7 Karakter Konsumen

Memahami karakter konsumen akan memudahkan anda sebagai pengusaha untuk memasarkan produk. Online merupakan market yang horizontal. Siapapun bisa online. Tanpa mengenal usia, latar belakang, atau jenis kelamin. Semua jenis usaha terhampar menjadi satu diantara ratusan ribu usaha yang ditawarkan online. Ada keterbatasan dimana penjual tidak dapat menjual langsung kepada market yang dituju.

Tapi ada 7 kesamaan umum yg terdapat pada jenis pembeli online Indonesia:

1.Penyuka gratisan.

Siapapun suka gratisan. Adanya gratisan di toko online anda, akan menjadi minat tersendiri untuk target.

Pengganti gratisan bisa menggunakan bonus saat belanja. Misalnya di kaskus, seringkali penjual memberikan bonus stiker Kaskus.

  1. Penyuka Diskon/Voucher.

Terbukti meledak pada situs2 daily deals yg seringkali menawarkan produk dgn diskondan voucher.

Hindari naikkan harga baru didiskon kemudian. Ngecek harga sekarang tinggal googling. Kecuali produknya unik dan terbatas.

  1. Search & search.

Setidaknya ada 10 hasil di halaman pertama diasil pencarian google. Jika salah satunya anda, siap bersaing dgn yg lain?

Itu kalo anda ada di page 1, bagaimana kalau tidak. Siap bersaing dengan dengan ratusan toko online yg lain?konsumen akan terus mencari.

Karenanya, pastikan toko anda TAMPIL MENARIK dgn penjelasan yg meyakinkan konsumen untuk memilih produk anda.

  1. Harga Miring.

Setelah mendapat alternatif beberapa toko, harga terbaik akan menjadi pilihan konsumen.

Harga murah belum tentu jadi pilihan konsumen. Kalo harga produk anda sebanding dgn kualitasnya,konsumen pun gak segan.

5.Takut ditipu.

Kencenderungan ini tetap ada, walaupun tren online shopping sudah exist sejak bbrp tahun lalu.

Cara paling mudah untuk mendapat kepercayaan konsumen adalah exist di social media, dan bergabung di komunitas bisnis & wirausaha.

  1. Apa kata teman.

Rekomendasi teman lebih menjaring konsumen ketimbang apa kata iklan.

Jika di twitter, usahakan bisa direkomendasikan oleh orang2 berpengaruh yg memiliki follower2 yg solid (bukan asal follower)

Jika di kaskus, usahakan direkomendasikan oleh moderator dan para ‘sesepuh’ kaskus.

Di toko online, dapatkan rekomendasi para pegusaha dan tokoh online yg popular.

7.Cuma tanya.

Yg ini tipe orang yg hanya ‘berkonsultasi’ kepada anda ttg produk. Siap sabar menghadapi karakter ini.

Gak jarang setelah berulang kali sms dgn anda, calon konsumen batal beli, karena dapat penawaran yg lebih baik di WAKTU BERSAMAAN.

Karenanya selain menjual, anda juga harus siap menjadi ‘konsultan ahli’ sesuai dgn produk anda.

Misalkan anda penjual batik grosir, jgn sungkan berbagi informasi ttg pakaian batik yg berkualitas.

Anda bisa juga sajikan informasi2 ini menjadi sebuah blog di toko online anda. Info2 tersebut menjadi nilai lebih bagi konsumen.

Apalagi kalo blognya bisa diakses umum secara gratis! Ingat bahwa konsumen online suka sesuatu yang gratisan

Okey, tadi semua 7 karakter konsumen online di Indonesia. Kunci market dengan pahami karakter mereka.

ACTION!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.