Anda telah berusaha untuk tidur tepat waktu. Namun, ketika bangun dipagi harinya, Anda tetap merasa ngantuk. Hal menyebalkan ini tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda. Apalagi jika jam kerja Anda dimulai sejak pagi hari. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Mengkonsumsi Kafein Di Pagi Hari

Anda Sering Merasa Ngantuk Di Pagi Hari? Lakukan 2 Hal Ini sukses usia muda usia tua successbefore30.com sleepy mengantuk kafein sunshine sinar matahariSalah satu minuman berkafein adalah kopi. Menurut penelitian dari Kennet Wright Jr., seorang profesor pada Department of Integrative Physiology dari University of Colorado, Boulder, menghilangkan kopi dari menu diet Anda atau hanya mengkonsumsi kopi saat pagi hari, dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Itu artinya dengan mengkonsumsi kopi Anda tidak-akan-tidur-lebih-cepat selama beberapa jam yang akan datang. Mengapa? Ketika Anda merasa ngantuk, saat itu reseptor adenosin dalam otak Anda sedang bekerja dalam jumlah banyak. Nah, dengan mengkonsumsi kopi, kandungan kafein dalam kopi tersebut bekerja untuk memblokir reseptor adenosin. Hal ini dapat memacu hormon adrenalin Anda, sehingga Anda merasa lebih bersemangat dan rasa ngantuk Anda pun hilang. Namun, jika Anda tak menyukai kopi, Anda tetap bisa mendapatkan kafein dari teh, coklat dan ice cream.

Anda Membutuhkan Cahaya

Anda Sering Merasa Ngantuk Di Pagi Hari? Lakukan 2 Hal Ini sukses usia muda sukses usia tua successbefore30.com ngantuk kantuk sleepySetelah bangun tidur dipagi hari, rasa ngantuk Anda belum juga hilang. Sepertinya Anda membutuhkan cahaya. Cahaya bisa didapatkan dari lampu dirumah Anda. Namun, akan lebih baik jika Anda mendapatkannya dari sinar matahari pagi. Penelitian telah membuktikan bahwa sinar matahari dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh seseorang. Melatonin adalah hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal didalam otak. Sanjeev Kothare, MD, direktur pada program tidur pediatrik di NYU Langone Medical Center, mengatakan bahwa melatonin adalah hormon kegelapan. Hal ini disebabkan produksi melatonin meningkat saat malam hari sehingga seseorang sering merasa ngantuk dimalam hari. Sedangkan akan berkurang pada saat hari mulai terang. Oleh sebab itu, dengan mendapatkan sinar matahari alami, melatonin Anda dapat dikurangi sehingga Anda tak mudah ngantuk.

Terakhir, diantara kedua tips diatas, sebaiknya Anda lebih memilih tips kedua. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi kafein (tips pertama) akan berdampak buruk bagi kesehatan. Contohnya kopi, semakin sering Anda mengkonsumsinya, semakin pula Anda ketagihan. Selain itu, kafein juga dapat mengganggu kesehatan jantung, kerusakan tulang, mempercepat penuaan, mengganggu pola tidur, dll.

Leave a Reply