8 Sikap yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

0
1027

su

Seorang calon pengusaha biasanya tidak tahan hanya menjadi karyawan untuk membantu mewujudkan mimpi orang lain. Tetapi mereka akan mencoba untuk memiliki bisnis, untuk mewujudkan mimpi mereka sendiri.

Berbisnis memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Anda tidak cuma harus memiliki keinginan menjadi seorang pengusaha sukses, tetapi semuanya membutuhkan usaha dan proses yang panjang.

Sifat manusia memang menarik, kita semua ingin mencapai hal-hal besar dengan cara yang sederhana, tapi kita hanya bahagia ketika kita berhasil melakukan hal-hal yang sulit. Dan yang lebih sulit adalah mencobanya sendiri. Seperti ketika anda mampu mendaki puncak gunung tertinggi di dunia, Anda pasti senang karena itu merupakan hal yang sulit dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Untuk memulai awal sukses, Anda perlu memiliki beberapa sikap untuk menjadi seorang pengusaha sukses berikut ini.

 

1) Percayalah pada diri sendiri lebih dari bagaimana orang lain mempercayai fakta

Kepercayaan adalah salah satu hal yang mutlak harus anda miliki. Anda harus percaya pada diri sendiri, pada perusahaan anda, pada ide Anda. Tidak usah peduli dengan apa yang orang lain katakan, tidak usah peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang anda atau ide anda, tidak peduli apa yang terjadi. Bahkan jika tidak ada yang percaya pada anda, anda tetap memiliki kewajiban untuk tetap percaya pada diri sendiri. Mungkin tidak ada yang melihatnya, mungkin mereka benar-benar berpikir ide anda gila. Tapi hanya dengan percaya diri anda dapat membuat ide-ide tersebut menjadi kenyataan. Semua yang anda lakukan adalah untuk mewujudkan apa yang anda inginkan. Pada akhirnya orang-orang yang pernah mencemooh ide anda akan mengucapkan selamat atas kesuksesan anda.

 

2) Cintai apa yang anda lakukan, karena sukses berawal dari kecintaan anda pada pekerjaan anda

Kegiatan bisnis pertama yang anda mulai, baik itu menjual produk atau menyediakan jasa, bisnis tersebut haruslah suatu hal yang anda sukai. Anda harus memiliki passion yang berkaitan dengan bisnis anda. Jadi apabila anda bangun di pagi hari, anda akan bersemangat untuk menjalankan bisnis tersebut. Anda akan segera menghabiskan sarapan hanya untuk memulai pekerjaan sedini mungkin, dan bukan karena anda merasa berkewajiban untuk melakukannya, tetapi karena anda menyukai pekerjaan tersebut. Dan malam ketika Anda akan pergi tidur, anda bahkan dapat terus berpikir tentang apa yang bisa anda update esok hari untuk membuat bisnis yang anda jalankan menjadi lebih baik.

Ada sebuah kata bijak tentang PASSION Kewirausahaan yang saya sukai :

 

“Karyawan bisa mencintai pekerjaan mereka, namun pengusaha bisamembuat pekerjaan mereka seakan itu adalah sebuah karya seumur hidupnya.”

 

3) Cobalah untuk menjadi orang yang bijaksana

Kebijaksanaan adalah salah satu hal yang biasanya butuh waktu selama bertahun-tahun untuk mencapainya. Banyak yang mengatakan bahwa orang mulai memiliki sikap bijaksana saat mereka berumur 40 tahun. Itu mungkin benar, tapi saya pribadi melihat itu hanya “Omong kosong”, namun orang-orang yang berbagi pernyataan ini mulai percaya itu. Dan sekarang, sebagian besar orang berpikir bahwa anda tidak bisa menjadi bijaksana jika anda tidak tua, dan semakin anda tua maka  anda akan semakin bijaksana. Itu hanya sebagian yang benar.

Memang benar bahwa anda akan lebih bijaksana jika semakin tua, tahun demi tahun kita mengumpulkan pengalaman yang membantu kita untuk belajar dan terus maju. Tapi anda tidak harus belajar hanya dari kesalahan anda sendiri. Jika anda memulai sebuah startup di bidang apapun, cobalah selalu melakukan penelitian untuk melihat apakah sudah tidak ada satupun kesalahan sebelum anda mendapatkan kegagalan. Cobalah untuk menentukan titik-titik yang menyebabkan kegagalan, dan hindari titik-titik tersebut. Dan lakukanlah untuk setiap bisnis yang sudah anda rencanakan jika anda ingin berhasil dalam bisinis tersebut.

Lalu, cobalah untuk menjadi bijaksana, dengan mengambil keputusan mulai dari hal terpenting. Cobalah untuk berinvestasi di awal, namun jika modal yang anda miliki tidak cukup untuk semua itu, pilihlah hal yang paling penting dahulu untuk membangun bisnis anda. Waktu yang tepat pasti akan datang, dan anda akan memiliki semua yang anda inginkan untuk mengembangkan bisnis anda.

Akhirnya, bijaksana disni adalah dengan mencoba untuk belajar sebanyak mungkin dari setiap kesalahan yang anda lakukan.

 

4) Jangan kalah dengan ketakutan anda, Tunjukkan siapa anda yang sebenarnya!

Bila anda ingin menjadi seorang pengusaha, anda harus berani mengambil risiko. Untuk menjadi pengusaha sukses anda tidak boleh takut! Anda harus selalu siap untuk mengambil risiko. Jangan biarkan rasa takut menahan anda.

Ada dua jenis kekhawatiran bahwa anda harus menghadapi :

  • Takut gagal:

biasanya, ketika kita ingin memulai bisnis apapun kita cenderung mengggambarkan kemungkinan terburuk apa yang akan terjadi pada bisnis kita ke depannya, padahal memulai saja belum kita lakukan. Bahkan walaupun rencana bisnis yang ingin anda lakukan itu tidak memungkinkan untuk anda jalankan. Dan kita hanya membiarkan ide-ide brilian itu terpendam dalam pikiran kita tanpa pernah mencoba untuk mewujudkannya dan percaya pada ide anda. Cobalah untuk untuk tetap percaya pada diri sendiri. Dan akhirnya anda tidak akan takut gagal. Ada banyak orang sukses yang berbicara tentang bagaimana setiap kegagalan hanyalah bukti bahwa kita berada di jalan yang benar, yaitu “jalan kesuksesan”.
Dan satu hal, bahwa saya selalu mengatakan kepada diri sendiri : “Tidak peduli betapa gila impian anda, cobalah untuk mencapainya. Jika anda berhasil, ide anda akan menjadi besar. Namun jika anda tidak berhasil maka setidaknya anda sudah mencoba “

  • Takut sukses:

Anda pasti merasa bahwa orang yang takut sukses itu hanya orang yang gila dan bodoh. Tapi itu benar-benar ada dan itu sering terjadi. Sebagian orang dapat dengan mudah melalui rasa takut akan kegagalan, tetapi mereka hanya menjalankan bisnis kemudian berhenti karena takut sukses. Bahkan jika mereka mengejar kesuksesan, bermimpi tentang hal itu dan bahkan melakukan apa saja untuk mencapainya, mereka takut sukses lebih dari mendapatkan kegagalan atau masalah yang bisa mereka hadapi. Mereka tidak tahu apa yang akan terjadi jika mereka sukses. Jika mereka mencapai kesuksesan mereka takut tidak mampu menangani dan menghadapi masalah yang akan datang. Mereka takut suatu saat merugi apabila mencapai kesuksesan.
Semua yang saya katakan ini adalah supaya anda melihat salah satu idola yang paling sukses yang anda ketahui, dan cobalah untuk belajar dari mereka bagaimana mereka menangani semua keberhasilan mereka. Kebanyakan dari mereka hanya mencoba untuk tetap rendah hati dan bertindak senormal mungkin. Jadi jangan khawatir tentang hal itu. Semua akan baik-baik saja. Percayalah!

5) Tukar sifat malas dan suka menunda dengan motivasi

Ketika anda hanya karyawan itu normal jika anda tidak terlalu bersemangat untuk pergi bekerja, melakukan hal-hal yang tidak banyak berdampak pada kehidupan anda. Tetapi ketika anda adalah seorang pengusaha, anda pasti akan lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan. Karena bisnis tersebut milikmu. Untuk menjadi “Passionate”, motivasi pasti akan membantu, tetapi jangan sampai anda jatuh dalam perangkap sifat suka menunda. Selalu ingat bahwa anda mungkin tidak bisa mengontrol alam semesta, namun anda pasti bisa mengontrol sikap anda. Kata-kata yang seperti ini : “Saya akan melakukannya besok”, “Mungkin nanti” dan “Saya tidak merasa bahwa ini adalah hari yang tepat untuk mengerjakannya, saya akan mencobanya lain kali”. Ganti kata-kata tersebut dengan : “Saya akan membutuhkan lebih banyak kopi untuk malam ini”,”semakin banyak pekerjaan yang saya lakukan hari ini, semakin banyak pekerjaan yang akan saya lakukan besok, semakin saya berkembang dengan cepat secara keseluruhan”. dan “saya tidak akan berhenti sampai saya menang! ”

Kata-kata ini tidak lain adalah agar anda termotivasi, dan terus mendorong diri sendiri.

 

6) Lebih banyak bersabar demi mencapai kesuksesan

Saya berpikir bahwa itu adalah hal terburuk yang dapat anda katakan kepada pengusaha. Tapi bersabar itu merupakan suatu keharusan. Semua orang akan senang melihat hasil dari kerja keras mereka secepat mungkin, tapi sayangnya, tidak ada yang instan seperti itu. Terkadang anda harus sangat sabar hanya untuk melihat hasil pertama yang akan membangkitkan motivasi anda dan berharap untuk terus melakukan kerja keras. Jadi cobalah untuk berusaha sesabar mungkin, dan jangan sampai hilang kesabaran dan berakhir menjadi kemalasan. Anda sedang menunggu hasil, bukan sebuah keajaiban. Sehingga anda harus tetap bekerja sementara waktu.
Tidak ada keberhasilan yang terjadi hanya dengan semalam. Bahkan pencipta “Angry Birds” yang banyak orang katakan merupakan sukses besar yang dicapai dalam “semalam”. Itu adalah semalam dari 8 tahun kemudian, karena mereka telah bekerja pada banyak proyek sebelumnya, sampai akhirnya mereka bisa menghasilkan sesuatu yang benar dan mencapai kesuksesan mereka.

 

7) Anda harus konsisten dan penuh keuletan

Saya pikir saat ini semua orang tahu Mashable . Dimana website yang  tampaknya begitu menarik dan besar ini hanya disetir oleh satu orang yaitu : Pete Cashmore. Dia menciptakan website sendiri, menghabiskan banyak waktu untuk website tersebut. Ia menerbitkan minimal 5 posting per hari, dan bahkan jika tidak ada pengunjung ia hanya terus memotivasi dirinya. Dia tidak pernah berhenti atau hilang kegigihan. Semua upaya telah terbayar. Saat ini ia memiliki kekayaan bersih $ 95 juta.

 

8) Anda harus selalu lapar pengetahuan yang berkaitan dengan bidang usaha anda. Jangan pernah merasa bosan.

Anda harus terus belajar dan menguasai semua pengetahuan tentang bidang usaha Anda. Seperti yang kita lihat dalam cerita Mark Cuban, Beliau selalu iri dan ingin tahu segala sesuatu tentang setiap informasi dan pengetahuan yang menyangkut bidang usahanya, hal itulah yang membantu dia untuk mencapai keberhasilannya saat ini. Anda harus terus belajar, update pengetahuan anda, dan jika anda berhenti walaupun itu hanya sementara waktu, saat itulah orang lain mungkin melampaui anda.

 

Jadi pengusaha, apakah anda memiliki sikap-sikap ini? Jika tidak, jangan khawatir. Anda tidak akan pernah terlambat untuk memperbaiki diri sendiri. Jika ada sikap lain yang menurut anda mungkin membawa kesuksesan, berbagilah pada komentar di bawah.

Leave a Reply