Alasan Mengapa 5 Orang di Sekitar Anda Krusial untuk Kesuksesan Anda

0
363

Alasan Mengapa 5 Orang di Sekitar Anda Krusial untuk Kesuksesan Anda

 

Salah satu co-founder perusahaan saya Jeremy Weir, baru-baru ini menghabiskan akhir pekannya untuk berselancar dengan co-founder Uber, Ryan Graves. Mereka menikmati akhir pekan sambil membicarakan tentang bagaimana mengatur marketing dan fundamental untuk inovasi bisnisnya.

Setelah kembali dari perjalanan, ia mendapatkan pencerahan dan merasa lebih bahagia, sehingga kita siap untuk meluncurkan inovasi baru. Jeremy biasanya bekerja sendirian di kantor yang terpencil, sehingga pengaruh Graves terbukti menjadi aset besar bagi perusahaan.

Itu semua membuktikan bahwa perusahaan yang menjaga mood pebisnis maupun karyawannya akan mampu memberikan efek mendalam pada diri mereka, sehingga perusahaan dapat mencapai keberhasilan dalam bisnisnya.

Pengusaha ternama Jim Rohn pernah berkata, “Siapa diri anda ditentukan dari lima orang terdekat anda”. Namun, sepertinya sudah wajar bagi pengusaha meremehkan pentingnya hal tersebut untuk perusahaan mereka. Intinya :

Orang-orang di sekitar anda sangat berarti untuk kesuksesan anda

Anda membutuhkan orang lain. Baik itu co-founders, mentor, keluarga atau teman-teman anda. Anda butuh mereka yang akan menguji anda dan membuat anda merasa lebih baik, sehingga anda mampu meningkatkan mempertahankan kesuksesan anda. Banyak pengusaha yang berusaha untuk menjadi orang terpandai dalam setiap masalah. Tetapi jika anda selalu merasa sebagai orang yang paling cerdas, anda justru menyakiti diri sendiri. Anda pasti ingin mengelilingi diri anda dengan orang-orang yang bisa membantu usaha anda sebaik mungkin. Orang-orang yang secara eksponensial lebih baik dari anda dalam berbagai bidang.

Inilah bagian yang tersulit : Memberikan kritik halus kepada orang-orang di sekitar anda. Mungkin terdengar menghakimi dan kejam, tetapi memahami pengaruh mereka pada kinerja anda sangat penting demi kesuksesan anda. Sebagai pengusaha, terlalu banyak yang telah anda pertaruhkan untuk membiarkan hal tersebut tidak terselesaikan. Jika seseorang menjatuhkan kualitas diri anda, maka anda harus mengurangi keterlibatannya dalam hidup anda. Kalau anda tidak melakukannya, energi anda akan semakin terkuras karena anda tidak kunjung mencapai visi dan kesuksesan.

Sebagai latihan, tuliskan siapa saja lima orang terdekat anda. Berikan nilai antara 1 sampai 10 untuk setiap orang. Kemudian, hitung rata-rata (nilai10 artinya orang tersebut memberi pengaruh yang paling positif untuk anda). Apakah setiap orang sudah sesuai dengan rata-rata yang anda butuhkan? Mereka tidak perlu seperti Elon Musk atau Dalai Lama, tetapi mereka harus mampu membuat anda menjadi lebih baik. Mereka harus mampu meningkatkan cara berpikir dan kinerja anda.

Terkait: Bagaimana Cara Memfilter Nasihat yang Bertentangan dari Beberapa Mentor

Ketika menilai lima orang terdekat anda, pertimbangkan hal berikut ini :

1. Lihatlah di luar perusahaan anda

Seperti yang Jeremy lakukan dengan Ryan, anda mungkin perlu mencari satu orang atau lebih dari luar perusahaan anda. Ini adalah hal yang biasa dilakukan banyak pengusaha sukses. Misalnya, pendiri Nike, Phil Knight. Ia memasukkan mendiang Joe Paterno di daftarnya sebagai “pahlawan,” setelah mitra bisnis dan mentornya, Bill Bowerman. Knight bahkan menggambarkan proses Paterno’s eulogy tersebut pada tahun 2012.

2. Jadilah orang yang terbuka untuk menerima perubahan

Saat anda memasuki fase kehidupan baru, lima orang terdekat anda mungkin bisa berkembang. Misalnya, lima orang terdekat anda di zaman SMA mungkin sangat berbeda dengan lima orang terdekat anda saat ini. Bukan berarti teman-teman SMA anda harus ‘dibuang’, namun peran mereka mungkin telah berkurang. 

Persahabatan sejati selalu bertahan, dan anda hanya perlu memfokuskan waktu berharga anda dengan tepat. Sebaliknya, jika ada orang yang menurut anda dapat membantu anda meningkatkan kualitas bisnis, berusahalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka. Sehingga anda akan mendapatkan ilmu yang berharga dari mereka.

3. Tempatkan diri anda sesuai dengan kemampuan anda

Sadarilah siapa yang membantu, menginspirasi dan membantu anda bertahan untuk mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. Mayoritas hubungan yang luar biasa adalah hasil dari simbiosis, dimana orang saling melakukan yang terbaik untuk satu sama lain. Apakah anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih baik? Atau apakah yang bisa anda lakukan untuk membantu orang lain? Apakah ada seseorang yang  justru membuat bisnis anda semakin turun?

Renungkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, niscaya anda akan memahami mengapa orang terdekat anda sangat menentukan kesuksesan bisnis anda. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!

Ketika menilai lima orang terdekat anda, pertimbangkan hal berikut :

Ketika menilai lima orang terdekat anda, pertimbangkan hal berikut :

Pengusaha ternama Jim Rohn pernah berkata, “Siapa diri anda ditentukan dari lima orang terdekat anda”. Intinya : Orang-orang di sekitar anda sangat berarti untuk kesuksesan anda. Ketika menilai lima orang terdekat anda, pertimbangkan hal berikut ini :

Leave a Reply