8 Cara Hobi Anda Bisa Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan

0
12

 

8 Cara Hobi Anda Bisa Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan

 

Mencari pekerjaan kesana kemari bisa menguras emosi anda. Masalah ini akan merasuk ke dalam pikiran dan kehidupan anda, mengkonsumsi hampir setiap menit dari hari anda. Pukul 11 ​​siang, anda sedang browsing lowongan pekerjaan. Pukul 3 pagi, anda menulis ulang resume anda untuk kelima kalinya.

Akhir pekan pun justru menjadi hari yang penuh dengan perasaan bersalah dan membuat kita membenci diri sendiri. Dan setiap waktu yang dapat dihabiskan untuk berburu pekerjaan rasanya sulit untuk disia-siakan.

Namun, semakin banyak fakta-fakta membuktikan efek positif dari “kegiatan kreatif non-kerja” terhadap kinerja yang berkaitan dengan pekerjaan. Ternyata, workaholism itu bukan cara yang efektif. Dan cara terbaik untuk menemukan pekerjaan (atau unggul dalam pekerjaan yang anda miliki) mungkin dengan melakukan hal yang paling tidak anda duga, yaitu : sesuatu yang berbeda.

Entah anda sedang mencari pekerjaan baru, ingin memulai bisnis atau mencoba mempercepat jenjang karir yang anda miliki, memiliki hobi bisa membawa anda jauh melebihi ketiganya. Jadi, letakkan resume anda dan tutuplah website lowongan pekerjaan. Baca terus artikel ini untuk melihat bagaimana hobi bisa menguntungkan karir anda..!

Related: 7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

 

1. Kembangkan lingkup hubungan anda

Survei dari ‘mantan pemburu pekerjaan’ umumnya mengembalikan hasil yang sama dalam beberapa dekade terakhir. Sementara media bisa berubah, satu-satunya sumber usaha yang mendapat penghasilan tertinggi dari pekerjaan baru adalah kata berawalan ‘N’ yang ditakuti. Yaitu : Networking (jaringan).

Tapi jaringan yang dimaksud bukan berarti seperti apa yang dipikirkan oleh banyak pemburu pekerjaan. Yaitu dengan senang hati menyerahkan kartu nama untuk bisnis pada konferensi yang megah. Semua itu dimulai dengan menjalin hubungan dengan orang-orang yang berpotensi dan terbukti bermanfaat bagi anda, begitu pula sebaliknya.

Cara terbaik untuk melakukan itu, mungkin adalah melakukan hobi dengan fokus yang berorientasi pada kelompok. Jika anda orang yang atletis, itu berarti anda bisa bergabung dengan liga olahraga di wilayah anda. Jika tidak, anda bisa mencoba komunitas game atau komunitas hobi lainnya.

Tidak peduli rute mana yang anda ambil, hobi dapat membantu membangun dan memperkuat koneksi melalui kompetisi kooperatif. Ketika tiba waktunya untuk mulai mencari pekerjaan, memperluas lingkup anda bisa meningkatkan kesempatan anda. Semakin banyak orang yang anda kenal, dan semakin baik anda mengenal mereka, maka semakin besar kemungkinan anda dapat memberi petunjuk yang penting atau mengucapkan kata-kata yang baik.

 

2. Belajarlah mengatur waktu anda

Kesiagaan kronis bersifat endemik, dan memiliki efek merusak waktu anda untuk rekreasi. Bila setiap jam di hari anda dihabiskan untuk bekerja atau mencari pekerjaan, cobalah mencari waktu untuk sesuatu yang tampaknya berbeda. Karena hobi yang anda tekuni bisa saja menjadi pekerjaan terbaik anda. Namun di sisi lain, terlalu memanjakan diri dalam ‘aktivitas santai’ dapat membawa seseorang ke spiral ketergantungan dan pelarian yang berbahaya.

Cara untuk melakukannya adalah dengan mencari perantara untuk kebahagiaan anda. Dan untuk melakukan keduanya membutuhkan keahlian manajemen waktu, sebuah keahlian yang sangat diminati. Memiliki hobi memaksa anda untuk belajar bagaimana mengatur waktu anda dengan baik. Meluangkan, menginvestasikan dan menghabiskan waktu tersebut harus anda lakukan dengan tepat.

Jadi, mengapa tidak menyelam sambil minum air? Dan cobalah mengambil hobi yang berorientasi waktu, seperti memasak. Tidak ada yang mengajarkan anda cara menguasai jam seperti mencoba menyiapkan empat hidangan panas ke meja makan sekaligus. Maka cobalah untuk belajar mengatur waktu anda secara otodidak.

 

3. Kesehatan mental yang lebih baik

Hubungan antara pencarian jati diri dan kebahagiaan pribadi diketahui secara anekdot dan baru mulai muncul dalam penelitian. Orang yang memiliki hobi umumnya lebih bahagia, dan orang yang tidak bahagia cenderung tidak memilikinya. Selanjutnya, hobi dengan gerakan fisik yang berulang dapat membuat kita mengikuti arus, keadaan yang menguntungkan secara psikologis yang sangat mirip dengan apa yang bisa dicapai melalui meditasi.

 

4. Kesehatan fisik yang lebih baik

Studi menunjukkan dibutuhkan sekitar 66 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan, dan mengulangi perilaku kebiasaan itu bermanfaat secara psikologis. Jadi jika anda ingin memperbaiki kesehatan fisik anda, anda akan sulit menemukan cara untuk melakukan hal yang tidak melibatkan hobi anda saat ini.

Kabar baiknya adalah, ketika menyangkut aktivitas fisik, pilihan anda hanya dibatasi oleh kreativitas anda. Anda bisa jogging, hiking, olahraga atau kegiatan lainnya untuk menjaga kesehatan fisik anda.

 

5. Sikap disiplin diri yang lebih kuat

Soft skills adalah fokus perhatian yang semakin ditingkatkan oleh karyawan, dan pengelolaan diri yang efektif adalah salah satunya. Lebih dari itu, orang dengan disiplin diri lebih kuat akan lebih bahagia dan produktif secara keseluruhan.

Berkebun biasanya digunakan untuk pembelajaran dalam membudayakan disiplin diri. Juga sebagai manifestasi fisik dari semangat yang muncul di hampir setiap agama di dunia. Belajar merawat tanaman setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk belajar merawat diri sendiri. Saat anda mundur, hasilnya segera terlihat : tanaman anda akan layu. Bila anda menguasai disiplin diri? Kebunmu = perburuan pekerjaanmu = Berkembang..!!

 

6. Lebih percaya diri

Pernahkah anda melihat? Atau yang lebih buruk lagi, pernahkah anda bekerja dengan seseorang yang sepertinya tidak bisa melakukan segala sesuatu sendiri? Jenis orang yang selalu meminta bantuan, umpan balik, perhatian atau bahkan izin pada tugas yang paling biasa sekalipun?

Perilaku semacam ini disebut “ketiadaan belajar”. Yaitu kecenderungan untuk berhenti melakukan tindakan saat anda merasa tindakan anda tidak banyak berpengaruh. Dalam konteks perburuan pekerjaan, ketidakberdayaan tersebut contohnya seperti : Pekerja yang suka berkecil hati.

Perilaku semacam ini disebut “ketiadaan belajar”. Yaitu kecenderungan untuk berhenti melakukan tindakan saat anda merasa tindakan anda tidak banyak berpengaruh. Dalam konteks perburuan pekerjaan, ketidakberdayaan tersebut contohnya seperti : Pekerja yang suka berkecil hati.

Dengan melakukan hobi yang dapat mendorong kemandirian, maka anda bisa menghindari jebakan ketidakberdayaan dan menjauhi lubang curam yang merupakan keputusasaan para pekerja dan pengangguran. Setelah seminggu melakukan pencarian dengan susah payah, kegiatan di luar ruangan seperti camping adalah cara hebat untuk refreshing sekaligus belajar mengandalkan diri pada saat bersamaan.

Tidak ada yang lebih baik selain “mencari tahu” sekeliling anda daripada mengurung diri di bawah tenda. Dan tidak ada kepuasan lain yang lebih besar daripada mengkonsumsi makanan yang anda buat di tenda yang anda bangun sendiri.

 

7. Dorong kreativitas

Ada sebuah percobaan yang pertama kali dibuat pada tahun 1967 yang disebut Guilford Alternative Uses Test. Dan itu adalah alat untuk mengukur kreativitas. Maka tidak mengherankan jika orang-orang yang memiliki skor terbaik cenderung menjadi orang-orang yang secara teratur berkreasi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Manfaat dari kreativitas tentunya sudah kita ketahui, khususnya untuk keperluan mencari pekerjaan. Pengusaha sangat menginginkan pekerja yang mampu berpikir out of the box. Jadi, mengapa tidak menjadikan diri anda sebagai kandidat yang lebih menarik dengan melakukan hobi yang kreatif di alam, seperti fotografi?

8. Cari tahu apa yang terpenting dan membuat diri anda berkembang

Pencarian jati diri bukanlah latihan yang sia-sia. Ini adalah kerja keras, dengan konsekuensi yang tidak dapat diabaikan dan manfaat yang kuat untuk mencapai kesuksesan. “Hobi adalah laboratorium jiwa bagi ilmuwan yang gila”. Hobi adalah kesempatan anda untuk bermain dan bereksperimen dengan apa yang membuat anda merasakan kebahagiaan hidup.

Ada salah satu cara terbaik untuk mengembangkan diri anda sebagai pribadi yang baik. Ini juga merupakan salah satu hobi yang paling berharga. Luangkan waktu dan keterampilan anda untuk beramal. Cobalah kunjungi volunteermatch.org untuk menemukan penyebab dan peristiwa di sekitar anda.

Menekuni hobi anda adalah cara terbaik untuk menemukan apa yang dapat anda lakukan, apa yang anda sukai, dan apa yang menjadi passion anda. Saat anda berusaha mendefinisikan jati diri anda untuk tujuan mencari pekerjaan, kualitas diri adalah yang terpenting.

 

Mencari pekerjaan kesana kemari bisa menguras emosi anda.

Mencari pekerjaan kesana kemari bisa menguras emosi anda.

Mencari pekerjaan kesana kemari bisa menguras emosi anda. Entah anda sedang mencari pekerjaan baru, ingin memulai bisnis atau mencoba mempercepat jenjang karir yang anda miliki, memiliki hobi bisa membawa anda jauh melebihi ketiganya. Jadi, letakkan resume anda dan tutuplah website lowongan pekerjaan. Baca terus artikel ini untuk melihat bagaimana hobi bisa menguntungkan karir anda..!

Leave a Reply