7 Hal yang Harus Dilakukan Pengusaha Sebelum Jam 07:00 Pagi

0
1066

7 Hal yang Harus Dilakukan Pengusaha Sebelum Jam 07:00 Pagi

 

Untuk dapat mencapai sukses, pasti membutuhkan waktu. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orang-orang sukses memulai aktivitasnya lebih awal daripada orang lain.

Pengusaha adalah salah satu ‘jenis manusia’ yang unik. Kita ingin melakukan banyak hal dengan cara kita sendiri dan dikenal karena daya tarik kebiasaan obsesif kita. Tapi, ada alasan baik di balik semua itu. Kebiasaan kita dapat membantu kita mencapai tujuan, membuat kita termotivasi, menghilangkan kebiasaan suka membuang waktu, dan meningkatkan kualitas kehidupan kita.

Kebiasaan yang paling penting bagi seorang pengusaha adalah rutinitas pagi mereka. Jika anda memulai hari anda dengan kaki yang salah (rutinitas yang salah), maka seberapa produktif, termotivasi, dan seberapa fokus anda dalam menjalani sisa hari anda?

Untuk memastikan bahwa anda memulai hari anda dengan kaki kanan (rutinitas yang tepat), disini saya akan membagikan tujuh hal yang harus dilakukan setiap pengusaha sebelum jam 07:00 pagi.

1. Bangun tidur sebelum jam 7 pagi

Pengusaha sukses seperti Richard Branson dikenal terbiasa bangun pagi.

“Saya selalu bangun pagi. Seperti kesadaran untuk menjaga badan agar tetap fit, bangun pagi adalah suatu kebiasaan yang harus anda pertahankan. Selama 50 tahun dalam menjalani bisnis, saya telah belajar bahwa jika saya bangun tidur lebih awal, maka saya bisa menyelesaikan jauh lebih banyak pekerjaan dalam satu hari. Dan oleh sebab itulah kita hidup,” jelas pendiri Virgin Group tersebut.

Ketika anda sudah bangun tidur sebelum jam 7 pagi, anda memiliki waktu untuk menonton berita, membaca, refreshing pikiran anda, atau berolahraga. Hal ini mencegah anda tergesa-gesa keluar rumah setiap pagi, sehingga dapat membuat anda merasa letih dan tidak fokus bekerja.

Bangun tidur lebih awal berarti anda harus berhenti menekan tombol snooze dengan mendapatkan cukup tidur setiap malam . Sebaiknya anda beristirahat selama 7 sampai 9 jam. Selain untuk memastikan bahwa anda mampu bangun pagi, jumlah waktu istirahat yang tepat dapat meningkatkan kesehatan, memori, produktivitas, dan suasana hati anda.

Bahkan mungkin dapat membantu anda membuat keputusan yang berisiko lebih sedikit. Juga mengurangi stress, mengurangi lemak dan meningkatkan massa otot dengan rajin berolahraga di pagi hari.

2. Hindari ponsel anda

Hal ini mungkin terdengar gila, tapi ada beberapa alasan sempurna untuk tidak meraih ponsel anda di pagi hari. Sebagai permulaan, menempatkan ponsel di samping anda sepanjang malam dapat mengganggu tidur anda karena radiasi yang dipancarkan atau pemberitahuan yang menggoda anda untuk melirik ponsel sepanjang malam.

Selain itu, kebiasaan memeriksa kotak masuk atau media sosial dapat membuat anda stress dan mengalihkan perhatian anda dari prioritas anda. Alih-alih menetapkan tujuan anda untuk hari itu, anda justru panik menanggapi e-mail kemarahan dari klien. Itu bukanlah cara terbaik untuk memulai hari anda.

3. Berolahraga atau bermeditasi

Entah itu lari pagi, angkat beban, berenang maupun yoga. Olahraga teratur atau meditasi dapat mengurangi stress, membuat anda lebih bahagia, meningkatkan energi anda, membantu anda tidur lebih baik, serta memberikan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dapat mencegah anda terkena masalah kesehatan di masa depan seperti penyakit jantung.

Aktivitas ini penting bagi seorang pengusaha. Berolahraga dan bermeditasi setiap pagi dapat membantu anda semakin fokus terhadap apa yang perlu anda capai sepanjang hari dan agar pikiran anda dapat mengembangkan ide-ide baru.

4. Sarapan dengan makanan yang sehat

Berhenti menipu dirimu sendiri. Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Karena sarapan anda merupakan bahan bakar otak dan tubuh untuk memulai hari anda. Tapi, tidak semua sarapan memiliki efek yang sama. Jauhi donat atau pizza untuk sarapan. Dan mulailah mengkonsumsi :

  • Karbohidrat sehat seperti oatmeal atau roti gandum.
  • Protein rendah lemak seperti telur, kacang-kacangan dan sayuran hijau.
  • Buah-buahan dan salad sayur.
  • Alternatif susu seperti susu kedelai, almond, atau susu beras.

Minum secangkir teh atau kopi setelah sarapan tidaklah buruk, tetapi cobalah menikmati secangkir air lemon hangat di pagi hari.

“Minum air lemon hangat segera setelah anda bangun tidur. Air lemon hangat membuat badan anda terasa segar, sehingga membangkitkan energi alami yang akan berlangsung sepanjang hari. Meminumnya di pagi hari juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dalam perut anda. Anda harus meminumnya pada waktu perut kosong untuk memastikan tubuh anda melakukan penyerapan secara maksimal.” Jelas Travis Bradberry.

“Anda juga harus menunggu 15-30 menit setelah minum air lemon hangat jika ingin sarapan. Dan waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk berolahraga.  Lemon mengandung banyak nutrisi. Lemon penuh dengan kalium, vitamin C, dan antioksidan.

Jika berat badan anda berada di bawah 150 pon / 75 kg, minumlah jus dari setengah lemon setengah ( 1 buah lemon jika berat badan anda lebih dari 150 pon / 75 kg). Jangan minum jus lemon tanpa campuran air karena efeknya sangat keras pada gigi anda. Sarapan juga merupakan waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga anda.

5. Bangkitkan semangat anda

Terkadang anda merasa tidak ingin bangun dari tempat tidur. Karena anda merasa cuaca tidak mendukung dan anda sedang mengalami kemunduran besar. Masalah anda bukanlah akhir dari dunia, tetapi hal itu cukup untuk membunuh motivasi anda selama beberapa hari.

Itulah sebabnya mengapa pengusaha sukses berlatih membangkitkan semangat mereka setiap pagi. Apakah itu dengan membaca sebuah buku inspiratif, menghafal kutipan motivasi, melakukan pekerjaan sesuai passion’nya, atau menuliskan isi pikiran atau pengalaman anda dalam jurnal atau blog. Anda perlu meluangkan beberapa menit setiap pagi untuk mendapatkan pola pikir yang benar sebelum melalui hari anda.

Jika taktik tersebut tidak efektif, tuliskan hal-hal yang patut anda syukuri.

“Lima menit untuk menulis jurnal adalah salah satu terapi, setidaknya bagi saya. Karena saya termasuk orang yang melakukannya di pagi hari.” Kata Tim Ferriss, pengusaha dan penulis The 4-Hour Workweek.

“Kebiasaan ini memungkinkan saya untuk tidak hanya menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, tetapi juga membuat saya merasa lebih baik sepanjang hari. Saya merasa lebih bahagia karenanya. Hal ini bukanlah sesuatu yang datang secara natural kepada saya”.

Terkait : Bagaimana Saya Membangun Bisnis Jutaan Dollar Dalam 12 Bulan

6. Tetapkan tujuan dan prioritas anda

Setiap Senin pagi, tetapkan tujuan anda selama seminggu. Setiap hari selama akhir minggu, tuliskan tujuan dan prioritas anda untuk hari itu. Pikirkan tentang bagaimana cara anda agar mampu mencapai tujuan tersebut setiap kali anda memiliki waktu luang.

Ini adalah cara yang paling efektif untuk menyelesaikan apa yang ada dalam to-do-list anda. Yaitu memulai dari tugas yang paling sulit atau tugas yang paling anda takuti. Menunda-nunda tugas hanya akan membuat anda tetap harus mengerjakannya pada esok hari. Segera selesaikan sekarang, sehingga anda dapat terus bergerak maju.

7. Mulailah menjalankan bisnis/pekerjaan anda

Akhirnya, inilah saatnya untuk menjalankan bisnis anda. Sekarang anda bisa mengambil ponsel anda untuk membaca dan mengirim e-mail, pop-in di media sosial, memeriksa berita yang berkaitan dengan industri anda, dan juga me-review metrik penjualan di hari sebelumnya. Data tersebut dapat mengubah to-do-list anda. Tetapi karena anda memiliki headstart, maka anda akan selalu siap ketika sudah saatnya untuk masuk kantor.

Dengan menciptakan dan membiasakan rutinitas pagi, maka kebiasaan yang anda kembangkan tersebut akan membuat anda lebih sehat, produktif, dan siap menghadapi setiap rintangan yang menghalangi langkah anda. Mungkin diperlukan beberapa trial and error untuk menemukan rutinitas pagi yang ideal untuk anda. Rutinitas pagi juga dapat membuat anda lebih sukses, baik secara profesional dan pribadi.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

 

Kebiasaan yang paling penting bagi seorang pengusaha adalah rutinitas pagi mereka.

Kebiasaan yang paling penting bagi seorang pengusaha adalah rutinitas pagi mereka.

Kebiasaan yang paling penting bagi seorang pengusaha adalah rutinitas pagi mereka. Untuk memastikan bahwa anda memulai hari anda dengan rutinitas yang tepat, disini saya akan membagikan tujuh hal yang harus dilakukan setiap pengusaha sebelum jam 07:00 pagi.

Leave a Reply