Apa Itu Tujuan Hidup?

0
1023

Apa itu Tujuan Hidup?

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Pada episode kali ini kita berjumpa kembali dan membahas sedikit masalah kehidupan. Judulnya sangat sederhana, yaitu : “Apa Itu Tujuan Hidup?”

Sebelum anda menonton video ini, saya sangat merekomendasilkan anda menonton video saya sebelumnya. Yaitu “Apa Beda Orang Kaya dan Orang Sukses?” Disitu saya membahas orang kaya yang sukses dari segi finansial. Tetapi kalau orang “sukses”, ada 8 aspek yang harus anda kejar dalam hidup anda. Baru anda bisa menjadi orang yang sukses seutuhnya, bukan hanya sekedar orang kaya.

Saya sedikit bercanda, biasanya kalau anda ditanya dengan pertanyaan ini, “Apa tujuan hidup anda?” Jawabannya tergantung usia. Kalau anak usia 10 tahun, biasanya anak-anak kecil kalau ditanya apa tujuan hidup anda? Maka jawabannya polos dan sederhana. Yang penting bagi anak usia 10 tahun itu apa? “Hidup itu yang penting saya bisa main. Setiap hari main game. Hidup ini rasanya indah. Yang penting pikirannya tidak terlalu ruwet seperti orang dewasa. Yang penting saya bisa enjoy, bisa main bola”. Intinya, dia ingin bisa terus bermain. Jadi tujuan hidup anak kecil itu apa? “Saya ingin terus bermain”.

Kalau anda bertanya pada orang berusia 20-an, apa tujuan hidup anda? Jawabannya sudah berbeda, bukan bermain lagi. Tujuannya mungkin “Saya ingin cepat lulus kuliah, supaya skripsi saya cepat selesai”. Itu kalau yang berusia 20-an. Kemudian juga, “Saya ingin memiliki pacar yang cantik/pacar yang ganteng”. Itulah jawaban orang berusia 20 pada umumnya. Jadi kalau anda bertanya tujuan hidup, itulah jawabannya.

Kalau anda bertanya pada orang berusia 30 tahun, jawabannya beda lagi. Orang berusia 30 tahun kalau ditanya, “Apa tujuan hidup anda?” Di usia ini biasanya sudah berpikir dewasa. Kalau pria biasanya menjawab, “Saya ingin karir yang cemerlang”. Kalau wanita, “Saya ingin anak-anak yang lucu dan keluarga yang bahagia. Saya ingin punya suami yang blablabla dan sebagainya”.

Jadi setiap orang definisi tujuannya selalu berbeda-beda.

Lalu yang keempat kalau orang berusia 40-an, apa tujuan hidup anda? Mungkin jawabannya sudah beda lagi. Orang berusia 40-an mungkin jawabannya sudah bukan karir lagi karena karir sudah ada. Tetapi masalahnya satu, “Aduh, hutang saya banyak. Tujuan hidup saya adalah melunasi hutang. Tujuan hidup saya adalah bisa membahagiakan orang tua, blablabla…” dan sebagainya.

Setiap perbedaan usia 10 tahun, definisi tujuan hidup setiap orang itu sangat berbeda. Kalau anda berusia 50 tahun, mungkin jawabannya sudah beda lagi. Apa tujuan hidup anda? “Yang terpenting tujuan hidup saya karena sudah berusia 50, yang penting sehat.. Yang penting saya tidak sakit. Karena apa? Belakangan ini jantung saya sudah di-bypass”. Atau mungkin, “Belakangan ini kaki saya persendiannya sering sakit”. Atau mungkin, “Yang penting bertemu dokter manapun yang paling pintar, yang bisa saya kunjungi”.

Setiap orang punya tujuan hidup. Kalau ditanya, “apa tujuan hidup anda?” Berdasarkan usia, jawaban setiap orang bisa berbeda-beda. Apapun itu jawaban anda, saya tidak mempermasalahkan. Dan yang paling penting, yang mau saya garisbawahi di video ini adalah satu hal. Apapun tujuan hidup anda, satu saja jawabannya :

“HIDUP HARUS SELALU PUNYA TUJUAN”

Jadi apapun tujuan hidup anda, hidup harus selalu punya tujuan. Jadi kalau anda hidup namun tidak punya tujuan, anda tidak perlu hidup. Seperti sebuah kayu di sebuah sungai yang tidak jelas mau bermuara kemana. Kayu itu bingung, terus mengalir tapi tidak tahu kemana. Dibawa saja oleh arus air, tidak tahu kemana. banyak manusia yang seperti itu. Tidak tahu tujuan hidup.

Oleh sebab itu, sahabat entrepreneur. Di video yang saya rekomendasikan pertama, yaitu “Apa Beda Orang Kaya dan Orang Sukses”. Saya sangat menganjurkan 8 aspek tersebut, yaitu aspek kehidupan. Jadi dari karir, kesehatan, keluarga, dan sebagainya silahkan anda simak. Anda harus punya tujuan di setiap aspek tersebut.

Kalau di setiap aspek tersebut anda punya tujuan yang sangat jelas, niscaya hidup anda sangat bermakna. Berarti tujuan hidup anda menjadi manusia yang bermakna. Sekarang bagi anda penonton setia channel Success Before 30, saya ingin bertanya pada anda. Apa tujuan hidup anda?

Anda juga bisa tuliskan di kolom comment. Dan saya doakan semoga tujuan hidup anda bisa sukses dan berhasil. Bagi anda yang memberikan comment serta komentar-komentar yang positif, saya doakan apapun tujuan hidup anda semoga bisa menjadi kenyataan.

Sahabat entrepreneur, bila anda menyukai channel seperti ini silahkan klik like dan jangan lupa subscribe. Juga berikan komentar-komentar positif, dan silahkan share kepada teman-teman anda supaya bisa menjadi informasi positif bagi mereka. Dan agar teman-teman anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa, serta bisa menjadi inspirasi bagi mereka semua. Selalu salam positif bagi kita semua, salam hebat luar biasa..!!

Pada episode kali ini saya membahas masalah kehidupan, yaitu : "Apa Itu Tujuan Hidup?"

Pada episode kali ini saya membahas masalah kehidupan, yaitu : "Apa Itu Tujuan Hidup?"

Pada episode kali ini saya membahas masalah kehidupan, yaitu : "Apa Itu Tujuan Hidup?" ada 8 aspek yang harus anda kejar dalam hidup anda. Baru anda bisa menjadi sukses seutuhnya.

Leave a Reply