7 Cara Agar Anda Bisa Keluar dari Zona Nyaman

0
384

7 Cara Agar Anda Bisa Keluar dari Zona Nyaman

 

Tidak ada manfaat jika kita terus menempel ke zona nyaman. Cara terbaik untuk mencapai pengembangan diri adalah keluar dari zona nyaman anda. Anda akan menemukan pengalaman baru yang menarik setelah anda melangkah keluar dari zona nyaman anda. Anda akan menemukan kebebasan dari kebosanan di luar zona nyaman tersebut. Artikel ini menyajikan tujuh cara praktis untuk keluar dari zona nyaman anda. Beberapa cara ini akrab di telinga anda, dan presentasi ini hanya akan menjadi pengingat dari apa yang anda ketahui. Untuk bisa keluar dari zona nyaman anda, coba praktikkan 7 cara di bawah ini :

1. Pendidikan

Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk cara anda berpikir dan berperilaku. Anda tidak bisa bergerak keluar dari zona nyaman, kecuali anda berani mengembangkan pikiran. Satu hal tentang zona nyaman adalah bahwa zona nyaman melindungi anda dari bahaya imajinasi. Pendidikan akan membantu anda untuk menentukan apakah risiko yang anda pikirkan benar-benar ada atau tidak. Anda harus melakukan penelitian karena hal-hal mungkin tidak semenakutkan atau sesulit yang anda pikirkan.

Selain itu, anda tidak harus membuat kesimpulan sebelum anda menganalisis situasi secara kritis. Anda dapat membaca beberapa blog atau buku. Anda juga dapat menggunakan pengalaman orang lain untuk belajar tentang situasi. Pendidikan sangat penting bagi siapapun yang ingin keluar dari zona nyamannya.

2. Anda Harus Belajar untuk Menghadapi Ketakutan Anda

Setiap orang memiliki kekhawatiran yang harus dihadapi dalam hidupnya. Beberapa individu cenderung melarikan diri dari ketakutan di dalam hidupnya. Tantangannya adalah : Melarikan diri dari kekhawatiran anda tidak memberikan solusi apapun. Hal ini justru mencegah anda bergerak ke tingkat berikutnya. Namun, anda tidak harus menghadapi ketakutan anda dengan kebodohan.

Cara terbaik untuk mengatasi ketakutan dalam hidup adalah dengan mengambil satu langkah pada satu waktu. Satu hal yang harus dipahami adalah bahwa ketakutan dapat mengunci anda di zona nyaman anda. Setelah anda menghadapinya, anda mungkin tidak memiliki alasan untuk terus memelihara rasa takut anda.

10-common-mistakes-that-successful-people-never-make-1Atasi ketakutan anda dengan step by step memungkinkan individu untuk keluar dari zona nyaman. Sehingga membuat seluruh prosesnya terasa tidak menakutkan dan lebih nyaman. Anda harus menghitung setiap langkah yang anda ambil sebagai langkah keluar dari zona nyaman anda. Misalnya, orang yang gugup tidak bisa mengajak secara langsung wanita yang disukainya untuk berkencan. Anda mungkin takut ditolak. Sama halnya dengan anda khawatir tentang apa yang teman-teman anda pikirkan jika tahu perusahaan yang anda lamar tidak menerima proposal anda.

Selain itu, anda bisa memulai dengan langkah sederhana seperti mengatakan “hai”. Disarankan anda mulai dengan diskusi sederhana sebelum anda terlibat dalam diskusi yang lebih dalam. Anda akan membangun keberanian sebelum anda menghadapi situasi nyata. Setelah anda mengusulkan, anda akan memahami bahwa tidak ada alasan untuk takut. Anda perlu mengidentifikasi kekhawatiran utama sebelum anda mulai mengambil langkah berikutnya.

3. Pergi Hangout dengan Teman Anda

Anda tidak dianjurkan untuk pergi keluar sendirian jika anda ingin keluar dari zona nyaman anda. Keuntungan dari hangout dengan teman-teman adalah bahwa mereka membantu anda untuk melihat dunia dari perspektif baru. Anda harus selalu memiliki teman untuk menemani anda pergi ke gym, pesta, menonton film, pertunjukan seni, maupun kegiatan rekreasi lainnya.

Bepergian kemanapun sendiri akan mengunci anda di zona nyaman anda. Bepergian dengan teman akan membantu anda untuk memperluas jaringan anda. Selain itu, anda tidak hanya fokus untuk mendapatkan pengalaman hangout terbaik, tetapi anda juga dapat memperhatikan orang-orang di sekitar anda.

4. Mencoba Berbagai ‘Hal Aneh’

Pendekatan ini mungkin terdengar aneh, but it works very well..! Anda dapat keluar dari zona nyaman anda dengan mencoba hal baru. Akan jauh lebih menarik jika anda mencoba hal yang sedikit ‘aneh’. Namun, hal baru tidak harus sejalan dengan kepribadian anda sehingga membatasi pengalaman anda. Anda harus memilih suatu kegiatan yang di luar karakter anda.

Ikutilah sebuah kegiatan yang tidak mencerminkan siapa anda. Melakukan sesuatu yang akan mengejutkan orang di sekitar anda akan membantu anda untuk mempelajari ide-ide baru. Kegiatan tersebut mungkin membuat anda menemukan hal-hal yang tidak anda ketahui tentang diri anda. Orang-orang keluar dari zona nyaman mereka ketika mereka berani mencoba hal baru yang aneh (atau berbeda dari rutinitas normalnya).

5. Mencari Kenalan baru 

10 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Saat Merasa Kesepian sukses usia muda usia tua lonely sendirian memasak bersama cooking together cookMencari kenalan baru akan mengantarkan anda menuju minat, pendapat, dan pengalaman yang baru. Seseorang dapat menjadi statis karena ia hanya menempel pada teman-teman lama yang memiliki ide-ide monoton. Anda membutuhkan paparan baru jika anda ingin mewujudkan pengembangan diri.

Ini bukan hanya tentang pertemuan dengan individu baru, dengan cara yang biasa. Anda dapat mencoba dengan membaca biografi orang yang  tidak anda kenal. Anda juga dapat membaca buku dari penulis yang belum pernah anda temui. Pendekatan seperti ini akan membantu anda untuk membuka pikiran anda.

6. Bekali Pikiran Anda dengan Pikiran yang Positif

Satu hal yang membuat orang tetap berada di zona nyaman mereka adalah rasa takut yang tidak diketahui. Anda merasa risiko lebih besar daripada keuntungan yang akan anda dapatkan jika meninggalkan zona nyaman. Dan inilah yang menyebabkan anda tidak ingin bergerak keluar dari zona nyaman anda.

Anda mungkin mengetahui bahwa sebenarnya keuntungan lebih besar daripada risiko. Tetapi anda tidak memberi perlakuan yang sama pada kedua hal tersebut. Sudah saatnya anda berpikir positif tentang kehidupan dan menghindari rasa pesimis. Anda harus membekali pikiran anda dengan pikiran positif. Serta menghindari pikiran negatif jika anda ingin keluar dari zona nyaman anda.

7. Gunakan Teknik Lainnya untuk Memompa Semangat Anda

book-491033_960_720Terlepas dari pikiran positif, ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mencapai keadaan emosi yang stabil. Yaitu teknik pernapasan yang tepat, memanfaatkan meditasi, imajinasi, menggunakan tubuh anda, dan musik untuk membuat pikiran anda rileks. Anda dapat mencari mana yang tepat dari masing-masing metode ini dan yang  cocok anda gunakan. Pendekatan ini sangat praktis dilakukan jika anda ingin keluar dari zona nyaman. Namun, efisiensi masing-masing pendekatan bervariasi dari satu orang ke orang lain.

 

Kesimpulan :

Setelah melalui tujuh langkah praktis untuk keluar dari zona nyaman anda, saya percaya anda memiliki semua yang anda butuhkan untuk bergerak maju. Anda dapat menemukan trik lain pada diri anda sendiri atau dengan sering membaca berbagai artikel tentang motivasi diri.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

_________

Artikel ini menyajikan tujuh cara praktis untuk keluar dari zona nyaman anda.

Artikel ini menyajikan tujuh cara praktis untuk keluar dari zona nyaman anda.

Artikel ini menyajikan tujuh cara praktis untuk keluar dari zona nyaman anda. Beberapa cara ini akrab di telinga anda, dan presentasi ini hanya akan menjadi pengingat dari apa yang anda ketahui. Untuk bisa keluar dari zona nyaman anda, coba praktikkan 7 cara di bawah ini :

Leave a Reply