“Apa Saja Perbedaan Antara Visi, Misi dan Goal?”

0
573

Beda Visi, Misi dan Goal

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa !! Di awal tahun 2017 ini, saya akan memulai dengan sebuah video yang sangat luar biasa. Yaitu : “Apa Beda Visi, Misi, dan Goal?”

Baik, jadi anda harus tahu dengan jelas apa bedanya visi, misi, dan goal. Saya mulai dari pengertian visi. Visi itu adalah suatu gambaran yang besar tentang masa depan yang memang belum tercapai. Tetapi anda yakin akan bisa tercapai. Itu sesuatu yang namanya visi. Nanti saya akan perjelas dengan sebuah contoh. Saya berikan definisinya terlebih dahulu.

Yang kedua adalah misi. Misi adalah langkah-langkah atau step by step bagaimana cara untuk mewujudkan visi tersebut. Dan goal itu adalah rencana terperinci, atau rencana terperinci tentang bagaimana mewujudkan misi agar dapat mendukung visi tersebut. Jadi itulah 3 definisi yang berbeda.

Disini saya akan menjelaskan. Baik anda akan membangun sebuah perusahaan ataupun hari ini anda membangun sebuah organisasi. Atau anda membangun sebuah klub olahraga. Harus ada sebuah visi. Karena jika anda ingin membawa sebuah tim besar kemanapun, anda harus punya yang namanya sebuah visi.

Kita ambil satu contoh. Ada sebuah perusahaan BUMN di Indonesia yang namanya Kantor Pos. Dulu ketika saya kecil, kantor pos hanya berfungsi untuk mengirim surat dan dokumen. Yang kita tahu kirim surat dan kirim perangko. Jadi kita mengirimkan surat melalui pos-pos surat yang kecil.

Tapi sekarang kita sepertinya jarang melihat ‘pak pos’. Karena sejak adanya era digital, profesi tukang pos sudah dihilangkan. Dan akhirnya, bukan berarti perusahaan pos ini tutup. Tetapi perusahaan pos ini berubah fungsi. Sekarang perusahaan pos tetap mengirimkan dokumen, tetap berfungsi. Tetapi sekarang¬†kantor pos memiliki banyak fungsi yang berbeda. Sekarang bisa menerima pembayaran listrik dan sebagainya, itulah sebuah usaha. Tetap harus berbenah.

Dan saya sangat tertarik dengan visi dari kantor pos. Yaitu :

“Menjadi sebuah perusahaan ekspedisi raksasa dari timur”.

Itu keren banget. Jadi suatu visi itu adalah sesuatu yang besar. Sesuatu yang mungkin bisa menjangkau orang-orang kebanyakan. Tetapi suatu slogan juga tercantum dalam visi. Dan visi itu adalah roh dari perusahaan ataupun organisasi.

Jadi kalau anda tidak bisa membuat sebuah roh yang kuat di dalam visi, maka perusahaan anda tidak akan berjalan jauh. Tapi kalau anda ingin perusahaan anda berjalan jauh, anda harus membuat sebuah visi yang mencakup arah perusahaan ini mau kemana. Jadi anda membuat perusahaan ini bukan cuma untuk 10 tahun atau 20 tahun. Tetapi anda bisa menjalankan perusahaan ini, bahkan mungkin bisa puluhan tahun sampai ratusan tahun. Dan visi inilah yang akan menghidupi perusahaan tersebut.

Orang di perusahaan boleh bergonta-ganti, tetapi visinya akan tetap hidup. Inilah sesuatu yang penting. Tetapi itu semua cuma omong kosong kalau anda tidak punya misi. Jadi misi adalah langkah-langkah yang sangat jelas, bagaimana visi yang besar tersebut bisa tercapai.

Contoh visi, misi dan goal yang sangat gampang itu adalah sebuah tim sepak bola. Sebuah klub sepak bola manapun, klub tersebut pasti ingin menjadi juara dunia. Contohnya menjadi juara dunia antar klub. Itu visi yang besar. Tetapi kalau kita bicara misinya, berarti mereka harus memenangkan setiap pertandingan liga di negara tersebut. Atau dia bisa menjadi juara liga champion, contohnya. Itu adalah misinya.

Dan bagaimana goalnya? Goalnya adalah memenangkan setiap pertandingan. Kalau setiap pertandingan anda menang, maka anda akan mencapai juara klasemen liga. Dan anda akan menjadi juara antar benua dan sebagainya. Dan barulah visi menjadi juara dunia akan menjadi kenyataan.

Contoh di perusahaan saya, KK Indonesia. Perusahaan kami visinya jelas, “My home, my future”. Sangat jelas. Jadi kalau anda masuk ke perusahaan kami, itu seperti rumah dan masa depan bagi anda. Jadi kalau anda merasakan keluarga, kami ada. Dan perusahaan kami adalah masa depan anda semua. Itu visi kami.

Dan bagaimana menciptakan misi dari perusahaan kami?

Misinya sederhana. Menciptakan pola kehidupan yang sehat, kaya dan bahagia. Itulah sebab di video saya, saya selalu bicara sehat, kaya dan bahagia. Karena setiap orang pasti ingin sehat. Setiap orang pasti ingin kaya. Dan setiap orang pasti ingin bahagia. Itulah sebab kami mempunyai bisnis yang mana misinya adalah untuk mewujudkan visi tersebut. Supaya punya rumah dan masa depan yang baik, dia pasti butuh kesehatan. Dia pasti butuh kekayaan dan butuh kebahagiaan.

Kalau anda butuh sehat, kaya dan bahagia, berarti langkah-langkahnya akan tercapai dengan jelas. Goalnya bagaimana? Goalnya adalah kami mempunyai target-target, rencana-rencana bagaimana mewujudkan pola kehidupan yang sehat, kaya dan bahagia. Kami juga memiliki jenjang-jenjang karir di perusahaan kami. Bagaimana menjadi mitra kami, itu bisa kami wujudkan, pola kehidupan yang sehat, kaya dan bahagia. Itu sangat jelas. Itulah sebabnya perusahaan kami sudah berumur hampir 20 tahun.

Dan perusahaan kami di internasional sudah berumur 23 tahun lebih. Ini sangat penting, sahabat entrepreneur. Termasuk kita juga melihat banyak perusahaan-perusahaan besar. Misi mereka sangat jelas. Jadi kalau anda hari ini mau mendirikan sebuah perusahaan. Jika tanpa visi dan misi yang jelas, besar kemungkinan perusahaan anda tidak akan bertahan lama.

Semoga anda sudah semakin paham. Kita mulai tahun 2017 ini dengan semangat yang luar biasa. Dengan suatu visi dan misi yang jelas untuk masa depan kita. Dan tentunya dengan goal yang sangat terperinci, sangat jelas dan sangat detail. Sehingga misi anda dapat terwujud, dan visi anda akan menjadi kenyataan. Sekian tentang apa beda visi, misi dan goal. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa !!

 

Apa yang dimaksud dengan visi, misi dan goal? Dan apa saja perbedaanya?

Apa bedanya visi, misi, dan goal

Apakah definisi dari visi, misi dan goal? Anda harus tahu dengan jelas apa bedanya visi, misi, dan goal. Dan bagaimana cara menciptakan misi dari perusahaan? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Leave a Reply