8 Pertanda Mindset Anda Sudah Jauh Lebih Berkembang

0
613

8 Pertanda Mindset Anda Sudah Jauh Lebih Berkembang

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa !! Kali ini saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “8 Pertanda Mindset Anda Sudah Jauh Lebih Berkembang”.

Baik. Secara garis besar, sebetulnya kita bisa menelaah tentang mindset ini menjadi 2 bagian. Yang pertama adalah Fixed Mindset, atau cara berpikir yang statis/sama. Dan yang kedua adalah Growth MindsetGrowth Mindset adalah mindset yang sudah berkembang. Disini anda coba cek diri anda. Anda tergolong Fixed Mindset atau Growth Mindset?

Disini ada beberapa perbedaan antara Fixed Mindset dengan Growth Mindset. Anda perhatikan disini. Berikut adalah 8 pertanda mindset anda sudah jauh lebih berkembang. Ciri yang pertama dari Fixed Mindset adalah :

* Menghindari Tantangan

Jadi ketika ada suatu tantangan yang baru, anda cenderung untuk menghindar. Ada suatu peluang baru, anda cenderung menutup diri. “Ah tidak mungkin. Saya tidak bisa”. Blablabla dan sebagainya. Itulah yang dimaksud Fixed Mindset. Orang seperti ini adalah orang yang sangat-sangat benci dengan perubahan. Bahkan mereka sangat tidak menyukai perubahan.

Mereka senang dengan lingkungan mereka sekarang. Mereka suka dengan keadaan mereka sekarang, dan mereka sudah puas dengan keadaan mereka sekarang. Maka hidup mereka sebenarnya 5 sampai 10 tahun mulai dari sekarang tidak banyak perubahan. Baik secara finansial maupun komunitas tidak banyak perubahan. Orang seperti itu yang dimaksud Fixed Mindset. 

Sedangkan ciri pertama dari Growth Mindset adalah :

# Menyukai Tantangan

Jadi perbedaannya yang satu menghindari tantangan, yang satu lagi menyukai tantangan. Jadi anda tergolong yang mana?

Ciri kedua dari Fixed Mindset adalah :

* Tidak Menyukai Perubahan

Yang ini tadi sudah saya bahas. Jadi apabila ada sedikit perubahan, dia sudah merasa jengkel. Dia tidak senang, menyalahkan keadaan, juga suka menyalahkan orang lain. Jadi kalau misalkan hari ini ada perubahan, maka dia akan merasa dirinya tersiksa. Dan ia cenderung suka marah-marah. Akhirnya ia cenderung menjadi stress. Orang seperti ini tidak bisa menerima perubahan.

Sedangkan Growth Mindset, orang yang mindsetnya sudah jauh berkembang berbeda. Ciri Growth Mindset yang kedua adalah :

# Siap Menerima Perubahan

Jadi ketika menerima perubahan, maka dia akan siap dengan segala sesuatunya. Karena dia tahu, hanya perubahan inilah yang dapat membuat dirinya maju. Jadi tidak mungkin hari ini anda ingin berubah secara kondisi finansial kalau anda tidak melakukan perubahan, Itu tidak mungkin.

Anda ingin gaji anda naik 5 kali lipat, 10 kali lipat. Namun kalau anda tidak melakukan perubahan, itu tidak mungkin terjadi. Anda menginginkan rumah anda lebih besar 3 kali lipat sampai 5 kali lipat lebih besar dari rumah anda sekarang. Namun jika anda tidak melakukan perubahan, itu tidak mungkin terjadi.

Anda yang biasanya cuma liburan ke luar kota, ingin liburan ke luar negeri. Tapi kalau anda tidak melakukan perubahan, itu tidak mungkin terjadi. Jadi anda harus siap menerima perubahan.

Ciri yang ketiga dari Fixed Mindset adalah :

* Selalu Mencari Alasan

Orang yang memiliki Fixed Mindset itu selalu mencari alasan. Jadi ketika diberi masalah, dia mencari alasan. Selalu mencari alasan.

Sedangkan ciri Growth Mindset yang ketiga adalah :

# Selalu Mencari Solusi

Jadi ketika ada masalah, dia selalu mencari solusi. Solusi apa yang bisa saya berikan dan bisa memperbaiki masalah.

Dan yang keempat, ciri keempat dari Fixed Mindset adalah :

* Melihat Peluang Sebagai Masalah

Jadi ketika ada opportunity, ada peluang, ada sesuatu yang datang, ia justru menganggap ini sebagai masalah.

Sedangkan ciri Growth Mindset yang keempat adalah :

# Melihat Masalah Sebagai Peluang

Orang yang memiliki Growth Mindset, justru menganggap dan melihat masalah sebagai peluang. Ia melihat saat ini sedang krisis. Ia menganggap ini sebagai peluang. Ketika sedang ada resesi, ia menganggapnya peluang.

Anda perhatikan orang-orang yang sukses, mereka lahir dengan kondisi memiliki masalah. Di setiap resesi, pasti banyak bermunculan miliarder baru. Di saat ada masalah, pasti bermunculan banyak orang yang sukses dan berhasil. Itulah orang-orang yang melihat masalah sebagai sebuah peluang.

Dan yang kelima, ciri kelima dari Fixed Mindset adalah :

* Tidak Bisa Dikritik

Orang yang memiliki Fixed Mindset adalah orang yang anti kritikan. Jadi ketika ia dikritik, ia justru marah, jengkel dan stress.

Akan tetapi ciri kelima dari orang yang memiliki Growth Mindset adalah : 

# Siap Belajar dan Siap Dievaluasi

Ia siap belajar dan siap dievaluasi. Ketika ia menerima kritikan, ia bukannya marah. Tetapi ia justru diam dan mencoba mengevaluasi diri. ‘Apa ya masalahnya, dan saya mau belajar untuk maju‘. Memang dikritik itu tidak enak. Namun terkadang jika cara penyampaiannya benar, dan itu tujuannya untuk kebaikan bersama. Orang-orang yang sukses atau memiliki Growth Mindset, mereka bisa menerima kritikan.

Dan ciri yang keenam dari Fixed Mindset adalah :

* Sangat Suka dengan “Comfort Zone

Orang yang memiliki Fixed Mindset sangat menyukai comfort zone atau zona nyaman. Saya sudah pernah membahas ini di video-video saya sebelumnya.

Sedangkan ciri keenam dari Growth Mindset adalah :

# Anti “Comfort Zone

Mereka anti comfort zone, atau siap untuk maju. Jadi mereka siap untuk meraih target yang lebih dibanding pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Kemudian ciri yang ketujuh dari Fixed Mindset adalah :

* Merasa Setiap Usaha yang Dilakukan Sia-Sia

“Saya sudah coba ini gagal. Saya sudah coba itu gagal. Bahkan saya sudah mengalaminya, saya sudah coba berkali-kali. Saya merasa capek gagal terus”. Ia merasa setiap usahanya sia-sia, sehingga mentalnya menjadi mental mudah menyerah.

Sedangkan ciri ketujuh dari orang yang memiliki Growth Mindset adalah :

# Kegagalan Adalah Pembelajaran

Orang yang memiliki Growth Mindset justru merasa bahwa kegagalan adalah pembelajaran. Ia merasa bahwa tidak ada usahanya yang sia-sia. Tapi dari setiap usahanya, pasti ada pembelajaran yang dia peroleh untuk maju menuju masa depannya.

Jadi cara anda menggunakan mindset ini bisa anda lihat dari sudut pandang tersebut. Sebetulnya topik saya kali ini sangat berhubungan juga dengan “Mindset dan Mental Orang Sukses Part 2“. Anda bisa tonton video ini. Masih ada korelasi/hubungannya. Jadi anda bisa cek anda memiliki mindset yang mana.

Dan yang terkahir, ciri yang kedelapan dari Fixed Mindset adalah :

* Belajar Selesai Setelah Lulus dari Sekolah

Banyak orang yang berpikir seperti ini. Mereka pikir, setelah tamat sekolah ya sudah, belajar selesai. “Yeah, akhirnya saya sudah sarjana. Saya sudah tamat dari universitas, saya tamat sekolah, saya sudah selesai belajar”. ini keliru. Inilah orang dengan Fixed Mindset. Dan juga mindset orang rata-rata.

Tetapi orang yang memiliki Growth Mindset, cirinya yang ketujuh adalah :

# Sekolah Sebenarnya Adalah Setelah Tamat dari Bangku Sekolah

orang yang mindsetnya bertumbuh justru menganggap sekolah yang sebenarnya adalah setelah tamat dari bangku sekolah. Itulah yang namanya sekolah kehidupan. The university of liveThe real school in live. Jadi, sekolah yang sebenarnya adalah kehidupan. Disitulah anda menemukan pelajaran yang sebenarnya.Di dalam kehidupan anda puluhan tahun ke depan. Bukan waktu anda masih TK,SD, SMP. Bukan seperti itu.

Semoga delapan pertanda ini bisa mengevaluasi anda. Kira-kira mindset anda itu jenis mindset yang mana, apakah anda masih Fixed Mindset, ataukah anda sudah memiliki Growth Mindset, atau mindset yang bertumbuh dan berkembang? 

Semoga anda menjadi orang-orang yang memiliki Growth Mindset. Dan bila anda menyukai channel seperti ini, silahkan klik subscribe. Dan anda bisa bagikan kepada teman-teman anda.

Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

Disini ada beberapa perbedaan antara Fixed Mindset dengan Growth Mindset.

Disini ada beberapa perbedaan antara Fixed Mindset dengan Growth Mindset.

Disini ada beberapa perbedaan antara Fixed Mindset dengan Growth Mindset. Anda perhatikan disini. Kira-kira mindset anda itu jenis mindset yang mana, apakah anda masih Fixed Mindset, ataukah anda sudah memiliki Growth Mindset? Berikut adalah 8 pertanda mindset anda sudah jauh lebih berkembang.

Leave a Reply