7 Kebiasaan Sehat yang Dapat Memaksimalkan Produktivitas Anda Setiap Hari

0
293

7 Kebiasaan Sehat yang Dapat Memaksimalkan Produktivitas Anda Setiap Hari

 

Pengusaha biasanya menyimpan jadwal padat yang dapat dikerjakan ‘as much as possible’ ke jam aktivitas mereka. Selalu ada hal lain yang harus diselesaikan dan hal lain yang lebih ingin dicapai. Jadi, bagaimana cara anda menjaga hari anda agar tetap berjalan efisien tanpa dibanjiri oleh tuntutan waktu?

Ada beberapa trik yang telah saya pelajari di dalam perjalanan bisnis saya selama ini yang telah membantu saya dalam menemukan kesuksesan. Tidak setiap hari saya melakukan rutinitas, tetapi jika anda berkomitmen untuk berlatih dengan langkah-langkah ini setiap hari, anda akan menjadi semakin baik dalam menjaga produktivitas anda dari waktu ke waktu.

Berikut adalah tujuh langkah kebiasaan sehat yang telah saya pelajari untuk menjalankan hari anda sebagai pengusaha secara efektif :

 

1. Mulailah hari anda dari malam sebelumnya.

sheep-1644144_960_720 Saya telah menemukan metode ini setelah observasi selama bertahun-tahun, bahwa dengan mempersiapkan segalanya mendekati waktu tidur, rutinitas saya dapat secara efektif dimulai pada pagi berikutnya dengan semua sistem yang telah siap digunakan.

Mulailah dengan memastikan bahwa anda tahu apa saja kegiatan dan apa yang anda butuhkan untuk hari berikutnya. Mengadakan meeting, melakukan panggilan dan juga deadlines penting lainnya pada hari tersebut, sehingga anda memiliki kesadaran apa yang harus anda persiapkan di dalam agenda.

Kemudian, dapatkan apa saja yang anda butuhkan di pagi hari dan siapkan pada malam sebelumnya. Kemas di dalam tas anda, jika anda membawa makan siang. Persiapkan tas olahraga, dan lain-lain. Pastikan apapun yang anda butuhkan di malam hari, sehingga anda tinggal mengambil tas dan langsung berangkat pada pagi harinya.

Yang terakhir, persiapkan diri anda untuk tidur yang berkualitas. Pastikan anda mematikan semua elektronik yang bisa berbunyi atau menyala pada malam hari, karena gadget dapat mengganggu tidur anda.

2. Gerakkan tubuh anda sebagai aktivitas pertama anda.

Setelah bangun tidur, buat tubuh anda bergerak agar darah mengalir dan sinapsis otak terhubung kembali. Jika anda tidak terbiasa melakukan pemanasan ketika anda bangun tidur, hal ini mungkin terasa sedikit aneh pada awalnya. Tetapi percayalah, hal ini sangat bermanfaat.

runner-79590_960_720Bahkan jika anda bukanlah tipe orang yang suka bangun pagi, ambil tas olahraga anda dan pergi ke gym, atau pakai running shoes anda dan cobalah untuk lari pagi selama 30 menit. Udara segar dan gerakan akan  membuat tubuh dan otak anda segar. Anda akan memiliki lebih banyak energi dan pikiran anda akan terasa lebih positif ketika anda sudah selesai melakukannya.

3. ‘Jinakkan’ otak anda.

Meditasi atau latihan mindfulness merupakan latihan penting untuk otak anda. Hanya membutuhkan waktu 10 sampai 20 menit di pagi hari untuk mengadopsi latihan ini yang benar-benar dapat membantu anda secara efektif mengelola hari anda, dan juga kehidupan anda. Meditasi terbukti dalam berbagai penelitian dapat membantu anda menangani stress dan masalah dengan lebih baik, serta meningkatkan fluiditas pikiran anda, yang berarti anda akan memiliki otak yang lebih mudah beradaptasi.

Perkuat kemampuan berpikir anda setiap pagi dengan beberapa jenis latihan pikiran. Cobalah  aplikasi Headspace untuk mencoba apa yang bisa dilakukan kekuatan kesadaran dan meditasi untuk anda.

4. Dapatkan bantuan, agar tetap terorganisir.

Jika anda bukan orang yang terorganisir atau tepat waktu, dapatkan bantuan yang anda butuhkan agar anda dapat teroganisir. Hal ini bisa anda dapatkan dengan aplikasi seperti TrelloWorkFlowy atau Evernote, atau dengan mempekerjakan seseorang paruh waktu untuk membantu anda dalam mengerjakan tugas, waktu dan manajemen kalender. Jika anda menginginkan hari yang efisien, maka anda perlu menjadi orang yang terorganisir.

5. Ingatlah untuk makan.

Tubuh dan otak anda membutuhkan bahan bakar. Jangan lupa bahwa makanan adalah bagian penting dari rutinitas anda sehari-hari. Ini terdengar sederhana, namun begitu banyak pengusaha yang melewatkan waktu makan dan lupa makan, hanya untuk menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat (dan seringnya menjadi kebiasaan tidak sehat).

Mereka menjadi sering makan apa saja dan dimana saja, seperti junkfood. Jangan menjadi korban perangkap ini! Anda harus sering makan cemilan dan ingat untuk makan makanan yang tepat dan sehat. Anda membutuhkan makanan yang bergizi untuk tetap berenergi sepanjang hari.salad-652503_960_720

Jika anda mau sedikit berusaha, anda bisa membawa sendiri bekal atau camilan dari rumah seperti membawa buah segar, salad, atau yoghurt.

Terkait: 12 Cara Untuk Tetap Makan Sehat, Tidak Peduli Sesibuk Apapun Anda

6. Kumpulkan waktu anda.

Mengumpulkan waktu adalah cara yang efisien agar anda memiliki waktu produktivitas tak terbatas yang anda butuhkan. Pastikan bahwa ada setidaknya satu atau dua jam waktu yang terkumpul untuk memecahkan masalah, berpikir, brainstorm dan menangani pekerjaan yang perlu anda lakukan tanpa terganggu hal lain. Ini adalah cara yang sangat efisien untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dengan semburan kecil produktivitas.

7. Disconnect dari pekerjaan.

Dan ini point yang terakhir. Ketika anda meninggalkan pekerjaan pada sore hari, cobalah untuk benar-benar terlepas dari pekerjaan. Hal ini mungkin kurang penting ketika anda masih muda dan single, tetapi hal ini menjadi praktek gaya hidup penting ketika nanti anda memiliki pasangan atau keluarga.

Karena waktu anda di luar pekerjaan sangat memberikan kontribusi untuk waktu anda di tempat kerja, sehingga memberikan anda waktu yang signifikan untuk keluarga anda serta aktivitas yang lain. Anda harus memberikan fokus dan perhatian anda pada keluarga dan meninggalkan pekerjaan ketika anda sudah berada di rumah.

 

Leave a Reply