membuat produktivitas anda mengendur.

Dalam studi banding yang melibatkan tikus, tikus yang malas menunjukkan tidak ada perbedaan dalam produktivitas setelah diberi asupan tinggi kafein, tapi pada tikus lain, tikus yang alami pekerja keras justru benar-benar melakukan tindakan yang lebih buruk setelah mengkonsumsi kafein.

Jika anda adalah seorang pekerja keras, mengkonsumsi jumlah kafein yang tinggi justru dapat membuat anda melakukan lebih sedikit pekerjaan atau mengerjakan sesuatu dengan lebih buruk, bahkan anda tidak menyadari hal itu.

7. Anda sedang ‘membangun toleransi’.

Kafein adalah stimulan, dan sama seperti stimulan lain, efeknya bisa membuat anda ketagihan. Seiring waktu, ketika anda meminum lebih banyak kopi secara teratur, tubuh anda akan merasakan efek kafein dan membangun toleransi pada kafein. Itu berarti anda harus mengkonsumsi lebih banyak kafein untuk mendapatkan efek yang sama, yang berarti anda menambahkan efek berbahaya lainnya.

turn-on-1674873_960_720Yang lebih buruk adalah jika anda membiarkan kecanduan kopi anda berkembang. Menghentikan asupan kopi anda akan menjadi semakin sulit dan menyakitkan. Jika anda tidak menjaga kebiasaan anda minum kopi, hasil akhirnya adalah anda akan terbiasa minum enam cangkir kopi sehari. Atau mencoba untuk bekerja melewati waktu tidur anda dengan secangkir kopi setiap malam, dan kebiasaan ini tidak baik untuk karir anda.

Jika anda dapat menjaga asupan kafein anda di bawah kontrol, anda tidak perlu khawatir kopi merusak karir anda. Secangkir kopi di pagi hari benar-benar bisa membuat pikiran anda segar. Tetapi ketika anda membiarkan kebiasaan anda menjadi kecanduan, hal ini dapat menghancurkan produktivitas anda, motivasi anda, dan bahkan kesehatan fisik anda.

Moderasi adalah kuncinya. Minumlah kopi secukupnya, dan perbanyak asupan makanan sehat penuh nutrisi agar produktivitas dan kesehatan anda terus terjaga.

Salam hebat luar biasa !!

Leave a Reply